Abstract
This research note essentially highlights how an argumentation was developed to reveal the implicit tensions that had been part of the American foreign policy maneuvers in Asia-Pacific, and the locus that were expressed have caused controversy. The finding is an effort to formulate analysis of the American foreign policy through an understanding of the nature of paradoxal and tension in the general American foreign policy, specifically in Asia-Pacific. Moreover, the pressures from outside the Asia-Pacific region, have eventually impacted the configuration of the publik officers and the experienced politicians in the locale, who have resulted policies to support the establishment of the relevant institutions in the region.
Bahasa Abstract
Catatan penelitian ini pada hakikatnya ingin menunjukkan bagaimana sebuah argumen dikembangkan untuk mengungkap adanya tensi implisit yang terkandung dalam seluruh manuver politik luar negeri AS di Asia-Pasifik dan lokus-lokus dimana tensi tersebut tidak dapat tertahankan sedemikian rupa sehingga muncul dan menimbulkan kontroversi. Pengungkapan ini merupakan usaha untuk memformulasikan analisis kebijakan luar negeri yang mampu memahami natur paradoksal dan tensi tak terelakkan dalam seluruh kebijakan luar negeri, dalam hal ini kebijakan AS di Asia-Pasifik. Lebih spesifik lagi adalah bahwa tekanan dari luar kawasan Asia Pasifik apabila diwujudkan dalam konfigurasi para pejabat publik dan para pelaku politik yang berpengalaman tentang perilaku AS secara nyata akan menghasilkan kebijakan yang bisa mendorong sebuah proses penguatan institusi yang relevan bagi kawasan tersebut.
Recommended Citation
Sudarman, Suzie. 2011. Mendorong Pemahaman Kritis Tentang Dokumen-Dokumen Prinsipil dan Narasi Kebijakan Luar Negeri Amerika di Kawasan Asia Pasifik 2000-2010: Catatan Penelitian. Paradigma: Jurnal Kajian Budaya 2, no. 1 (December). 10.17510/paradigma.v2i1.22.
Included in
Archaeological Anthropology Commons, Art and Design Commons, Fine Arts Commons, History Commons, Library and Information Science Commons, Linguistics Commons, Philosophy Commons