•  
  •  
 

Abstract

Currently, films are not only a medium for entertainment, but can also be used as a medium for information, persuasion, and even education. Nature conservation is one of the environmental issues that is currently of concern. In a survey conducted by a non-governmental organization, the public paid sufficient attention to protecting biodiversity, flora, and fauna. Wild animal conservation is an issue that will be addressed in this research. The film "Petualangan Sherina 2" is a musical genre film that focuses on the importance of the conservation of wild animals, namely orangutans. This research will discuss how a film can be used as a communication medium to educate the public in building awareness of wild animal conservation. Through descriptive qualitative research with literature studies, it is hoped that this research can provide an overview of films that can be used as educational media. The research results show that films can be used as educational media to increase awareness of wild animal conservation. The expected action is a change in mindset and community participation in the sustainability of wild animal conservation.

Keywords: Films, Educational Media, Awareness, Wild animal conservation

Bahasa Abstract

Film saat ini bukan hanya menjadi media seni hiburan, tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai media informasi, persuasi, bahkan edukasi. Pelestarian alam merupakan salah satu isu lingkungan yang saat ini menjadi perhatian. Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh sebuah lembaga swadaya masyarakat, masyarakat cukup memberi perhatian pada perlindungan keanekaragaman hayati, flora, dan fauna. Konservasi satwa liar menjadi permasalahan yang akan diangkat dalam penelitian ini. Film “Petualangan Sherina 2” merupakan sebuah film bergenre musikal yang mengangkat tema mengenai pentingnya konservasi satwa liar, yaitu Orang utan. Penelitian ini akan membahas bagaimana sebuah film dapat dijadikan sebagai media komunikasi untuk mengedukasi masyarakat dalam membangun kesadaran pada konservasi satwa liar. Melalui penelitian kualitatif deskriptif dengan studi literatur, penelitian ini diharapkan dapat memberi gambaran mengenai film yang dapat dimanfaatkan sebagai media edukasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa film dapat dijadikan media edukasi untuk meningkatkan kesadaran terhadap konservasi satwa liar. Aksi yang diharapkan adalah perubahan pola pikir dan partisipasi masyarakat pada keberlangsungan konservasi satwa liar.

Kata kunci: Film, Media edukasi, Kesadaran, Konservasi satwa liar

References

Abdussamad, Zuchri. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Afiyanti, Y. (2014). Penggunaan literatur dalam penelitian kualitatif. Deleted Journal, 9(1). https://doi.org/10.7454/jki.v9i1.157

Apriyana, F., Salamah, S., & Idawati, I. (2022). Analisis unsur intrinsik dan ekstrinsik pada film festival anti korupsi tahun 2015 yang berjudul “TINUK.” Lingua Rima/Lingua Rima, 11(1), 76. https://doi.org/10.31000/lgrm.v11i1.5787

Ardian, H. Y. (2019). Study of environmental communication theory in research of natural resources management. Jurnal PERSPEKTIF Komunikasi, 2(1). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/perspektif/article/download/3894/2891

Assegaf, A. H., Faizin, F., & Tandio, T. (2022). Memahami komunikasi lingkungan dan framing sebagai praksis perubahan sosial. Wacana/Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 21(1), 120–129. https://doi.org/10.32509/wacana.v21i1.1831

Basaib, M. (2023, January 31). 6 Rekomendasi Film Dokumenter terkait Lingkungan Sepanjang Tahun 2022 yang Wajib Ditonton. Greenpeace Indonesia. https://www.greenpeace.org/indonesia/cerita/56036/6-rekomendasi-film-dokumenter-terkait-lingkungan-sepanjang-tahun-2022-yang-wajib-ditonton/

Eirin, G. (2022, October 7). Konservasi: Pengertian, Jenis, dan Contohnya di Sekitar Kita - Bobo. Bobo. https://bobo.grid.id/read/083513827/konservasi-pengertian-jenis-dan-contohnya-di-sekitar-kita?page=all

Fai. (2022, December 3). Metode penelitian kualitatif adalah. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara UMSU Kampus Terbaik Di Medan. https://umsu.ac.id/metode-penelitian-kualitatif-adalah/

Flor, A. G. & Cangara, Hafied. (2018). Komunikasi Lingkungan: Penanganan Kasus-kasus Lingkungan Melalui Strategi Komunikasi. Prenada Media.

Hakim, S. S. (2023, November 1). Menilik Peran Orang Utan yang Diangkat dalam Film Petualangan Sherina 2 bagi Ekosistem. Good News From Indonesia. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2023/11/01/menilik-peran-orang-utan-yang-diangkat-dalam-film-petualangan-sherina-2-bagi-ekosistem

Iskandar, Naswan. (2023, February 23). Wajah Perfilman Nasional di Hari Film Nasional. BPI. https://www.bpi.or.id/artikel-27-Wajah_Perfilman_Nasional_di_hari_film_nasional.html

Kartikasari, Y. D. N., Retnaningdyah, P., & Musthofa, A. (2019). Using film in fostering intercultural awareness for high school students in the efl classroom. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, Vol.7 No.2.

Listiani, E., & Baksin, A. (2013). Media dan komunikasi lingkungan.

Manurung, E. M., Djelantik, S., & Indraswari, I. (2019). Film sebagai media edukasi: Peningkatan kesadaran masyarakat tentang kebersihan lingkungan. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility, 2, 131–137. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v2i0.552

Ramdan, M., Sudrajat, Rochmat Tri., & Kamaluddin, Tamtam. (2020). Unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam film “Jokowi.” Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 3(3), 549–558. https://doi.org/10.22460/p.v3i4p549-558.5183

Riandi, Ady Prawira & Aditia, A. (2022, October 19). Pengertian Film: Definisi, Jenis dan Fungsinya Halaman all - Kompas.com. KOMPAS.com. https://entertainment.kompas.com/read/2022/10/19/150302666/pengertian-film-definisi-jenis-dan-fungsinya?page=all

Rosmalia, P. (2023, November 14). Tembus 2,4 juta penonton, Petualangan Sherina 2 jadi 5 film terlaris 2023. mediaindonesia.com, All Rights Reserved. https://mediaindonesia.com/hiburan/629589/tembus-24-juta-penonton-petualangan-sherina-2-jadi-5-film-terlaris-2023

Saiful Mujani Research and Consulting. (2020, January 16). 67 Persen Anak Muda Indonesia Menonton Film Nasional dan Hanya 55 Persen Menonton Film Asing. SaifulMujani. https://saifulmujani.com/67-persen-anak-muda-indonesia-menonton-film-nasional-dan-hanya-55-persen-menonton-film-asing/

Tahapary, Hanoch. (2020). Digital sinematografi dalam produksi acara televisi & film. Penerbit Deepublish.

Tim Publikasi HKAN Dit. PJLKK. (2022, September 2). Masa Depan Konservasi Satwa Liar di Indonesia. https://jasling.menlhk.go.id/berita-dan-artikel/berita/masa-depan-konservasi-satwa-liar-di-indonesia

Kemenparekraf/Baparekraf RI. (2020, Agustus 18). Deretan Film Indonesia dengan Jumlah Penonton Bioskop Terbanyak. https://www.kemenparekraf.go.id/ragam-ekonomi-kreatif/Deretan-Film-Indonesia-dengan-Jumlah-Penonton-Bioskop-Terbanyak

Toni, A. (2015). Peran film sebagai media sosialisasi lingkungan. Komunikator, 7(1). https://journal.umy.ac.id/index.php/jkm/article/download/676/843

Weir, Ellie. (n.d.). What is Animal Conservation? University of Cumbria. https://www.cumbria.ac.uk/blog/articles/what-is-animal-conservation.html

Wennyta, W. (2023). The effectiveness of movie as a media in increasing vocabulary learning at SMA N 9 Jambi City. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 13(1), 87. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v13i1.396

Wiguna, Keni Hasanah. (2021, February 1). Film bukan hanya sekedar hiburan. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-tarakan/baca-artikel/13676/Film-Bukan-Hanya-Sekedar-Hiburan.html

Yusuf, K., Nasir, C., & Mahmud, M. (2022b). An investigation of intrinsic elements and moral value in the Paddington film. English Education Journal, 13(4), 408–429. https://doi.org/10.24815/eej.v13i4.28282

19 Jan 2024. Pelestarian lingkungan hidup jadi pertimbangan penting milenial dan gen z tentukan pilihan presiden di pemilu 2024. https://www.wwf.id/id/blog/pemilu2024-pelestarian-lingkungan-hidup-jadi-pertimbangan

UU No. 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati serta Ekosistemnya

Share

COinS