•  
  •  
 

JURNAL KOMUNIKASI INDONESIA

Abstract

Penelitian ini dengan mempergunakan teori Phases of Engagement, membahas bagaimana proses terbentuknya engagement pemain advergame Explorion dengan brand Pocari Sweat. Melalui metode kualitatif yang mempergunakan teknik triangulasi dalam penggabungan berbagai teknik sumber data melalui observasi berperan, wawancara mendalam dan studidokumen maka dapat diketahui bahwa penggunaan sosial media yang terintegrasi dengan advergame Explorion merupakan strategi yang memang ditetapkan oleh Pocari Sweat sebagai bagian dari kampanye pemasaran terpadu mereka yang dalam pelaksanaannya tidak dapat dipisahkan dari penggunaan elemen-elemen pemasaran lain seperti advertising baikmedia elektonik dan media cetak serta PR/Publicity. Penggunaan strategi sosial media yang terintegrasi dengan advergame mengindikasikan keinginan Pocari Sweat untuk membangun hubungan komunikasi dan interaksi yang lebih dalam untuk menyampaikan pesan edukasi. Dengan karakteristik yang dimiliki, Advergame Explorion dan sosial media, Pocari Sweat berhasil mendorong para pemain untuk melalui kelima tahapan engagement mulai dari tahapan lurking, casual, active,commited hingga tahapan loyalist.

The research, which applies the Phases of Engagement theory, tries to explain the engagement process of Explorion advergame players. The Explorion game is used by Pocari Sweat (the brand studied in this thesis). Through qualitative method that employs triangulation technique in amalgamating date sources through participative observation, in-depth interview and document study, it is found that the use of social media which is integrated with Explorion advergame is adopted by Pocari Sweat as part of its integrated marketing campaign, which cannot be separated from the use of other marketing elements such as advertisements inprint and electronic media and PR/publicity. The use of social media which is integrated with advergame indicates Pocari Sweat’s intention to communicate and build deep relationship in order to convey its educational message. Given the characteristics of advergame Explorion and social media, Pocari Sweat has managed to push their players to go through the five phases of engagement, starting from the stage of lurking to casual, active, committed and finally loyalist phase.

Share

COinS