•  
  •  
 

Abstract

This research is motivated by the lack of passionate students of the Program Studi Perumahsakitan Vokasi in the following study courses Biostatistics, because the teaching method does not make the students become active and participate. Consequently Biostatistics courses often leave some students are forced to repeat the due credit limit does not reach the threshold value eventually pass (C) and of course is very detrimental to the student having to repeat the course credit until they intern (last semester). This study is a class act with the entire student subjects RS1 50 people Academic Year 2012/2013 in the University of Indonesia with the material limits of Biostatistics emphasis on material probability. Results were obtained in cycle 1 achieved an average score of 3770/5000 = 75.4, cycle 2 average scores achieved 4105/5000 = 82.1 and cycle 3 achieved an average score of 4585/5000 = 91.7. Conclusion The method of cooperative learning approach through the media LKM have a positive impact in improving student achievement is marked by an increase in the average scores achieved in each cycle, and through the media worksheet can increase student interest and motivation shown by increased activity in the classroom discussion. Advice is to carry out a cooperative approach through the media LKM method requires the preparation of a fairly mature, so the lecturer must be able to determine the learning scenario can actually be applied in order to obtain optimal results

Bahasa Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang bergairahnya mahasiswa Program Studi Perumahsakitan dalam mengikuti Mata Kuliah Biostatistik, karena metode pembelajarannya tidak membuat mahasiswa menjadi aktif dan partisipatif. Akibatnya Mata Kuliah Biostatistik seringkali meninggalkan beberapa mahasiswa yang terpaksa mengulang kredit karena batas nilai akhirnya tidak mencapai ambang lulus (C). Hal ini tentu saja sangat merugikan mahasiswa yang bersangkutan karena harus mengulang kredit pada tahun berikutnya, mengingat mata kuliah ini tidak ditawarkan setiap semester. Bahkan ada mahasiswa yang harus mengulang hingga saat magang (semester akhir). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek seluruh mahasiswa RS1 Tahun Akademik 2012/2013 sebanyak 50 orang dengan batasan materi biostatistik ditekankan pada materi probabilitas. Tempat penelitian di Program Vokasi Universitas Indonesia. Hasil penelitian diperoleh pada siklus 1 rata-rata skor tercapai 3770/5000 = 75,4, siklus 2 rata-rata skor tercapai 4105/5000 = 82,1 dan siklus 3 rata-rata skor tercapai 4585/5000 = 91,7. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan metode kooperatif melalui media LKM memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa yang ditandai dengan peningkatan rata-rata skor tercapai dalam setiap siklus, serta dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar mahasiswa yang ditunjukkan dengan meningkatnya aktivitas diskusi di dalam kelas. Peneliti menyarankan dalam melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan metode kooperatif melalui media LKM memerlukan persiapan yang cukup matang, sehingga dosen harus mampu menentukan skenario pembelajaran yang benar-benar bisa diterapkan untuk memperoleh hasil yang optimal.

Share

COinS