•  
  •  
 

Abstract

This study was done to look at the picture of pending claims that were returned by the BPJS Kesehatan and its causes at Hermina Ciputat Hospital, Tangerang Selatan Banten. This research is descriptive with a qualitative approach. The data used were the claim files from inpatient and outpatient treatment that was delayed or returned by BPJS Health in June-August 2018. The variables used in this study are the number of pending claim files, reasons for returning and the reasons for cause of the returning. The findings showed there are 142 file claims for inpatient and 82 outpatient files were returned. Reason for returning because it did not pass the administrative verification of service and verification of health service. The cause of not passing verification was mainly due to inaccuracy of the filing officer and the existence of different perceptions of the diagnosis code between Hermina Ciputat Hospital and BPJS Kesehatan. The results of this study can be an evaluation for Hermina Ciputat Hospital to improve the system of filing claims for BPJS Kesehatan patients in order to reduce the number of claim files returned by BPJS Kesehatan

Bahasa Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat gambaran klaim tertunda karena dikembalikan oleh BPJS Kesehatan dan penyebabnya di Rumah Sakit Hermina Ciputat, Tangerang Selatan Banten. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan adalah berkas klaim yang berasal dari rawat inap dan rawat jalan yang tertunda atau dikembalikan oleh BPJS Kesehatan pada bulan Juni-Agustus 2018. Variabel yang digunakan dalam penelitian adalah jumlah berkas klaim tertunda, alasan pengembalian dan penyebab dari alasan pengembalian tersebut. Hasil penelitian ini menemukan sebanyak 142 berkas klaim rawat inap dan 82 berkas rawat jalan yang dikembalikan. Alasan pengembalian karena tidak lolos verifikasi administrasi pelayanan dan verifikasi pelayanan kesehatan. Penyebab tidak lolos verifikasi terutama karena ketidaktelitian dari petugas pemberkasan dan adanya perbedaan persepsi tentang kode diagnosa antara Rumah Sakit Hermina Ciputat dengan BPJS Kesehatan. Hasil penelitian ini dapat menjadi bahan evaluasi bagi Rumah Sakit Hermina Ciputat untuk memperbaiki sistem pemberkasan klaim pasien BPJS Kesehatan agar menurunkan jumlah berkas klaim yang dikembalikan oleh pihak BPJS Kesehatan.

Share

COinS