•  
  •  
 

Abstract

Paper ini membahas desain grafis di dunia periklanan dan pemasaran. Desain Grafis menggunakan kata, gambar dan elemen grafis untuk berkomunikasi serta merupakan bagian dari ekspresi verbal-visual. Infografis saat ini banyak diaplikasikan di dunia periklanan. Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) berusaha membangun brand awareness melalui medium infografis. Infografis yang dibuat merupakan infografis mengenai transportasi darat yang dibuat secara berkelanjutan, berisi tentang ketersediaan transportasi, rute transportasi, jam transportasi, kondisi transportasi, dan kebijakan mengenai transportasi guna membangun brand DTKJ itu tersendiri menjadi sebuah instansi mengenai transportasi di DKI Jakarta yang menarik, aktif, dan sustainable. Instagram digunakan oleh DTKJ sebagai salah satu pendekatan social media marketing dalam usaha penyebaran informasi berbentuk infografis DTKJ kepada khalayak umum. Penelitian ini merupakan studi kasus yang dilakukan di DTKJ pada bulan Januari-April 2021. Data diperoleh dari wawancara, pengamatan, pengkajian, dan aplikasi praktik desain grafis. Hasil dari project ini dapat dilihat pada periode April 2021 dimana salah satu bentuk postingan infografis mendapatkan reach kedua teratas dari keseluruhan postingan Instagram DTKJ yaitu 2.300 reach serta terdapat kenaikan jumlah followers Instagram DTKJ dari 1.945 followers pada Februari 2021 ke 2.500 followers pada April 2021.

References

Arigia, Muhammad B., et al. "Infografis Sebagai Media Dalam Meningkatkan Pemahaman Dan Keterlibatan Publik Bank Indonesia." Jurnal Komunikasi Untar, vol. 8, no. 2, 2016, pp. 120-133. Buletin Dewan Transportasi Kota Jakarta April – Juli 2020. (2020). Jakarta: Dewan Transportasi Kota Jakarta. Dewan Transportasi Kota Jakarta. (2020). Profil Dewan Transportasi Kota Jakarta. https://www.dtkj.or.id (Diakses pada 7 Maret 2021) Glasgow, D. (1994), Information Illustration, Addison-Wesley Publishing Company Jara, A. J., Parra, M. C., & Skarmeta, A. F. (2014). Participative marketing: Extending social media marketing through the identification and interaction capabilities from the internet of things. Personal and Ubiquitous Computing, 18(4), 997-1011. Kim, A. J., & Ko, E. (2012). Do social media marketing activities enhance customer equity? an empirical study of luxury fashion brand. Journal of Business Research, 65(10), 1480-1486. Kriyantono, R. (2013). Manajemen Periklanan : Teori dan Praktek. Malang: Universitas Brawijaya Press. Krum, R. (2013). Cool Infographics Effective Communication with Data Visualization and Design. Indianapolis: John Wiley & Sons, Inc. Lankow, J., Ritchie, J. & Crooks, R. (2012). Infographics: The Power of Visual Storytelling. John Wiley & Sons, Incorporated. Pentina, I., & Koh, A. C. (2012). Exploring social media marketing strategies in SMEs. International Journal of Internet Marketing and Advertising, (4), 292-310. Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 265. (2015). Organisasi dan Tata Kerja Dewan Transportasi Kota Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Jakarta: Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Richter, D., & Schäfermeyer, M. (2011). Social media marketing on multiple services – the case of the student run organisation AIESEC. Paper resented at the 19th European Conference on Information Systems, ECIS 2011 Suyanto, M. (2004). Aplikasi Desain Grafis untuk Periklanan. Yogyakarta: Andi. Ubay, F. (2016). Visual Marketing, Kekuatan Menjual dari Sebuah Gambar. https://www.linkedin.com/pulse/visual-marketing-kekuatan-menjual-dari-sebuah-gambar-fahri-ubay/ (Diakses pada 5 Juni 2021)

Share

COinS