•  
  •  
 

JURNAL KOMUNIKASI INDONESIA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dinamika trust yang terjadi pada komunikasi tidak tatap muka, melalui media sosial dalam konteks pemasaran online. Dinamika trust tersebut diidentifikasi melalui tipe trust pada model yang dicetuskan oleh Lewicki dan Bunker. Analisis dalam penelitian ini menggunakan teori mengenai trust yang terkait dengan perilaku konsumen. Paradigma pada penelitian ini adalah post-positivisme melalui pendekatan kualitatif dengan strategi studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam kepada informan dan observasi. Hasil menunjukkan bahwa dalam penelitian ini tipe trust yang terbentuk adalah knowledge-based trust, dimana trust yang terbentuk berasal dari informasi dan pengalaman terdahulu untuk memprediksi perilaku orang lain. Ditemukan bahwa informasi yang paling signifikan berasal dari rekomendasi pihak ketiga. Rekomendasi ini memiliki peran yang paling penting dalam pembentukan kepercayaan. Ini karena pembentukan trust terjadi pada konteks masyarakat jejaring, dimana proses pembentukan kepercayaan bukan lagi berupa isu yang hanya fokus pada diri individu, melainkan pada kelompok jaringan yang memiliki maksud dan tujuan yang sama.

This study aims to find out how the dynamics of trust occurs in non face to face communication, such as social media, in the context of online marketing. The dynamics of the trust are identified by the type of trust on the model that Lewicki and Bunker initiated. The analysis in this study uses the theory of trust related to consumer behavior. This research is conducted through post-positivism paradigm by qualitative approach with the case study strategy. Data is collected through in-depth interview of informants and observation. The study shows that the type of trust formed is knowledge-based trust, where the trust comes from information and prior experience to predict other’s behavior. It turns out that the most significant information comes from third party recommendations. The recommendations play the most important role in establishing trust. This happens because the trust establishment occurs in network society context, in which the process of trust establishment is no longer an issue that only focuses on individuals, but on the networking group that shares the same goals and objectives.

Share

COinS