Abstract
Abstract
The stages of adolescent development are generally at the age of high school students who are equipped with developmental tasks to have a good self-identity. Previous research mentioned that there was a public opinion that one form of achieving successful students' self-identity is that they succeed in becoming students at the State Higher Education Universities (PTN). In order to meet these perfect expectations, some students try to be istiqomah in learning by following tutoring program outside of school. By using quantitative research and data collection using purposive random sampling, this research tries to see how the relationship between istiqomah learning and perfectionism of high school students participating in tutoring and trying to see the effect of self-compassion as a moderator variable. Data obtained from 90 respondents showed that there is a significant relationship between Istiqomah learning and student perfectionism (r = 0.417, p = 0.00), there is a negative relationship between perfectionism and self-compassion (r = -0.329, p = 0.002), while self-compassion as a moderator has no significant effect on the relationship between the other two variables (Int_1 t= -0.3052, p = 0.7609).
Bahasa Abstract
Abstrak
Tahapan perkembangan usia remaja umumnya berada pada usia siswa SLTA yang dibekali dengan tugas perkembangan untuk memiliki identitas diri yang baik. Penelitian sebelumnya menyebutkan adanya anggapan masyarakat bahwa salah satu bentuk pencapaian identitas diri siswa yang berhasil adalah mereka berhasil menjadi mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Demi memenuhi ekspektasi yang sempurna tersebut, sebagian siswa berusaha untuk istiqomah dalam belajar dengan mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah. Dengan menggunakan penelitian kuantitatif dan pengambilan data menggunakan purposive random sampling, penelitian ini mencoba untuk melihat bagaimana hubungan antara istiqomah belajar dan perfekstionisme siswa SLTA peserta bimbingan belajar serta mencoba untuk melihat pengaruh self-compassion sebagai variable moderator. Data yang diperoleh dari 90 responden menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara istiqomah belajar dengan perfeksionisme siswa (r = 0.417, p = 0.00), terdapat hubungan negatif antara perfectionism dan self-compassion (r = -0.329, p = 0.002), sementara self-compassion sebagai moderator tidak memiliki pengaruh yang signifikan dalam hubungan kedua variable lainnya ((Int_1 t= -0.3052, p = 0.7609).
References
EFERENCES
Book
Al Qahthani, S. b. (1994). Da'wah Islam Da'wah Bijak. Jakarta: Gema Insani Press.
al-Zarnuji, I. (1981). Ta'lim al-Muta'allim Thariq at-Ta'allum. Beirut: al-Maktab al-Islami.
Az-Zarnuji, Syaikh. (2009). Terjemah Ta’lim Muta’allim. Surabaya: Mutiara Ilmu.
Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. India: SAGE Publications.
Gravetter, F. J.-A. (2021). Essential of Statistics for the Behavioral Sciences, 10th Edition. Boston: Cengage Learning.
Jawas, Y. b. (2019). Istiqamah : Konsekuen dan Konsisten Menetapi Jalan Ketaatan. Bogor: Pustaka At-Taqwa.
Kaplan, R. M., & Saccuzzo, D. P. (2017). Psychological testing: Principles, applications, & issues (Ninth edition). Cengage Learning.
Lesmana, J. M. (2011). Dasar-dasar Konseling. Jakarta: UI Press.
Santrock, J. W. (2011). Educational Psychology Fifth Edition. New York: McGraw-Hill.
Article Journal
Arwen, D. (2021). PENTINGNYA PERAN ORANGTUA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 564-576.
Hasibuan, Rodiatam M. (2020). Penafsiran Ibn Kasir Tentang Ayat-Ayat Istiqomah. Al-I’jaz: Jurnal Kewahyuan Islam, 1-18.
Khoerunnisa, E., & Grafiyana, G. A. (2019). Motivasi Siswa Mengikuti Bimbingan Belajar. PSISULA: Prosiding Berskala Psikologi, 38-44.
Makhromi. (2014). Istiqomah dalam Belajar (Studi Atas Kitab Ta'lim Wa Muta'allim). Tribakti, 164-176.
Neff, K. D. (2003). The Development and Validation of a Scale. Psychology Press, 223-250.
Neff, K. D. (2023). Self-Compassion: Theory, Method, Research, and Intervention. Annual Review of Psychology, 193-218.
Rahman, P. (2018). Konsep Istiqamah Dalam Islam. Jurnal Studi Agama, 87-97.
Sarah E. Cruce, e. a. (2012). Conscientious Perfectionism, Self-Evaluative Perfectionism, and the Five-Factor Model of personality traits. ELSEVIER, 268-273.
Suh, H., & Chong, S. S. (2022). What Predicts Meaning in Life? The Role of Perfectionistic and Self-Compassion. Journal Of Constructivist Psychology, 719-733.
Stoeber, J. (2018). The Psychology of Perfectionism: An Introduction. London: Routledge, 3-16.
Suprihatin, T. (2011). ANALISIS MASALAH SISWA SMA/SMK DI KOTA SEMARANG. Prosiding Seminar Nasional Psikologi (SEMPSI), 28-32.
Taufiq, Muhammad. (2017). Istiqamah Dalam Perspektif Al-Qur’an (Kajian Tafsîr al-Jîlanî). Qaf: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 2(1), 216 - 232.
Zuhdi, Muhammad Harfin. (2011). Istiqomah dan konsep Diri Seorang Muslim. Religia, 111-128.
Undergraduate, Graduate, and Doctoral Thesis
Budi, A. S. (2014). Dinamika Psikologis Istiqomah pada Santri Hamilil Qur’an Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an Tebuireng. Malang: UIN Malang.
Fitrotun, Ira. (2019). Konsep Istiqomah dalam Surat Al-Ahqaf Ayat 13-14 dan ImplikasinyaTerhadap Kegiatan Muroja’ah di PPTQ An-Nasuchiyyah Ngembalrejo Bae Kudus. Kudus: IAIN Kudus.
Hapsari, T. A. (2022). PENGARUH PERSEPSI SISWA PADA BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP HASIL. Ponorogo: IAIN Ponorogo.
Istiqomah, Nurul. (2018). Analisis Nilai-Nilai Istiqomah dalam Konteks Pendidikan Karakter pada Surah Lukman Tafsir Al-Azhar Karya Prof. Dr. Hamka. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Muhammad, Ridwan. (2022). Konsep Istiqamah Menurut Hadits. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.
Kurniawan, Ridho. (2016). Konsep Istiqamah dalam Al-Qur’an (Analisis Pemikiran M. Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Mishbah). Jakarta: Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an.
Lubis, Fitriani Y. (2021). Hubungan Perfeksionisme Maladaptif dengan Prestasi Akademik: Peran Persepsi Ekspektasi Significant Others, Self-Compassion dan Goal Adjustment pada Mahasiswa Berbakat Intelektual. Depok: Universitas Indonesia.
Yahumairah, Zilfa. (2021). Istiqamah dalam Al-Qur’an. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry Darussalam.
Websites
BPPP SNPMB Kemdikbud. (2022). Transformasi Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru pada PTN. https://kebijakan-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
BPPP SNPMB Kemdikbud. (2023). Persyaratan Peserta SNBP. https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/?mid=4#a4-1
BRIN. (2022, July 28). Maksimalkan Bonus Demografi Melalui Pendidikan, Kesehatan, dan Ekonomi. https://www.brin.go.id/news/109512/maksimalkan-bonus-demografi-melalui-pendidikan-kesehatan-dan-ekonomi:
Hill, M. S. (2017, Mei 25). Academic-Advising Today View-Articles Impact of Perfectionism on-Students The Good the Bad and the Indifferent. https://nacada.ksu.edu/Resources/Academic-Advising-Today/View-Articles/Impact-of-Perfectionism-on-Students-The-Good-the-Bad-and-the-Indifferent.aspx
Kemdikbud RI. (2022, Juni 18). PPDB Zonasi: Upaya Peningkatan Akses Layanan Pendidikan Berkeadilan. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/06/ppdb-zonasi-upaya-peningkatan-akses-layanan-pendidikan-berkeadilan
Kemdikbudristek. (2022, Desember 1) Peluncuran Sistem Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Tahu 2023. https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/peluncuran-sistem-seleksi-nasional-penerimaan-mahasiswa-baru-tahu-2023/
Kemenag. (2022). https://quran.kemenag.go.id/quran/per-ayat/surah/46?from=1&to=35
Kompasiana. (2015, Juni 17). Alasan Kenapa Memilih Perguruan Tinggi Negeri (PTN). https://www.kompasiana.com/ : https://www.kompasiana.com/husita/5575ca11a623bd0d3249d70d/alasan-kenapa-memilih-perguruan-tinggi-negeri-ptn
Melayu, S. K. (2021, Oktober 13). Istiqomah. https://kampusmelayu.ac.id/2021/kolom-bahasa-indonesia/istiqomah/
PMK, K. (2022, Agustus 02). Optimalkan Bonus Demografi, Agar Tak Terjebak di Pendapatan Menengah.
https://www.kemenkopmk.go.id/optimalkan-bonus-demografi-agar-tak-terjebak-di-pendapatan-menengah
PMK, K. (2022, Juni 24). Membangun SDM Indonesia yang Berkualitas Melalui Pendidikan Tinggi dan Pendidikan Vokasi.. https://www.kemenkopmk.go.id/membangun-sdm-indonesia-yang-berkualitas-melalui-pendidikan-tinggi-dan-pendidikan-vokasi
Sadya, S. (2023, Februari 10). Sektor Riil Detail Jumlah Tenaga Kerja Asing di Indonesia Melejit 2636 pada 2022. https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/jumlah-tenaga-kerja-asing-di-indonesia-melejit-2636-pada-2022
Sari, R. Y. (2008, September -). Peningkatan Minat Siswa untuk Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi. Http://Staffnew.Uny.Ac.Id/Upload/132319830/Pengabdian/Peningkatan-Minat-Siswa-Untuk-Melanjutkan-Pendidikan-Ke-Perguruan-Tinggi.Pdf
TafsirQ. (n.d.). Tafsir Al-Ahqaf ayat 13. https://tafsirq.com/46-al-ahqaf/ayat-13#tafsir-quraish-shihab
Tanoto, F. (2022, Maret 10). Pendidikan Berkualitas Mempercepat Kesetaraan Peluang. https://www.tanotofoundation.org/id
Recommended Citation
Fauzyyah, Adhitia Wardani; Hawadi, Lydia Freyani; and Hannase, Mulawarman
(2023)
"Self-Compassion As Moderator of Istiqomah Learning and Perfectionism in High School Students,"
Journal Of Middle East and Islamic Studies: Vol. 10:
No.
2, Article 1.
DOI: 10.7454/meis.v10i2.162
Available at:
https://scholarhub.ui.ac.id/meis/vol10/iss2/1
Revise submission
Included in
Clinical Psychology Commons, Educational Assessment, Evaluation, and Research Commons, Educational Psychology Commons, Social Psychology Commons