•  
  •  
 

Abstract

The aim of this research was to examine how the UKRIDA’s motto “Loving, Enlightening, Advanced, Determined” (abbreviated to “LEAD”) builds an organizational culture in the university’s library unit. This research used the qualitative method of ethnography and was conducted by means of observation, interviews and document analysis. The purposive sampling method was used to select the respondents, namely employees who worked in the library unit, were active in research, and had participated in the dissemination of UKRIDA’s “LEAD” values. Data collection was carried out from February to April 2020. The study concludes that the dissemination of LEAD values did not seem to have much influence on the organizational culture at UKRIDA Library, even though there have been several attempts to implement some aspects of the motto. Therefore, this study proposes that the UKRIDA Library should increase its employees’ awareness of its motto on a regular basis. They should also perform a regular evaluation of its employees’ awareness and implementation of LEAD values at UKRIDA Library.

Bahasa Abstract

Brand dan tagline di Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) bertajuk “LEAD to Impact” (kepanjangan dari Loving, Enlightening, Advanced, Determined), yang berfungsi untuk menanamkan nilai di organisasi sebagai fondasi dalam berperilaku, sudah berjalan hampir empat tahun. Namun, hasilnya belum menunjukkan perubahan budaya yang signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi branding dan tagline Ukrida yang membangun budaya organisasi di unit perpustakaan. Penelitian ini menggunakanpendekatan kualitatif dengan metode etnografis yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Informan ditentukan dengan metode purposive sampling, yaitu mereka yang bekerja di unit perpustakaan, aktif dalam penelitian, dan pernah mengikuti internalisasi nilai LEAD. Penjaringan data dilakukan pada Februari hingga April 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai LEAD masih belum terlihat dalam membangun budaya organisasi perpustakaan Ukrida walaupun sudah melaksanakan berbagai aspek yang mewakili brand dan tagline dari LEAD. Oleh karena itu, penelitian ini menyarankan kepada Perpustakaan Ukrida untuk meningkatkan kesadaran akan brand dalam lingkungan perpustakaan Ukrida secara rutin dan juga sebaiknya ada evaluasi tentang pengetahuan dan pelaksanaan nilai LEAD dalam lingkungan unit perpustakaan Ukrida.

Share

COinS