•  
  •  
 

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia untuk mengembangkan program pendidikan/pelatihan jarak jauh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu dengan menggunakan data primer untuk mendapatkan informasi tentang minat dan jenis pelatihan yang dibutuhkan oleh masyarakat dan menggunakan metode wawancara untuk mendapatkan data tentang infrasinfratruktur serta media yang digunakan untuk pembelajaran/pelatihan jarak jauh di Program Pendidikan Vokasi UI. Data penelitian yang diperoleh melalui kuesioner dianálisis dengan analisis deskriptif. Sedangkan data hasil wawancara, diolah dan dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT dalam beberapa tahap sehingga dapat diperoleh kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah bahwa Sebesar 89,31% responden merminat mengikuti PJJ, 56,49% responden telah mengetahui informasi tentang PJJ dan 51,15% responden menyatakan PJJ bermanfaat untuk perluasan akses pendidikan. Hasil analisis SWOT menunjukkan Program Pendidikan Vokasi memiliki banyak kelemahan dan ancaman akan tetapi juga banyak memiliki kekuatan dan peluang. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar bagi Program Vokasi untuk menyusun Program Pendidikan Jarak Jauh sesuai kebutuhan pengguna dengan memanfaat para pakar di bidangnya masing-masing yang dimiliki, kesan yang baik/positif dari masyarakat, dan berkolaborasi dengan mitra yang sudah jauh berpengalaman.

References

Al-Arimia, A.M.A.K. 2014. Distance Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, vol. 152, pp. 82-88 Burgstahler, S. 2002. Distance Learning: Universal Design, Universal Access. Retrieved from: https://www.researchgate.net/publication/255 585355_Distance_Learning_Universal_Desi gn_Universal_Access Buselic, M. 2012. Distance Learning – Concepts and Contributions. Oeconomica Jadertina. 2(1), pp. 23-34 Darmayanti, T., Setiani, M.Y. & Oetojo B. 2007. E-Learning pada Pendidikan Jarak Jauh: Konsep yang Mengubah Metode Pembelajaran di Perguruan Tinggi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh.Vol. 8, No. 2, pp. 99-113 Daily Investor. 2019. Kebutuhan Tenaga Kerja Industri Naik 8% Hingga Tahun 2035. Diakses pada 4 Januari 2021 dari https://kemenperin.go.id/artikel/20619/Kebut uhan-Tenaga-Kerja-Industri-Naik-8-Hingga- Tahun-2035 Hall, T.E., Meyer, A., & Rose, D.H., Eds. (2012). Universal design for learning in the classroom: Practical applications. New York: Guilford Press. Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2012. Principles of Marketing.Prentice Hall. New Jersey Lavalle, A., Andreas Schumann, C., Pucher, R., et.all. 2017. Meeting Industry 4.0 Training Needs: E-Learning Sets Out the Way to Move Forward. Formamente XII, pp. 27 – 46 . Panigrahi, R., Srivastava, P.R. & Sharma, D. 2018. Online learning: Adoption, continuance, and learning outcome—A review of literature," International Journal of Information Management, Vol. 43, pp. 1-14 Sugiono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Publisher:Bandung : Alfabeta Syafiq, A. & Fikawati, S. 2007. Kompetensi yang Dibutuhkan Dalam Dunia Kerja. Tracer Study FKMUI. Yerusalem, M.R., Rochim F. & Martono, K.T. 2015. Desain dan Implementasi Sistem Pembelajaran Jarak Jauh di Program Studi Sistem Komputer. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol. 3, No. 4, p. 481-492

Share

COinS