Abstract
The objective of this study is to develop ‘Buku Ajar Permodalan Koperasi” and describe the effectivity of that textbook in student learning motivation and student learning achievement. The textbook has been developed using the Four-D model of Thiagarajan et al, 1974, that include phase of define, design, develop, and disseminate. The textbook consist of six chapter based on Atwi Suparman model (Panen and Purwanto, 2001). Result from this classroom action research shows that the textbook can develop student learning motivation and also student academic achievement.
Bahasa Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan “Buku Ajar Permodalan Koperasi” serta mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa. Pengembangan bahan ajar menerapkan empat tahap pengembangan (Four-D model) dari Thiagarajan dkk, 1974. Penelitian ini juga menerapkan ide-ide penelitian tindakan kelas. Model bahan ajar yang dirancang terdiri dari enam bab untuk enam kali pertemuan tatap muka, dimana penyusunannya mengacu pada model Atwi Suparman (dalam Panen dan Purwanto, 2001). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berhasil dikembangkan dan hasil ujicoba bahan ajar meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar mahasiswa.
References
Briggs, L.J. 1979. Instructional Design Principles and Application. New Jersey: Englewood Cliffs. Bohlin, Roy M. 1987. “Motivation in Instructional Design: Comparison of an American and a Soviet Model”. Journal of Instructional Development, Vol. 10 (2), halaman: 11-14. Coffey, et al. 1975. Behavior in Organization. A Multidimensional View (2nd Ed.). New Jersey: PrenticeHall, Inc Englewood Cliffs. Gagne, R.M. dan L.J. Briggs. 1979. Principles of Instructional Design. New York: Rinehart and Winston. Gagne, R.M. dan M.P. Driscoll. 1988. Essentials of Learning for Instruction. New York: Englewood Cliffs, Prentice-Hall, Inc. Haryadi. 2003. “Hubungan Intensitas Mendengarkan Ceramah, Pemahaman Buku Teks dan Partisipasi Berorganisasi dengan Retorika”. Jurnal Kependidikan Nomor 2 Tahun XXXIII, November 2003, halaman: 161-184. Jegede, J.O. 1994. “Influence of Motivation and Gender on Secondary School Students: Academic Performance in Nigeria”. Journal of Social Psychology, 134 (5), halaman: 695-697. Kibler, R.J, et al. 1981. Objectives for Instruction and Evaluation (2nd Ed.). Boston: Allyn and Bacon, Inc. McClelland, D.C. et al. 1953. The Achievement Motive. New York : Appleton Century Croft, Inc. Nasution S. 2005. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara. Panen, Paulina dan Purwanto. 2001. Mengajar di perguruan tinggi, penulisan bahan ajar, bahan pelatihan PEKERTI & Applied Approach. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas. Ratih, Koesoemo. 2005. “Motivasi dalam usaha meningkatkan Ketrampilan Wicara Bahasa Inggris mahasiswa Jurusan Non-Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Surakarta 2001/2002”. Jurnal Penelitian Humaniora, Vol. 6 No. 1, Februari 2005. Sarojo, J. Rijadi. 2000. “Kontribusi Motivasi Berprestasi Sebagai Prediktor Prestasi Belajar Kimia”. Jurnal Penelitian Kependidikan, Tahun 10 Nomor 1, Juni 2000, halaman: 40-53. Taruh, Enos. 2003. “Konsep diri dan Motivasi Berprestasi dalam kaitannya dengan Hasil Belajar Fisika”. Jurnal Penelitian dan Pendidikan, Tahun IV Edisi 8, Maret 2003, halaman: 15-29. Wiyono, Bambang B. 2003. “Hubungan Lingkungan Belajar, Kebiasaan Belajar, dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa”. Forum Penelitian, Jurnal Teori dan Praktek Penelitian, Tahun 15, Nomor 1, Juni 2003. halaman: 28-36.
Recommended Citation
Ekawarna, E. (2007). Mengembangkan Bahan Ajar Mata Kuliah Permodalan Koperasi Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa. Makara Human Behavior Studies in Asia, 11(1), 42-47. https://doi.org/10.7454/mssh.v11i1.104