Abstract
This study aims to examine the differences in TikTok and Instagram user behavior, useful for marketing strategy planning, consumer behavior research, and content creation suitable for TikTok and Instagram platforms in the Company X account. The results of this study are expected to make a positive contribution to the understanding of the role of social media and how differences in user behavior can shape further transformation in the evolving digital ecosystem. This research uses a quantitative descriptive method that compares two advertising contents uploaded on Tik Tok social media and Instagram social media. The objects contained in this study include TikTok, Instagram, and users of both social media platforms. From this research it can be concluded that content creation for TikTok and Instagram requires several different treatments due to differences in user behavior, both for the promotion, education, entertainment, and event categories.
Bahasa Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti perbedaan perilaku pengguna TikTok dan Instagram, berguna bagi perencanaan strategi pemasaran, penelitian perilaku konsumen, dan pembuatan konten yang sesuai untuk platform TikTok dan Instagram di akun Company X. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pemahaman mengenai peran media sosial dan bagaimana perbedaan-perbedaan dalam perilaku pengguna dapat membentuk transformasi lebih lanjut dalam ekosistem digital yang terus berkembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang membanding dua konten iklan yang diunggah pada sosial media Tik Tok dan media sosial Instagram. Objek yang terdapat dalam penelitian ini antara lain TikTok, Instagram, dan pengguna dari kedua platform media sosial tersebut. Dari penelitian ini bisa disimpulkan bahwa pembuatan konten untuk TikTok dan Instagram memerlukan beberapa perlakuan yang berbeda dikarenakan adanya perbedaan perilaku pengguna, baik untuk kategori promotion, education, entertain, dan event.
References
Bullock, L. (2024). Understanding Audience Behaviour on Social Media. Retrieved January 4, 2024, from https://www.lilachbullock.com/understanding-audience-behaviour-on-social-media/
Gibson, Ivancevich, Donnelly. 1994. Organisasi: Perilaku, Struktur dan Proses. Edisi Alih Bahasa. Jakarta: Erlangga.
Ginee. (2021, November 9). Pengguna TikTok Indonesia Gempar, Potensi Cuan Menggelegar! Ginee.
Retrieved October 12, 2023, from https://ginee.com/id/insights/pengguna-tiktok/ https://id.quora.com/Bagaimana-pendapat-Anda-tentang-karakteristik-pengguna-Twitter-Instagram-Facebook-YouTube-TikTok-dan-Quora, diakses pada 12 Oktober 2023.
https://id.timedoor.net/blogs/Cara-Memanfaatkan-Tiktok-untuk-Bisnis/, Retrieved November 4, 2023. Julia, D. D. (2023). PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI
KONSUMEN (STUDI KASUS USAHA CHILL BILL &. Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Retrieved November 4, 2023, from https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/72382/2/11170150000075_Dinda%20D wi%20Julia.pdf
Kotler, Philip dan Kevin L. Keller. 2016. Marketing Management, 15th edition. United States: Pearson Education
Lianovanda, D. (2022, April 21). Mengenal Hard Selling dan Soft Selling: Pengertian dan Perbedaan Keduanya. Retrieved December 10, 2023, from https://blog.skillacademy.com/perbedaan-hard-selling-dan-soft-selling
Maulid, R. (2022, June 30). Contoh Content Marketing di Instagram Untuk Pebisnis Pemula! Rakamin Academy Blog. Retrieved November 4, 2023, from https://blog.rakamin.com/contoh-content-marketing-di-instagram-untuk-pebisnis-pemula/
Mustajab, R. (2023, January 30). Indonesia Miliki 97,17 Juta Pengguna Instagram hingga Akhir 2022. Data Indonesia. Retrieved October 12, 2023, from https://dataindonesia.id/internet/detail/indonesia-miliki-9717-juta-pengguna-instagram-hingga-akh ir-2022
Nandy. (n.d.). Pengertian Media Sosial, Sejarah, Fungsi, Jenis, Manfaat, dan Perkembangannya. Gramedia. Retrieved November 13, 2023, from https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-media-sosial/
Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, “Manajemen pemasaran”, Jilid I. Edisi ke 13. (Jakarta: Erlangga,2009), 186
Prabu-Mangkunegara, A. A. 2005. Perilaku dan Budaya Organisasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Ramadhan, I. H., Priatama, R., Az-Zuhaida, Akalili, A., & Kulau, F. (2021, Juni 17). Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial. Analisis Teknik Digital Marketing pada Aplikasi Tiktok (Studi Kasus Akun TikTok @jogjafoodhunterofficial), 18(1), 49-60. https://journal.uny.ac.id/index.php/sosia/article/download/40467/pdf
Riadi, M. (2022, November 19). Content Marketing. Retrieved December 10, 2023, from https://www.kajianpustaka.com/2022/11/content-marketing.html
Riyanto, G. P., & Pertiwi, W. K. (2023, July 10). Pengguna TikTok di Indonesia Tembus 113 Juta, Terbesar Kedua di Dunia. Tekno Kompas. Retrieved October 12, 2023, from https://tekno.kompas.com/read/2023/07/10/11000067/pengguna-tiktok-di-indonesia-tembus-113-j uta-terbesar-kedua-di-dunia
Rizaty, M. A. (2023, September 7). Ada 116,16 Juta Pengguna Instagram di RI hingga Agustus 2023. Data Indonesia. Retrieved November 2, 2023, from https://dataindonesia.id/digital/detail/ada-11616-juta-pengguna-instagram-di-ri-hingga-agustus-20 23
Robbins, S, P. 2003. Perilaku Organisasi (Jilid I). Edisi Alih Bahasa. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.
Rofiq, et al,” Pengaruh Penerapan AIDA (Attention,Interest,Desire,Action) Terhadap Keputusan Pembelian”, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya 2012.
Schiffman, L.G., & Kanuk, L.L. (2010). Perilaku Konsumen (7th ed). New Jersey, Pearson Prentice Hall Syahputra, A. (2023). Perbedaan Instagram Reels vs TikTok: Manakah yang Lebih Efektif? Whello
Indonesia. Retrieved October 12, 2023, from https://whello.id/tips-digital-marketing/instagram-reels-vs-tiktok/#A_Audiens
Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik) | Untari | Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen. e Journal BSI. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta/article/view/4387
Winarso, B. (2021, June 8). Apa Itu TikTok dan Apa Saja Fitur-fiturnya? DailySocial. Retrieved November 30, 2023, from https://dailysocial.id/post/apa-itu-tik-tok
Wulandari, D. (2019, October 4). 5 Karakteristik Pengguna TikTok di Indonesia. MIX Marcomm. Retrieved October 12, 2023, from https://mix.co.id/marcomm/news-trend/5-karakteristik-pengguna-tiktok-di-indonesia/
www.bearita.com/read/1256/karakter-dan-perbedaan-pengguna-twitter-instagram-dan-facebook, Retrieved October 2023.
www.divasoft.net/blog/10-ide-konten-yang-paling-banyak-diminati-di-instagram, Retrieved October 2023. www.kompasgramedia.com/business/education#:~:text=Gramedia%20Academy%20adalah%20penyedia%20layanan,buku%20tersebut%20sebagai%20tutor%2Ftrainer, Retrieved January 4, 2024.
www.mediabuffet.co/id/education/audience-behavior-digital-pr/, Retrieved January 4, 2024. www.merdeka.com/sumut/instagram-adalah-media-sosial-berbasis-foto-dan-video-simak-penjelasannya-kln.html, Retrieved November 30, 2023.
www.qiscus.com/id/blog/strategi-instagram-marketing-untuk-meningkatkan-penjualan/, Retrieved November 4, 2023.
Recommended Citation
-, Khairunnisa and Asyari, Hasyim
(2024)
"Strategi Penggunaan Content Marketing Pada Pengguna TikTok dan Instagram Berdasarkan Audience Behaviour di Perusahaan X,"
Jurnal Vokasi Indonesia: Vol. 12:
No.
1, Article 4.
DOI: 10.7454/jvi.v12i1.1215
Available at:
https://scholarhub.ui.ac.id/jvi/vol12/iss1/4