Abstract
This article aims to explore the practice of Monibi cultural rituals in Siniyung Village, Dumoga Bolaang Mongondow District. The focus of research on Monibi culture is rarely carried out in Bolaang Mongondow. The fact that the only one, that still practices Monibi culture in Bolaang Mongondow is Siniyung Village. The author uses literature review with the aim of exploring the cultural values of Monibi ritual practice in Siniyung Village, and is equipped with interview collection techniques to support the validity of fdata. The Monibi Ritual is studied in the perspective of David Salomon, Monibi ritual as a performative act of social reality in maintaining social stability. Monibi is a space for individuals to understand themselves as part of a group and reveal the meaning of time along the journey of life of the people in Siniyung Village. This research has found that the practice of the Monibi ritual aims to reject reinforcements, begging for forgiveness, ask for sustenance, and grateful to God (Ompu Duata). Laudation and Sacrifice in the ritual process are meaningful as a form of intense communication between the community and the presence of Ompu Dua ta and their forefather. Eating together is a symbol of collective solidarity and ritual of Monibi as an existence for form of sacred meaning construction. In other words, the Monibi ritual becomes a performative of social reality in maintaining the stability of Siniyung Village, Dumoga District.
Bahasa Abstract
Artikel ini bertujuan mengeksplorasi praktik ritual budaya Monibi di Desa Siniyung Kecamatan Dumoga Bolaang Mongondow. Fokus penelitian pada budaya Monibi yang sudah jarang dilaksanakan di Bolaang Mongondow. Satu-satunya yang masih melaksanakan budaya Monibi di Bolaang Mongondow hanyalah Desa Siniyung. Penulis menggunakan kajian kepustakaan dengan tujuan menggali nilai-nilai budaya praktik ritual Monibi di Desa Siniyung, serta lengkapi dengan wawancara untuk menunjang validitas data. Ritual Monibi dipelajari dalam perspektif David Salomon, ritual Monibi sebagai tindakan performatif realitas sosial dalam menjaga stabilitas sosial. Monibi merupakan ruang bagi individu dalam memahami dirinya sebagai bagian dari kelompok dan mengungkap makna waktu serta perjalanan hidup masyarakat di Desa Siniyung. Penelitian ini menemukan bahwa praktik ritual Monibi bertujuan menolak bala, memohon pengampunan, meminta rezeki, dan bersyukur kepada Tuhan (Ompu Duata). Puji – pujian dan kurban dalam proses ritual bermakna sebagai bentuk komunikasi yang intens antara masyarakat dengan kehadiran Ompu Duata serta leluhur. Makan bersama sebagai simbol solidaritas kolektif dan eksistensi ritual Monibi sebagai wujud konstruksi makna sakral. Dengan kata lain, ritual Monibi menjadi performatif realitas sosial dalam menjaga stabilitas Desa Siniyung Kecamatan Dumoga.
References
Ahmad, Rajafi Dan Ressi Susanti. 2021. Resolusi Konflik Keluarga Berbasis Budaya: Studi Pada Suku Mongondow, Lampung, Jawa. Yogyakarta: Istana Agency.
Akbar. Hairil, Putra Jufriyandi Mokodompit, Nur Halisa Dolot. 2022. Tradisi Motayok Dalam Pengobatan Tradisional (Studi Kasus Sosiologi Kesehatan di Bolaang Mongondow).” Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) 5, no. 4: 404–409 https://dx.doi.org/10.56338/mppki.v5i4.2257.
Akhmad, Nurul. 2020. Ensiklopedia Keragaman Budaya. Semarang: Alprin.
Amu, Faisal. 2022. Foto: Ritual Adat Mogonow Kon Lipu Di Desa Siniyung. Dalam ProBMR, Informasi Terpecaya Bolmong Raya, Jumat, 25 Maret 2022. https://www.probmr.com/read/33513/foto-foto-ritual-adat-mogonow-kon-lipu-di-desa-siniyung.html. (Diakses pada 13 Januari 2024)
Armstrong, Karen. 2023. Sacred Nature. Bandung: Mizan Pustaka.
Bell, Catherine. 2009. Ritual Theory, Ritual Practice. New York: Oxford University Press.
Buol, Ronny Adolof. 2012. Tawuran Warga Dumoga, 1 Orang Tewas Tertembak. Dalam Kompas.Com. 04/11/2012, 16:20 WIB. https://nasional.kompas.com/read/2012/11/04/16202129/~Regional~Indonesia%20Timur.
Dhavamony, Mariasusai. 1995. Fenomenologi Agama. Yogyakarta: Kanisius.
Jumadi, Jumadi, Haunan Fachry Rohilie, dan Efriani Efriani. 2022. Pergulatan Identitas Suku Dayak Dalam Ritual Tolak Bala dan Penanggulangan Covid-19 Di Desa Baya Mulya Kabupaten Sintang. Jurnal Polinter 8, no. 1: 57–68. https://doi.org/10.52447/polinter.v8i1.6158.
Dunnebier, W. 1948. Het Bemedicineeren Van Een Dorp in Het Landschap Bolaang Mongondow (Noord Celebes). Bijdragen Tot De Taal-, Land-En Volkenkunde Van Nederlandsch-Indië, No. 2/3de Afl: 206–10. https://www.jstor.org/stable/20770825.
Durado, Nielton. 2022a. Breaking News, Pilsang di Dumoga Kacau, Warga Mogoyunggung Dilaporkan Terluka saat Ricuh. Artikel ini telah tayang di TribunManado.co.id : Kamis, 3 Februari 2022 16:19 WITAhttps://manado.tribunnews.com/2022/02/03/breaking-news-pilsang-di-dumoga-kacau-warga-mogoyunggung-dilaporkan-terluka-saat-ricuh. (Diakses pada 13 Januari 2025).
———. 2022b. Pemdes Siniyung Bolmong Gelar Acara Adat Mogonow Kon Lipu, Seperti Ini Maknanya !. Artikel ini telah tayang di TribunManado.co.id Minggu, 27 Maret 2022 21:33 WITA, https://manado.tribunnews.com/2022/03/27/pemdes-siniyung-bolmong-gelar-acara-adat-mogonow-kon-lipu-seperti-ini-maknanya.
Febriyani, Atik. 2022. Ritual Ciswak Sebagai Ritual Tolak Bala Tahunan Orang Tionghoa. Bambuti 4, no, 2: 11–27. https://doi.org/10.53744/bambuti.v4i2.46.
Guidos, Brittany, Joni Calvario, and Maria Hendrika van Zuilen. 2022. A Brief Qualitative Study of Indigenous Traditional Medicine Providers in Timor-Leste. Jurnal Diálogos 07: 216. https://doi.org/10.53930/27892182.dialogos.7.8.
Hekker, Menno W M. 1991. Vooroudercultus En Sjamanisme In Bolaang Mongondow. Bijdragen Tot De Taal-, Land-En Volkenkunde 147, no. 4: 445–453. https://www.jstor.org/stable/27864267.
Indayati, Fifi, Dwi Endah Rosalita dan Muhammad Handy D W. 2017. Permadani Pantai Desa Gajahrejo. Malang: Media Nusa Creative.
Indonesia, Presiden Republik. 2017. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2017 Tentang Pemajuan Kebudayaan. Jakarta: Koalisi Seni Indonesia.
Jung, Carl G. 2018. Manusia dan Simbol-Simbol: Simbolisme Dalam Agama, Mimpi, & Mitos. Yogyakarta: Basabasi.
Kaelan. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Interdisipliner Bidang Sosial, Budaya, Filsafat, Seni, Agama dan Humaniora. Yogyakarta: Paradigma.
Mamonto, Anggi. 2022. Bolian, Pewaris Tradisi Motayok Di Bilalang. Dalam Indepth, Zonautara, 23 Juni 2022.https://zonautara.com/2022/06/23/bolian-pewaris-tradisi-motayok-di-bilalang/ (Diakses pada 13 Januari 2025).
Manoppo, Hamri, Donald Qomaidiansyah Tungkagi, Almunauwar Bin Rusli, Masmedia Pinem, And Nurman Kholis. 2020. Dinamika Islamisasi Di Bolaang Mongondow Raya, Sulawesi Utara, Abad Ke-17-20. Jakarta: Litbangdiklat Press.
Mawikere, Marde Christian Stenly dan Sudiria Hura. 2020. Menyusuri Mitologi Dan Ritual Sebagai Elemen Budaya Yang Menjadi Jejak Pembentuk Realitas Pandangan Dunia Orang Bolaang Mongondow. Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 1, no. 2: 69–92. https://doi.org/10.51667/mjtpk.v1i2.452.
Mawikere, Marde Christian Stenly, dan Christie Garry Mewengkang. 2020. Discourse on Alternative Contextual Evangelism Models to The Bolaang Mongondow Tribe As An Unreached People Group In North Sulawesi. Jurnal Jaffray 18, no. 2: 153–54. https://dx.doi.org/10.25278/jj.v18i2.465.
Mokodongan, Uwin. 2022. Toedoe in Passi Sejarah Desa Hingga Kiprah Loloda Mokoagow. Kotamobagu: Rimba Kota Madia.
Nasrudin, Juhana. 2020. Refleksi Keberagamaan Dalam Sistem Pengobatan Tradisional Masyarakat Perdesaan. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
News, Redaksi Bolmong. 2022. Camat Kotabunan Berang, Kantor Kecamatan Diduga Jadi Tempat Ritual. Bolmongnews. 2022. https://bolmong.news/boltim/camat-kotabunan-berang-kantor-kecamatan-diduga-jadi-tempat-ritual/
Patton, Kimberley Christine. 2009. Religion of The Gods: Ritual, Paradox, And Reflexivity. New York: Oxford University Press.
Prinada, Yuda. 2021. Mengenal Teori Realitas Sosial Menurut Peter L. Berger Dan Macamnya. Dalam Tirto.Id Terbit 29 Agustus 2021 05:53 WIB. https://tirto.id/mengenal-teori-realitas-sosial-menurut-peter-l-berger-dan-macamnya-giDP (Diakses pada 13 Januari 2025).
Pujileksono, Sugeng. 2015. Pengantar Antropologi Memahami Realitas Sosial Kebudayaan. Malang: Intrans Publishing.
Sabandar, Switzy. 2022.. Monibi, Upacara Pengobatan ala Nenek Moyang di Sulawesi Utara. Dalan Liputan 6. 19 Des 2022, 05:00 WIB. https://www.liputan6.com/regional/read/5156924/monibi-upacara-pengobatan-ala-nenek-moyang-di-sulawesi-utara.
Sarajar, H. M., R. M. Lurni, dan G. W. Massie. 1995. Pengobatan Tradisional Sulawesi Utara. Jakarta: Depdikbud.
Schimel, Annemarie, M. S. Nasrulloh, dan Agung Prihantoro. 2006. Misteri Angka-Angka Dalam Berbagai Peradaban Kuno dan Tradisi Agama Islam, Yahudi, dan Kristen. Bandung: Pustaka Hidayah.
Seliari, Tutun, Fajri Ansari, dan Fendi Saputra. 2020. Peran Daun Woka Dalam Mendukung Keberlanjutan di Kawasan Ekowisata Tapakulintang, Sulawesi Utara. Research Fair Unisri 4, no. 1: 367. https://doi.org/10.33061/rsfu.v4i1.3416.
Solomon, David, Ping-Cheung Lo, Ruiping Fan. 2012. Philosophical Studies in Contemporary Culture, Ritual and the Moral Life, Reclaiming the Tradition. New York: Springer.
Statistik, Badan Pusat 2021. Kecamatan Dumoga Dalam Angka 2021. Badan Pusat Statistik Kabupaten Bolaang Mongondow.
______. 2023. Badan Pusat Statistik Kabupaten Bolaang Mongondow: Jumlah Penduduk Menurut Agama (Jiwa), 2019‑2020. https://bolmongkab.bps.go.id/id/statistics-table/2/OTkjMg==/jumlah%E2%80%91penduduk%E2%80%91menurut%E2%80%91agama.html. Terakhir Diperbarui : 5 Juli 2021.
Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Tindakan). Bandung: Alfabeta.
Suhono, Andreas. 2005. Meditasi Dan Penyembuhan: Rahasia Kuno Yang Menakjubkan Dari Kehebatan Daya Meditasi. Solo: Aneka.
Suloso, Drs., Drs. Gbph. Poeger, And Drs. M. Tumenggung Sis. 1991. Arsitektur Tradisional Daerah Sulawesi Utara: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Depdikbud.
Susanti, Ita, dan Muhtadi Abd Mun’im. 2020. Ritual Tolak Bala’ (Studi Fenomenologi Interpretatif Di Bhujuk Accam, Kampung Laok Saba, Desa Aengbaja Kenek, Kecamatan Bluto, Kabupaten Sumenep). El-Waroqoh: Jurnal Ushuluddin Dan Filsafat 4, no. 1: 102–21. http://dx.doi.org/10.28944/el-waroqoh.v4i1.592.
Tawakkal, George Towar Ikbal, Wike, Nuddin Harahab, Alifiulahtin Utaminingsih, Amin Setyo Leksono. 2020. Iiss 2019: Proceedings of the 13th International Interdisciplinary Studies. Malang: Eai Publishing.
Tunas, Syaloom Ribka. 2023. Kontribusi Simbol Kekristenan dalam Pelaksanaan Kegiatan Kebudayaan Ritual Bersih Kampung di Minahasa. Jurnal Kewarganegaraan 7, no. 1: 36–43. https://doi.org/10.31316/jk.v7i1.4582.
Tungkagi, Donald Qomaidiansyah et al. 2020. Meretas Tabir Identitas Serpihan Sejarah Dan Budaya Bolaang Mongondow. Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani.
Turner, Victor. 1975. Revelation and Divination in Ndembu Ritual: Symbol, Myth, And Ritual. Inggris: Cornell University Press.
Usman, Hendra. 2022. Makan Korban, Yusra Alhabsyi Minta Polda Segera Atasi Konflik Di Dumoga. Dalam Hukum dan Kriminalitas, Politik dan Pemerintahan, BeritaMenado.com pada Kamis, 12 Mei 2022, 19:50. https://beritamanado.com/makan-korban-yusra-alhabsyi-minta-polda-segera-atasi-konflik-di-dumoga/. (Diakses pada 13 Januari 2025).
Wishnu W, Conie. 2022. Pelangi Di Bumi Minahasa. Depok: Guepedia.
Recommended Citation
Inkiriwang, Rivo Ronaldo R, and Tony Tampake. 2025. RITUAL MONIBI SEBAGAI PERFORMATIF REALITAS SOSIAL DALAM MENJAGA STABILITAS DESA SINIYUNG KECAMATAN DUMOGA BOLAANG MONGONDOW. Paradigma: Jurnal Kajian Budaya 15, no. 1 (April). 10.17510/paradigma.v15i1.1403.
Included in
Community-Based Research Commons, Folklore Commons, History Commons, Social and Cultural Anthropology Commons, Sociology of Culture Commons, Sociology of Religion Commons, Theory, Knowledge and Science Commons