•  
  •  
 

Jurnal Komunikasi Indonesia

Abstract

Penelitian ini mengkaji pemanfaatan panoptisme agama dalam proses pemasaran langsung produk “Kerupuk Purnama” yang dilakukan oleh penyandang tunanetra. Fenomena ini dijelaskan dengan konsep panoptisme Michael Foucault, melalui strategi pemilihan waktu dan lokasi pemasaran langsung, serta teknik persuasi interpersonal yang dilakukan oleh penjual. Pengumpulan data dilaksanakan dengan metode wawancara mendalam dan observasi terhadap informan utama yang dipilih secara purposif, yaitu empat tunanetra penjual “Kerupuk Purnama”, serta wawancara terhadap informan pendukung, yaitu dua orang masyarakat umum yang memiliki pengalaman membeli produk terkait. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya pemanfaatan panoptisme agama dalam proses pemasaran langsung “Kerupuk Purnama” yang dilakukan oleh penyandang tunanetra. Penjual tunanetra dengan teliti melakukan cara-cara tertentu untuk meraih keuntungan dengan memanfaatkan kebutuhan calon konsumen mencari pahala melalui perbuatan baik. Penelitian memberikan sumbangan teoritis terhadap teknik persuasi interpersonal Richard Perloff, bahwa teknik persuasi tidak harus dimulai dengan penawaran di awal proses, namun dapat dilakukan dengan pujian dan peringatan terhadap norma di akhir proses untuk memancing adiksi pihak terpersuasi.

This study examines the use of religious panoptim in direct marketing process of “Kerupuk Purnama” conducted by the blind. This phenomenon is explained with Michael Foucault’s panoptism concept, through timing and location section strategy along with interpersonal persuassion technic done by the sellers. The data were collected through in-depth interviews and observation of the main informants chosen purposively, four blind sellers of “Kerupuk Purnama”, as well as interviews of the secondary informants, two common people who had experience in buying related product. The results showed the happening of the use of religious panoptism in direct marketing of “Kerupuk Purnama” done by the blind.Blind sellers thoroughly perform certain ways to gain profit by exploiting the needs of potential customers who seek for religious rewards through good deeds. The study provides theoretical contribution to Richard Perloff’s interpersonal persuasion technique that persuasion should not start with initial offering, but also can be done with praises and warnings of the norm at the end of the process to lure the persuasion targets’ addiction.

References

Baudrillard, Jean. (1983). The Consumer Society: Myth and Structure. London: SAGE Publication.

Creswell, John W. (1998). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Traditions. California: SAGE Publications.

Creswell, John W. (2010). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approach 3rd Ed. California: SAGE Publications.

Foucault, Michel. (1977). Discipline and Punish: The Birth of Prison. New York: Vintage Books.

Haryatmoko. (2016). Membongkar Rezim Kepastian: Pemikiran Kritis Post-Strukturalis. Yogyakarta: Kanisius.

Mubarok, M. Husni. (2009). Strategi Koorporat dan Persaingan dalam Meraih Keunggulan Kompetitif. Yogyakarta: Idea Press.

Neumann, W. Lawrence. (2013). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approach, 7th Edition. London: SAGE Publications.

Novelia. (2017). Hiperrealitas dalam Pemasaran Langsung: Studi Kasus Produk Kerupuk Purnama dengan Pelibatan Penyandang Tunanetra. Tesis pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia. Jakarta: -

Perloff, Richard M. (2003). The Dynamic of Persuasion: Communication and Attitude in the 21st Century, 2nd ed. New Jersey: Lawrence ElbraumAssociates, Inc.

Patton, Michael Quinn. (2015). Qualitative Research and Evaluation Methods. California: SAGE Publications.

Pradopo, Soekini. (1977). Pendidikan Anak-Anak Tunanetra. Bandung: Masa Baru.

Purwanto, Antonius. (2013). Modal Budaya dan Sosial dalam Industri Seni Kerajinan Keramik Kasongan. Disertasi pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia. Jakarta: -

Tirto.id. (2017). Dilema Gerbong Khusus Perempuan. Diakses tanggal 29 Juni 2017 dari https://tirto.id/dilema-gerbong-khusus-perempuan-coXw

The Body Shop. (2016). Against Animal Testing Policy. Diakses tanggal 15 November 2016 dari http://www.thebodyshop-usa.com/pdfs/values-campaigns/againstanimaltesting.pdf

Yin, Robert K. (2013). Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta: Rajawali Press.

Yusrina, Rina. (2015). Kesalehan Sosial dalam Film Penjuru Lima Santri. Penelitian pada Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta:-

Share

COinS