"KEPUASAN PESERTA PELATIHAN SERVICE EXCELLENT DI ALIA HOSPITAL DEPOK" by Nur Fadilah Dewi
  •  
  •  
 

Abstract

The study aims to improve the quality of human resources and services at Alia Hospital Depok through evaluation of training programs. The approach used is the Donald Kirkpatrick model evaluation which is a common method used in evaluating the effectiveness of training. The main problem faced by Alia Hospital Depok is the lack of evaluation conducted on the training programs that have been held. Therefore, training evaluation needs to be considered to improve the quality of human resources and services provided. The research method used is a survey by distributing questionnaires to service excellent training participants to evaluate their reactions to the training program. The findings show that the majority of training participants were satisfied with the training program and gave positive feedback to the training organizers. With a good and measurable evaluation, the management of Alia Hospital Depok can get feedback on the success of the training and improve the quality of human resources and services provided in the hospital. Therefore, evaluation of training programs needs to be an important part of efforts to improve the quality of human resources and health services at Alia Hospital Depok. can be done effectively.

Bahasa Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia dan pelayanan di Alia Hospital Depok melalui evaluasi program pelatihan. Pendekatan yang digunakan adalah evaluasi model Donald Kirkpatrick yang merupakan metode umum yang digunakan dalam mengevaluasi efektivitas pelatihan. Masalah utama yang dihadapi oleh Alia Hospital Depok adalah kurangnya evaluasi yang dilakukan terhadap program pelatihan yang telah diselenggarakan. Oleh karena itu, evaluasi pelatihan perlu diperhatikan untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia dan pelayanan yang diberikan. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan menyebarkan kuesioner kepada peserta pelatihan service excellent untuk mengevaluasi reaksi mereka terhadap program pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar peserta pelatihan merasa puas terhadap program pelatihan dan memberikan umpan balik positif kepada penyelenggara pelatihan. Dengan adanya evaluasi yang baik dan terukur, pihak manajemen Alia Hospital Depok dapat memperoleh umpan balik atas keberhasilan pelatihan dan meningkatkan mutu sumber daya manusia serta pelayanan yang diberikan di rumah sakit tersebut. Oleh karena itu, evaluasi program pelatihan perlu menjadi bagian penting dari upaya peningkatan mutu sumber daya manusia dan pelayanan kesehatan di Alia Hospital Depok dapat dilakukan secara efektif.

References

Journals:

Alfarabi, M. I., Madani, M. & Rasdiana, 2022. Efektivitas Penyelenggaraan Revolusi Mental Di Pusat Pelatihan Dan Pengembangan Kajian Pemerintahan Lembaga Administrasi Negara Kota Makassar. Jurnal Administrasi Publik, Volume 8.

Amalia, J., 2022. Evaluasi Penyelenggaraan Pelatihan Jarak Jauh Tata Naskah Dinas Di Balai Diklat Keagamaan Banjarmasin: Analisis Model Kirkpatrick Level 1. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan , Volume 6.

Feriyansyah, A. Et Al., 2019. Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Fasilitator Koordinator Kita 3 Program Kotaku Kota Pagar Alam. Volume 9.

Hayati, N. & Yulianto, E., 2021. Efektivitas Pelatihan Dalam Meningkatkan Kompetensi Sumber Daya Manusia. Volume 5.

Ichsan, R. N. & Nasution, L., 2021. Sosialisasi Pelatihan Untuk Meningkatkan Prestasi Kerja Karyawan Di Pdam Tirtanadi Cabang Padang Bulan Medan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , Volume 5.

Madi, Hadiwidodo, Y. S., T. & Ismail, A., 2020. Analisis Tingkat Kepuasan Peserta Pelatihan Autocad Online Untuk Pengabdian Masyarakat Terdampak Covid-19 Dengan Metode Kirkpatrick Level 1. Volume 5.

Maulyan , F. F., Drajat, D. Y., Angliawati, R. Y. & Sandini, D., 2020. Pengaruh Service Excellent Terhadap Citra Perusahaan Dan Loyalitas Pelanggan: Theoretical Review. Jurnal Sains Manajemen , Volume 4.

Mawadah , A., 2020. Pelatihan Service Excellence Perawat Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Rumah Sakit.

Mulyawati, T., Bagia, I. W. & Yulianthini, N. N., 2019. Evaluasi Pelaksanaan Pelatihan Program Dasar Instalasi Listrik Padapt Pln Persero Areabali Utara Singaraja.

Rahmawati , W., Putri , Y. & Zein, M., 2021. Evaluasi Efektifitas Pelatihan Dengan Metode Kirkpatrick (Study Terhadap Karyawan Rumah Sakit Bunda Bmc Padang). Volume 2.

Ritonga, R., Saepudin, A. & Wahyudin, U., 2019. Penerapan Model Evaluasi Kirkpatrick Empat Level Dalam Mengevaluasi Program Diklat Di Balai Pelatihan Pertanian (Bbpp) Lembang. Jurnal Pendidikan Nonformal, Volume 14.

Safitri, T. N., 2017. Evaluasi Pelatihan Customer Service E Xcellent Tahun 2016 Di Rumah Sakit Semen Gresik.

Siswanto, L. M., 2020. Evaluasi Program Pelatihan Manajemen Unit Ruang Rawat (Kirkpatrick Level I Dan Ii) Di Rsud Praya-Nusa Tenggara Barat. Jurnal Kesehatan Qamarul Huda, Volume 8.

Siswanto, L. M., 2020. Evaluasi Program Pelatihan Manajemen Unit Ruang Rawat (Kirkpatrick Level I Dan Ii) Di Rsud Praya-Nusa Tenggara Barat, 2020. Volume 8.

Tamsuri, A., 2022. Literatur Review Penggunaan Metode Kirkpatrick Untuk Pelatihan Di Indonesia. Volume 2.

Book:

Darma, B., 2021. Statistika Penelitian Menggunakan Spss. S.L.:S.N. Dessler, G., 2015.

Manajemen Sumber Daya Manusia. S.L.:Salemba Empat.

James & Kirkpatrick, W. K., 2016. Four Levels Of Training Evaluation. S.L.:S.N.

Jayanti, N., 2018. Evaluasi Program Pelatihan Magang Bakti Karyawan Bagian Frontliner Pada Pt. Bank Central Asia Tbk. Kcu Pemuda Semarang.

Kirkpatrick, D., 2007. The Four Levels Of Evaluation. S.L.:S.N.

Kirkpatrick, D. L. & Kirkpatrick, J. D., 2016. Evaluating Training Programs: The Four Level. 3 Ed. S.L.:Barret-Koehler

Nurrahmah, A. Et Al., 2021. Pengantar Statistika 1. Bandung: Cv. Media Sains Indonesia.

Pamungkas, A. S. & Widowati, S. Y., 2020. Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan.

Pribadi, B. A., 2020. Desain Dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi. 3 Ed. Jakarta: Kencana.

Ramadhan, M., 2021. Metode Penelitian. 1 Ed. Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Sedarmayanti, 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi Dan Manajemen Pegawai Negri Sipil. Bandung: Pt Refika Aditama.

Sinambela, P. D. L. P., 2020. Manajemen Sumber Daya Manusia Membangun Tim Kerja Yang Solid Untuk Meningkatkan Kinerja. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana, 2005. Metoda Statistika. 6 Ed. Bandung: Tarsito.

Upriyadi, Suryadi & Widodo, S. E., 2020. Model Diklat Calon Pustakawan Tingkat Ahli Berbasis Teori Kirkpatrick. Jakarta: Perpusnas Press.

Share

COinS