•  
  •  
 

Abstract

Today’s, general of Muslim community only recognizes one type of recitation method of the Qur'an, specifically riwayat Hafsh 'an Ashim min Tariq Syathibiyah. This recitation became an international standard among qiraat scholars, students, and the general of Muslims. Qiraat sciences collect the principles of different recitation of the Qur'an which are attributed to qiraat scholars (a'immah al-qira'at). Based from Abul Fadhl Ar-Razi's theory about the meaning of Sab'atu Ahruf, the different recitations of the Qur'an (Ikhtilaf al-Qira'ah) have several criteria, including: Differences in nouns (Isim), verbs (Fi'il), cases ( I'rab), adding and subtracting words (Ziyadah wa Naqishah), prioritizing and ending a pronunciation (Taqdim wa Ta'khir), changing letters (Tabdil) and dialect differences (lahjah). This difference of recitations has connection with Arabic morphology (Sharaf), for example in the words "tabayyanu" and "tatsabbatu" in Surah An-Nisa verse 94 and Al-Hujurat verse 6. The purpose of this study is to find out the exact contextual meaning of the differences in qiraat so that it can be applied in the life. The research method used is descriptive-analytic method with literature review and observation. Based on the study that I described in this article, it can be concluded that the differences in the qiraat of the sentences 'Tabayyanu' and 'Tatsabbatu' have different contexts of meaning and complement each other in relation to communication ethics.

Bahasa Abstract

Pada umumnya, masyarakat muslim saat ini hanya mengenal satu jenis bacaan Al-Qur’an, yaitu riwayat Hafsh ‘an Ashim min Thariq Syathibiyah. Bacaan ini menjadi standar Internasional baik di kalangan pakar qiraat, penuntut ilmu, dan masyarakat umum. Padahal, Riwayat Hafsh ‘an Ashim adalah salah satu jenis bacaan dari bacaan-bacaan lain yang bersambung sampai kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wassalam. Ilmu qiraat adalah ilmu yang menghimpun kaidah-kaidah perbedaan bacaan Al-Qur’an yang dinisbatkan kepada para pakarnya (a’immah al-qira’at). Berdasaran teori Abul Fadhl Ar-Razi tentang makna Sab’atu Ahruf, bahwasannya perbedaan bacaan Al-Qur’an (Ikhtilaf al-Qira’ah) memiliki beberapa kriteria, diantaranya: Perbedaan nomina (Isim), kata kerja (Fi’il), kasus (I’rab), tambahan dan pengurangan kata (Ziyadah wa an-Naqishah), mendahulukan dan mengakhirkan suatu lafaz (Taqdim wa Ta’khir), pergantian huruf (Tabdil) dan perbedaan dialek (lahjah). Perbedaan bacaan ini memiliki kaitan dengan morfologi arab (Sharaf), contohnya pada kata “tabayyanu” dan “tatsabbatu” pada Surat An-Nisa ayat 94 dan Al-Hujurat ayat 6. Pola kata tersebut berasal dari pola wazan tashrif istilahiy ke-5, yaitu tafa’-‘ala. Dari segi makna, pola tersebut memberi faidah permintaan (thalab) dan tuntutan (takalluf). Perincian makna dapat dilihat dari pembahasan interpretasinya/ ilmu tafsir, bahwasannya “tabayyanu” bersifat reaktif ,sedangkan “tatsabbatu” bersifat preventif terhadap dua peristiwa yang dibahas dalam Surat tersebut, yaitu tentang justifikasi keimanan/tidaknya seseorang dan berita yang diterima. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui makna kontekstual yang tepat dari perbedaan qiraat hingga dapat diterapkan dalam kehidupan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif-analisis dengan kajian pustaka dan observasi. Berdasarkan kajian yang disampaikan pada artikel ini, dapat disimpulkan bahwa perbedaan qiraat kalimat ‘Tabayyanu’ dan ‘Tatsabbatu’ memiliki konteks makna yang berbeda dan saling melengkapi dalam kaitannya dengan etika berkomunikasi.

References

Al-Asqalani, Ibnu Hajar, 2008. Nuzhah an-Nazhar Syarh Nukhbatul Fikar, Madinah : Ar-Ruhaili.

Al-Baghawi, Al-Husain bin Mas’ud, 2010. Tafsir Al-Baghawi Ma’alimut Tanzil, Kairo: Dar Thayyibah lil Nasyr wat Tauzi.’

Al-Baghdadi, Ibnul Qasih Al-Udzri, 2011. Sirajul Qari al-Mubtadi wa Tidzkarul Qari al-Muntahi, Lebanon : Darul Kutub Ilmiyah.

Al-Qadhi, Abdul Fattah Abdul Ghani, 2015. Al-Wafi Fi Syarhi asy-Syathibiyyah, Kairo : Darussalam.

Al-Jazari, Muhammad bin Muhammad, 2011. Thayyibah an-Nasyr fi al-Qira’at al-Asyr. Madinah : Muassasah Alif Lam Mim.

Al-Qashih, Abi al-Baqa Ali bin Utsman bin Muhammad, 2011. Talkhish al-Fawa’id wa Taqrib al-Mutaba’id Syarh Aqilah al-Atrab wa al-Qasha’id. Kairo : Darussalam.

Al-Sheikh, Abdullah bin Muhammad bin Abdurrahman bin Ishaq, 2005. Lubaabut Tafsir min Ibni Katsiir Jilid 2 dan 8. Terj. M. Abdul Ghoffar E.M, Bogor : Pustaka Imam asy-Syafi’i.

An-Nawawi, Yahya bin Syaraf, 2011. At-Tibyan Fi Adab Hamalatil Qur’an. Jeddah : Darul Minhaj.

As-Sa’di, Abdurrahman bin Nashir, 2016. Taisir al-Karim al-Rahman Fi Tafsir Kalamil Mannan, Kairo : Maktabah Imam Malik.

As-Suyuthi, Jalaluddin Abdurrahman, 2016. Al-Itqan Fi Ulum al-Qur’an. Kairo : Darul Alamiyyah lin Nasyr wat Tauzi.

Al-Qurthubi, Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad Al-Anshari, 2012. Al-Jami’ li Ahkamil Qur’an Tafsir Al-Qurthubi Jilid 5-6, Kairo : Maktabah Taufiqiyah.

Rayyasy, Abu Abdit Tawwab Abdul Majid, 2018. Adawatudh Dhabtil Qur’ani wa Madlulatuha Ilmu Rasm & Dhabt, Terj. Abu Ya’la Kurnaedi, Bogor : Pustaka Imam asy-Syafi’i.

Zur’ah, Abu, 1998. Hujjatul Qira’at, Beirut : Mu’assasah Ar-Risalah.

Fathoni, Ahmad, 2016. Kaidah Qiraat Tujuh Menurut Tariq asy-Syatibiyyah Jilid , Jakarta: Yayasan Bengkel Metode Maisura.

Hamka, 2015. Tafsir Al-Azhar Jilid 2 dan 8. Depok : Gema Insani.

Nasif, Hifni Bek. Muhammad, Bek Diab, dll, 2014. Qawa’id al-Lughah al-Arabiyyah, Jakarta : Darul Kutub Al-Islamiyah.

Khaluyah, Ibnu, 2007. Al-Hujjatu fil Qira’atis Sab’i, Kairo : ‘Alamal Kutub.

Majma’ Lughah Arabiyah, 2011. Al-Mu’jam Al-Wasith, Kairo : Maktabah asy-Syuruq ad-Duwaliyah.

Ridha, Muhammad Rasyid. Muhammad Abduh, 1947. Tafsir Al-Qur’an Al-Azhim Al-Ma’ruf bi Tafsiril Manar Jilid 6, Beirut: Dar Ihya At-Turats Al-Arabi.

Zulifan, Muhammad, 2018. Bahasa Arab Untuk Semua Metode Praktis Memahami Bahasa Arab dan Al-Qur’an, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Al-Ghalayaini, Musthafa, 2011. Jami’ud Durus al-Arabiyyah, Beirut : Dar Ibn Hazm

Salim, Shafwat Mahmud, 2018. Fathu Rabbil Bariyyah Syarhu al-Muqaddimah al-Jazariyyah, Jeddah : t.p

Suarni, 2018. Ahruf Sab’ah dan Qira’at Sab’ah, Banda Aceh : UIN Ar-Raniry Vol. 15 No.2.

Gamble, Teri Kwal. Michael Gamble, 2015. Communication Works Eleventh Edition. New York : McGraw-Hill Education.

Share

COinS