Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia (JMUI) adalah forum diseminasi ilmu bisnis multi-disiplin yang bertujuan untuk menjembatani ilmu dan praktik manajemen dan kewirausahaan di Indonesia.
Topik yang dikembangkan meliputi dan tidak terbatas pada manajemen stratejik, keuangan, pemasaran, operasi, kewirausahaan, SDM, usaha mikro kecil dan menengah, bisnis islam, usaha start-up, perusahaan milik keluarga, dan pembiayaan usaha (Kode JEL M100 dan M13).
JMUI mengutamakan artikel ilmiah yang mengangkat kearifan lokal dan aplikasi konsep-konsep manajemen untuk memecahkan permasalahan dan isu yang dihadapi praktisi usaha di Indonesia.
JMUI adalah jurnal akses terbuka yang diterbitkan oleh Departemen Manajemen dan Lembaga Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia. JMUI terbit setiap Juni dan Desember setiap tahun. Sasaran pembaca JMUI adalah akademisi, pelaku usaha, profesional, konsultan dan mahasiswa pada bidang manajemen dan kewirausaan di Indonesia.
See the Aims and Scope for a complete coverage of the journal.
Recent Content
Komunikasi Lingkungan dalam Kinerja Berkelanjutan UKM di Indonesia (Studi Kasus terhadap UKM Tulip Craft dan Kopi Salarea)
Fahrul Ismaeni
Perbandingan Volatilitas Asimetris Saham Bertanggung Jawab Sosial dan Saham Konvensional di Indonesia Selama Pandemi Covid-19 Periode 2020-2021
Muhammad Rizki Misbahuddin and Wardatul Adawiyah
Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Gamification dan Enjoyment Dalam Shopee Games terhadap Online Purchase Intention pada Aplikasi Shopee
Abigail Mutiara Eldhia and Ira Iriyanti
Penerapan Praktik Lean Service Melalui Value Stream Mapping pada Departemen Food and Beverage Service Hotel X
Putri Sangga Langit and Rizqiah Insanita
Pengaruh Corporate Sustainability Reporting Terhadap Profitabilitas Perusahaan Non-Keuangan di Indonesia Pada Periode 2015 – 2019
Calista Eightten Deyas and Mona Ridho Sidjabat
Analisis Pengaruh Corporate Governance dan Risk Management Committee Terhadap Financial Performance Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020
Dhea Saummi Tasya and Imo Gandakusuma
Faktor-Faktor yang Memengaruhi Niat Masyarakat dalam Menggunakan dan Mengadopsi e-Wallet: Studi Kasus Layanan Syariah LinkAja
Siti Miftahul Jannah and Arga Hananto
Pengaruh Kinerja Environmental, Social dan Governance terhadap Kinerja Keuangan Lembaga Keuangan Mikro di Negara Berkembang tahun 2014-2018
Serafin Danika and Ida Ayu Agung Faradynawati
Persepsi Risiko dan Motivasi Memiliki Asuransi Bencana Alam: Premi Polis Asuransi Banjir/Properti untuk Warga Berisiko Banjir di Wilayah DKI Jakarta
Inadia Aristyavani
Anteseden dari Niat Menggunakan TikTok: Studi Kasus Pada Muslim Gen Z di Indonesia
Dinda Nuur Viranti and Hendy Mustiko Aji
Self Efficacy dan Financial Behavior Wirausaha Muda Jawa Timur di masa Pandemi Covid-19
Dwi Sulistyorini Amidjono
Peran Employee Involvement dan Public Service Motivation, serta Mediasi Affective Commitment Terhadap Perceived Organizational Performance
Fahrina Yuliani, Sondang E. M. Sibarani, and Steven Ebenheizer
Pengaruh Ethical Leadership Terhadap Affective Commitment Dan Job Satisfaction yang Dimediasi Oleh Psychological Empowerment
Dwi Inesia and Niken Ardiyanti
Analisis Pengaruh Cues Terhadap Trust, Attitude, dan Online Shopping Intention di Instagram
Larasati Chandra Githa Purnamaningrum and Yeshika Alversia
Analisis Perilaku eWOM Opini Vaksinasi dengan Pendekatan Theory of Planned Behavior
Benni Ahdiyana Pamungkas and Adman Nursal
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Environmentally Conscious Consumer Behavior: Peran Mediasi Perceived Consumer Effectiveness
Dwi Anggraeni and Tengku Ezni Balqiah
Kapasitas Keuangan dan Kesadaran Atas Produk Keuangan: Survei Rumah Tangga Berpenghasilan Rendah di Jabodetabek dan Surakarta, Indonesia
Dwi Nastiti Danarsari, Viverita Viverita, and Zaäfri A. Husodo
Pengaruh Kinerja dan Ukuran Perusahaan Terhadap Stock Return pada Perusahaan Sektor Energi dan Pertambangan Periode 2012-2019
Edwin Habeahan and Imo Gandakusuma
Pengaruh Pengembangan Talenta terhadap Kepuasan Kerja, Kinerja Tugas, dan Komitmen Afektif dengan Mediasi oleh Keadilan Distributif dan Moderasi Keadilan Prosedural
Ika Mulatsih Fauziah and Riani Rachmawati
Stereotip Pekerjaan Berbasis Gender Dalam Konteks Indonesia
Nur Alifta Kinanti, Muhammad Irfan Syaebani, and Dindha Vitri Primadini
Pengaruh Customer Engagement di Media Sosial terhadap Brand Intimacy pada Produk Fashion Lokal Indonesia
Classica Harsya Nawastha and Yeshika Alversia
Apakah Work-Life Balance dan Komitmen Afektif Memediasi Praktik Sumber Daya Manusia terhadap Kinerja UMK?
Putri Mega Desiana and Ramitha Janira Cindi
Peran Mediasi LMX terhadap Pengaruh Organizational Climate dan Trust terhadap Knowledge Sharing dalam Pengembangan Kompetensi Teknis
Karantina Marhaeni and Niken Ardiyanti
Apakah Social Influence Mempengaruhi Intensi Meminjam melalui Peer to Peer Lending
Melia Agustina and Zuliani Dalimunthe
Analisis Pengaruh Penerapan Kebijakan Tax Amnesty Pada Abnormal Return Saham LQ-45 Periode Tahun 2015-2019
Dellachita Rahardianne Winarto and Imo Gandakusuma
Pengaruh Aktivitas Social Media Marketing Terhadap Brand Trust, Brand Equity, dan Brand Loyalty Pada Platform Social Media Instagram
Alfian Dally Irawan and Aswin Hadisumarto
Analisis Faktor Risiko pada Saham Perbankan ASEAN – 4 Periode 2006 – 2015 Dengan Pendekatan Fama and French Three Factor Model dan Intertemporal Capital Asset Pricing Model
Lita Tiami Adela and Zaafri Ananto Husodo
Analisis Faktor-Faktor Produktivitas Usaha Tambak Udang L.Vannamei: Studi Kasus pada Desa Bumi Pratama Mandira, Kecamatan Sungai Menang, Sumatera Selatan
Raka Respati Priyambodo and Rizky Luxianto
Analisis Pengaruh Struktur Kepemilikan Keluarga terhadap Kinerja Perusahaan: Studi Empiris pada Perusahaan Non Keuangan Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2014
Eva Septiana, Zuliani Dalimunthe, and Wasilah Wasilah