•  
  •  
 

Abstract

Pada tahun 2022, pemerintah mengkampanyekan ‘Sekolah Sehat’ yang bertemakan Revitalisasi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dengan salah satu targetnya adalah Sekolah Dasar (SD), yang didasari oleh kekhawatiran terkait masalah kesehatan anak Indonesia. Berangkat dari hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan UKS di SD X. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui observasi dengan form ceklis dan wawancara mendalam terhadap kegiatan yang terkait dengan tujuan dari Sekolah Sehat, yakni penjaringan kesehatan dan pemeriksaan kesehatan berkala, pendidikan gizi, aktivitas fisik, dan imunisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan UKS dalam penerapan program Sekolah Sehat tahun 2022 di SD X secara keseluruhan telah terlaksana dengan baik tetapi masih terdapat ketidaksesuaian dengan Modul Implementasi UKS di Satuan Pendidikan Sekolah Dasar dan Penerapan Trias UKS dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa Pandemi. Belum terbaruinya pedoman UKS dan keterbatasan sarana menyebabkan tidak optimalnya pelaksanaan beberapa kegiatan. Saran untuk SD X adalah untuk memperbaharui pedoman UKS agar pelaksanaan kegiatan dalam perwujudan Sekolah Sehat dapat terlaksana dengan optimal.

References

  1. Aryo WB. Membangun SDM Indonesia Membangun Sinergitas [Internet]. Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2020. Available from: https://www.kemenkopmk.go.id/ membangun-sdm-indonesia-membangun-sinergitas
  2. Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Mengenal Makna Kesehatan [Internet]. 2021. Available from: https:// pusatkrisis.kemkes.go.id/mengenal-makna-kesehatan
  3. Kemendikbudristek. Revitalisasi UKS Melalui Kampanye Sekolah Sehat [Internet]. Kemdikbud.Go.Id. Jakarta; 2022. 1 14 p. Available from: https://sehatberkarakter dikdasmen.kemdikbud.go.id/profil
  4. Kemendikbudristek. Kemendikbudristek Revitalisasi UKS melalui Sekolah Sehat, Wujudkan Anak Sehat Berkarakter [Internet]. 2022. Available from: https:// www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/08/ kemendikbudristek-revitalisasi-uks-melalui-sekolah-sehat wujudkan-anak-sehat-berkarakter
  5. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Kesehatan, Menteri Agama, Menteri Dalam Negeri. Peraturan Bersama Antara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Menteri Kesehatan Republik Indonesia Menteri Agama Republik Indonesia, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia [Internet]. 2014. Available from: http:// dx.doi.org/10.1016/j.biochi.2015.03.025%0Ahttp:// dx.doi.org/10.1038/nature10402%0Ahttp://dx.doi.org/ 10.1038/nature21059%0Ahttp://journal.stainkudus.ac.id/ index.php/equilibrium/article/view/1268/1127%0Ahttp:// dx.doi.org/10.1038/nrmicro2577%0Ahttp://
  6. Susanto, Catio M, Hutapea J, Djuharnoko P, Ariyono, Jalinus L, et al. Pedoman Pembinaan dan Pengembangan UKS/M. Jananantar, Suharyanto A, editors. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan; 2018.
  7. Nuranisa, Slagian A. Hubungan Aktivitas Fisik dengan Obesitas pada Anak Sekolah Dasar N 1 Bengkalis Tahun 2017. Menara Ilmu [Internet]. 2020 Jan 17 [cited 2022 Oct 31];14(1). Available from: http://www.jurnal.umsb.ac.id/index.php/ menarailmu/article/view/1741
  8. Centers for Disease Control and Prevention (CDC). School Health Guidelines to Promote Healthy Eating and Physical Activity [Internet]. Vol. 60, MMWR. Recommendations and reports/ : Morbidity and mortality weekly report. Recommendations and reports. 2011. 1–76 p. Available from: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21918496
  9. Apriani L, Gazali N, Pendidikan J, Kesehatan J, Rekreasi D, Keguruan F, et al. Pelaksanaan trias usaha kesehatan sekolah (UKS) di sekolah dasar. J Keolahragaan [Internet]. 2018 Apr 21 [cited 2022 Oct 26];6(1):20–8. Available from: https:// journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga/article/view/14456
  10. Morissan. Riset Kualitatif. Jakarta: Prenadamedia Group; 2019.
  11. Hardani. Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Husnu Abadi, A.Md. A, editor. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta; 2020. 245 p.
  12. Lee A, Tsang C, Lee SH, To CY. A comprehensive “Healthy School Programme” to promote school health: The Hong Kong experience in joining the efforts of health and education sectors. Epidemiol Community Heal. 2003;174–7.
  13. SEAMEO RECFON. Gizi dan Kesehatan Anak Usia Sekolah Dasar [Internet]. Jakarta: Southeast Asian Ministers of Education Organization, Regional Centre for Food and Nutrition (SEAMEO RECFON) Kementerian Pendidikan dan Kebudayan Republik Indonesia; 2019. 1–134 p. Available from: http://rumahbelajar.id/Media/Dokumen/ 5 c c 8 4 1 2 e b 6 4 6 0 4 4 3 3 0 d 6 8 6 b c / eb8246e2ec1d0ff5334bd3b0159adbd2.pdf
  14. Nur N, Ruce N, Putri R. Penerapan Trias UKS di Sekolah Dasar Negeri Sobo Kabupaten Banyuwangi. 2018;1(2):71–8.
  15. Solikhin A, Utomo E. Modul Implementasi UKS di Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Hak; 2019.
  16. D’Souza E, Vandevijvere S, Swinburn B. The Healthiness of New Zealand School Food Environments: A National Survey. Aust N Z J Public Health. 2022;46(3):325–31.
  17. SEAMEO RECFON. Edukasi Gizi Berbasis Kebun Sekolah. Setiyono J, editor. Jakarta: Southeast Asian Ministers of Education Organization, Regional Center for Food and Nutrition (SEAMEO RECFON); 2018.
  18. Galloway C, Devine S, Parison J, Jones HA. Procurement from local producers for food service in primary and secondary school settings: A scoping review. Heal Promot J Aust. 2022;(October 2021):1–12.
  19. Koriakin TA, McKee SL, Schwartz MB, Chafouleas SM. Development of a Comprehensive Tool for School Health Policy Evaluation: The WellSAT WSCC. J Sch Health. 2020;90(12):923–39.
  20. Novianti A, Utami TP. Penilaian Status Gizi dan Pengetahuan Gizi Seimbang Anak Usia Sekolah Sebagai Bentuk Aktivasi Kegiatan UKS. J Pengabdi Masy [Internet]. 2021 Apr 30 [cited 2022 Oct 31];4(1):399–404. Available from: https://www.journal.umtas.ac.id/index.php/ABDIMAS/article/view/ 908
  21. Center for Disease Control and Prevention. Putting Local School Wellness Policies into Action/ : Stories from School Districts and Schools. 2014;1–26. Available from: https:// www.cdc.gov/healthyyouth/npao/pdf/251553_SchoolWellnessInAction_Final_508_Ready_508tagged.pdf
  22. Supriyatno, Tafiati H, Syaifuddin MA, Sari N, Mardiyanto A, Suharyanto A, et al. Penerapan Trias UKS dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa Pandemi. Ismail A, editor. Jakarta: Direktorat Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi; 2021.
  23. Direktorat Sekolah Dasar. Gerak Ragaku di Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi; 2022.
  24. Arzt NH, Chertcoff D, Nicolary S, Suralik M, Berry M. Immunization calculation engine: An open source immunization evaluation and forecasting system. Learn Heal Syst. 2022;6(1):1–5

Share

COinS
 
 

To view the content in your browser, please download Adobe Reader or, alternately,
you may Download the file to your hard drive.

NOTE: The latest versions of Adobe Reader do not support viewing PDF files within Firefox on Mac OS and if you are using a modern (Intel) Mac, there is no official plugin for viewing PDF files within the browser window.