•  
  •  
 

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis kualitas soal yang ada pada soal okupasi terapi pediatri dibutuhkan karena sebagai salah satu bahan evaluasi pengajaran dan evaluasi terhadap pengetahuan yang dimiliki oleh mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Ujian terdiri dari 31 item yang diujikan pada 60 mahasiswa yang telah mendapatkan mata kuliah Okupasi Terapi pada pediatri, Evaluasi tersebut dianalisis dengan pendekatan classical test theory menggunakan software klasika. Hasil yang diperoleh dari penelitian klasika diperoleh nilai SEM 2,123, alpha 0,635, mean biserial 0,428, daya pembeda pada item diterima sebanyak 20, 4 item perlu direvisi/dicek dan 7 item ditolak. Dengan melihat tingkat kesulitan terdapat 14 item mudah, 12 item sedang, 5 item sulit, keseluruhan tingkat kesulitan pada soal ujian Okupasi Terapi pada Pediatri dapat terima sebagai bahan evaluasi dengan melihat hasil analisis terpenuhi ketiga kategori (mudah, sedang, sulit) untuk melihat kemampuan dari mahasiswa

References

Allen, M.J. & Yen, W.M. (1979). Introduction to measurement theory. Belmont, CA: Wadsworth, MC. Anastasi, A., & Urbina, S. (1997). Psychological testing. Prentice Hall/Pearson Education. Arsyi. R.N & Hayat B. (2017). Uji kualitas tes dokumentasi okupasi terapi menggunakan classical test theory dan rasch model. Jakarta. Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah Barris, R. (1984). Toward an image of one’s own: Sources of variation in the role of occupational therapists in psychosocial practice. Occupational Therapy Journal of Research, 4, 1-23. Barris, R. & Kielhofner, G. (1985). Generating and using knowledge in occupational therapy: Implications for professional practice. Occupational Therapy Journal of Research, 5, 111-124. Case-Smith, J. (1994). Defining the specialization of pediatric occupational therapy. American Journal of Occupational Therapy, 48, 791-802. Case-Smith, J. Allen A. & Pratt, P. (Eds.) (2001). Occupational therapy for children, third edition. Toronto, ON: Mosby. Case-Smith, J. (2013). Occupational therapy for children and adolescents (7th ed.). Elsevier. Erfan. M,dkk (2020). Analisis kualitas soal kemampuan membedakan rangkaian seri dan parallel melalui teori tes klasik dan model rasch. Indonesian Journal of Educational Research and Review, Vol 3 No 1, Tahun 2020 p-ISSN: 2621-4792, e-ISSN: 2621-8984 Fan, X. (1998). Item Response Theory and Classical Test Theory: An Empirical Comparison of Their Item/Response Person Statistics. Educational and Psychological Measurement, 58 (3), 357-381 Kline, T. J. B. (2005). Psychological testing: a practical approach to design and evaluation. Thousand Oaks, CA: Sage Publications, Inc. Ridho A. (2005). Karakteristik Psikometrik Tes Berdasarkan Pendekatan Teori Tes Klasik dan Teori Respon Aitem. Fakultas Psikologi UIN. Malang Saifuddin Azwar. 2003. Tes Prestasi: Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Widyaningsih, S. W., & Yusuf, I. (2018). Analisis soal modul laboratorium fisika sekolah I menggunakan rasch model. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 4(1). https://doi.org/10.30870/gravity.v4i1.3116

Share

COinS