Abstract
Rooted in the similarity−attraction−attrition paradigm, Cable and Judge’s framework has been one of the leading models in explaining Person−Organization fit. It associates perceived value congruence with employee work attitudes pre and post their entry. This study extends the model and findings by looking at the specific, underlying value dimensions that cause these effects. Drawing on a sample of 800 Indonesian jobseekers, I applied polynomial regression to test the model. Results showed that congruence between personal and organizational social responsibility value was the strongest and most consistent dimension predicting employee job satisfaction and organizational commitment.
Bahasa Abstract
Berakar dari konsep similarity−attraction−attrition, model Cable dan Judge telah menjadi acuan yang sangat penting dalam penelitian tentang Person−Organization (P−O) fit. Model tersebut menyatakan bahwa kecocokan antara nilai−nilai individu dan perusahaan akan mempengaruhi sikap individu terkait keinginan untuk menerima suatu pekerjaan, kepuasan kerja, dan komitmen mereka terhadap perusahaan. Penelitian ini memperdalam model tersebut dengan menggali secara spesifik nilai−nilai apa yang memengaruhi sikap kerja tersebut. Melibatkan 800 pencari kerja sebagai responden, data penelitian ini diolah dengan menggunakan metode polynomial regression dan analisis response surface. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecocokan nilai supportiveness dan inovasi memengaruhi para pencari kerja untuk menerima tawaran pekerjaan, sedangkan kecocokan nilai tanggung jawab sosial karyawan dan perusahaan berdampak positif terhadap kepuasan kerja dan komitmen karyawan.
Recommended Citation
Sartika, D. (2019). Attracting and Retaining Young Workforce in Indonesia: Does Person-Organization (P-O) Fit Matter?. Makara Human Behavior Studies in Asia, 23(2), 203-213. https://doi.org/10.7454/hubs.asia.1121119