•  
  •  
 

Abstract

The purpose of this research are to (1) increasing result of student learning in Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi at Permodalan Koperasi course in order to obtain minimum average score "B+" as instructional effects which created by the lecturer; (2) increasing motivation of student learning as nurturant effects. This is a descriptive-analitical type of research, using classroom action research. Classroom action research was set for 40 students. Research was designed for 3 cycles, each cycle includes phases of: planning, implementation of action, observation and evaluation, analysis and reflection, and revision for plan and execution of the next cycle. The result indicates that after cycle III the mean result of learning output reaches 75.67, which mean that average level of student competency after cycle III has reached 75.67%. Motivation of student learning reaches highest criterion that is 87%. There is significantly positive correlation between motivation and learning output. If means students who have high motivation to learn will have high result of learning output. As a conclusion, the learning process by applying the cognitive learning model of Robert Gagne at Permodalan Koperasi course Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi can increase students motivation and learning output.

Bahasa Abstract

Secara spesifik tujuan penelitian ini adalah (1) meningkatkan hasil belajar mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi pada mata kuliah Permodalan Koperasi hingga memperoleh nilai rerata minimal “B+” sebagai efek pembelajaran (instructional effects) yang diciptakan dosen dan (2) meningkatkan motivasi belajar mahasiswa sebagai efek sertaan (nurturant effects). Penelitian ini bersifat deskriptif-analitis dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian tindakan kelas ini dirancang untuk kelas yang berjumlah 40 mahasiswa. Penelitian dirancang untuk 3 siklus, setiap siklus dimulai dengan tahap perencanaan, implementasi tindakan, tahap observasi dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi, dan diakhiri dengan revisi untuk rencana dan pelaksanaan siklus berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah siklus III, nilai rata-rata hasil belajar mencapai 75,67. Motivasi belajar mahasiswa mencapai kriteria tinggi. Terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar. Hal ini berarti bahwa jika motivasi belajar siswa tinggi maka hasil belajar siswa akan tinggi pula. Sebagai simpulan akhir dapat dinyatakan bahwa proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kognitif Robert Gagne pada mata kuliah Permodalan Koperasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa.

References

Ekawarna. (2002). Upaya meningkatkan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran kognitif Robert Gagne pada mata kuliah teori ekonomi makro-1, Jurnal Penelitian Universitas Jambi, Seri D: Bidang Humaniora, 4, 1-21. Irawan, P. (2003). Applied approach: Evaluasi proses belajar mengajar. Jakarta: Ditjen Dikti Depdiknas. Gagne, R.M. (1977). The conditions of learning. New York: Holt Renehart and Wilson. Gagne, R.M., Driscoll, L.J., & Wager, W.W. (1988). Principles of instructional design. New York: Holt Renehart and Wilson. Merriam, S.B. & Simpson, E.L. (1984). A guide to research for education and trainers for adult. Florida: Robert E. Krieger Publishing. Munandir (1987). Rancangan sistem pembelajaran. Jakarta: P2LPTK Depdikbud. Mursid, R. (2004). Pengaruh strategi penstrukturan isi teks ajar dan motivasi berprestasi terhadap perolehan belajar dan retensi mahasiswa pada mata kuliah gambar teknik. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 10, 95- 103. Pannen, P. & Purwanto. (2001). Applied approach: Pedoman penulisan bahan ajar. Jakarta: Ditjen Dikti Depdiknas. Ratih, K. (2005). Motivasi dalam usaha meningkatkan keterampilan wicara bahasa Inggris mahasiswa jurusan non bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Surakarta 2001/2002. Jurnal Penelitian Humaniora, 6, 40-53. Sorenson, H. (1977). Psychology in education. Bombay. New Delhi: McGraw-Hill Publishing Co. Ltd. Sunarti, Itang A.M., & Zurhalena. (2002). Aplikasi teori motivasi dalam peristiwa instruksional Gagne untuk meningkatkan mutu hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah dasar ilmu tanah. Laporan Penelitian, Fakultas Pertanian, Universitas Jambi. Sopah, D. (2000). Pengaruh model pembelajaran dan motivasi beprestasi terhadap hasil belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5/022, 121-137. Wiyono, B.B. (2003). Hubungan lingkungan belajar, kebiasaan belajar, dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa. Forum Penelitian, Jurnal Teori dan Praktek Penelitian, 15/1, 28-36.

Share

COinS
 
 

To view the content in your browser, please download Adobe Reader or, alternately,
you may Download the file to your hard drive.

NOTE: The latest versions of Adobe Reader do not support viewing PDF files within Firefox on Mac OS and if you are using a modern (Intel) Mac, there is no official plugin for viewing PDF files within the browser window.