•  
  •  
 

Jurnal Komunikasi Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh trending topics politik pada media sosial Twitter dan haluan politik pemilik terhadap durasi berita-berita politik di Metro TV dan TV One selama bula November 2015. Selain itu penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui perbedaan berita-berita politik trending pada dua stasiun televisi tersebut. Penelitianini menggunakan metodologi campuran (mixed method) yakni menguji secara kuantitatif pengaruh trending topics politik terhadap berita-berita politik di Metro TV dan TV One dan perbedaan berita-berita politik trending pada ke dua stasiun televisi selama bulan November 2015. Penelitian ini juga dilakukan secara secara kualitatif dengan mewawancarai secaramendalam produser-produser di kedua televisi untuk mengetahui pengaruh haluan politik pemilik terhadap pembentukan agenda berita-berita politik. Penelitian ini mendapati hubungan korelasional di antara peringkat trending topics politik di Twitter dan durasi berita-berita yang mengulas topik politik trending di TV One. Namun penelitian ini tidak menemukan bukti yang sama pada durasi berita-berita politik topik politik trending tersebut di Metro TV. Penelitian ini tidak menemukan perbedaan secara signifikan berita-berita politik trending pada dua stasiun televisi. Hasil wawancara kualitatif mendapati besarnya dominasi haluan politik pemilik terhadap proses penyusunan agenda dan pengemasan berita-berita politik pada dua stasiun televisi. Hasil penelitian ini memiliki implikasi positif terhadap pengembangan kajian teori agenda-setting danterhadap dua bidang praktis yakni media dan politik.

This study is performed to understand the influence of Twitter’s political trending topics and political orientation of Metro TV and TV One owners to duration of political news in the two TV channels in November 2015. The study also aims to understand differences of the trending political news between the two stations. The study uses mixed methods by examining in a quantitative way the influence of political trending topics on political news in the two channels in November 2015. The research also applies the qualitative method through in-depth interviews with political news producers employed by the two televisions. Results suggest a significant positive correlation between the ranking of Twitter political trending topics and the duration of the political news in TV One. But the study does not discover such correlation in Metro TV. There is no significant difference between trending political news in the two TV stations. Qualitative interview conducted in the study finds great influence of the TV station owners’ politicalleaning on the process and framing of political news production in the stations.The results give positive implications to development of the agenda-setting theory and media and political practice.

Share

COinS