Abstract
The finally of day, used the Statistic in social and economics research was be important to description of social and economics phenomena’s. How far used intensity of statistics as tools of analysis, the mistake in applied and relevancy with numeric of graduate of statistics and Value of Average Quality at Student of High School of Economic Swadaya in Jakarta is the interesting research. The result of this research are; The low intensity of used statistics analysis in their research, and there is trend that to be complex of used statistic analysis, to be high of the mistake in used them. The lower of ability to understanding the statistical science and others is correlated by the result of this research.
Bahasa Abstract
Belakangan ini, penggunaan Statistika dalam penelitian ilmu-ilmu sosial–ekonomi sudah menjadi bagian penting dalam menjelaskan fenomena-fenomena sosial ekonomi. Sejauh mana intensitas penggunaan statistika sebagai alat analisis, yang dilihat dari segi jenis-jenis alat analisis, bentuk-bentuk kekeliruan penggunaan alat analisis, dan hubungannya dengan nilai mata kuliah statistika dan Nilai Mutu Rata-Rata mahasiswa di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Swadaya Jakarta, menjadi suatu kajian yang cukup menarik. Hasil penelitian menunjukan intensitas penggunaan statistika sebagai alat analisis dalam penelitian, ternyata masih rendah, dan ada kecenderungan semakin kompleks alat analisis yang digunakan semakin banyak kekeliruan dilakukan. Meskipun tidak ada hubungan antara nilai mata kuliah statistika dan Nilai Mutu Rata-Rata, namun rendahnya kualitas penguasaan dan pemahaman ilmu statistika dan ilmu-ilmu terkait dengan penelitian, diduga menjadi penyebab rendahnya intensitas penggunaan statistika sebagai alat analisis dan tingginya tingkat kekeliruan penggunaan metode-metode statistika dalam menganalisis data hasil penelitian.
Recommended Citation
Bainar, B. (2004). Studi Penggunaan Statistika dalam Karya Ilmiah Mahasiswa Strata 1 (S-1) STIE Swadaya Jakarta. Makara Human Behavior Studies in Asia, 8(2), 61-64. https://doi.org/10.7454/mssh.v8i2.88