•  
  •  
 

Abstract

Often we see students gathered tasks given by the lecturers and they are copying answers between students and others. They perform this action with no load, even though the task is an individual task. Do they know that what they are doing is an action that is contrary to the basic values of academic integrity. Or perhaps they are not aware that they are not a violation, since they merely imitate or follow the habits of seniors or friends the same age. Then comes the question "How do they (students) do dishonesty (cheating)?" And "Why are or what background they commit acts of academic dishonesty?" Based on the analysis of primary data obtained by distributing a questionnaire to students vocational program UI, and secondary data obtained from the data of students who cheat (academic violations), namely cheating Even during the period 2012/2013 to 2014/2015 Odd and continued to look at student biographical data and results academic evaluation found that women students are proportionally larger than the act of cheating men , furthermore student selection process through SIMAK UI has a proportionally larger than the students that the selection process through PPKB.

Bahasa Abstract

Sering kita melihat mahasiswa berkumpul mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosennya dan mereka saling menyalin jawaban antara mahasiswa yang satu dengan mahasiswa lainnya. Mereka melakukan tindakan ini dengan tanpa beban, walupun tugas tersebut merupakan tugas individu. Apakah mereka tahu bahwa tindakan yang mereka lakukan merupakan tindakan yang bertentangan dengan nilai-nilai dasar integritas akademik. Atau mungkin mereka tidak menyadari bahwa tindakannya tersebut bukan merupakan pelanggaran, karena mereka hanya meniru atau mengikuti kebiasaan seniornya atau temen sebaya. Kemudian timbul pertanyaan “Bagaimana mereka (mahasiswa) melakukan ketidak-jujuran (mencontek)?” dan “Mengapa atau apa yang melatar belakangi mereka melakukan tindakan ketidak-jujuran akademik?” Berdasarkan analisa data primer didapat dengan menyebarkan kusioner kepada mahasiswa Program Vokasi UI, sdan data sekunder diperoleh dari data mahasiswa yang mencontek (pelanggaran akademik), yaitu mencontek selama periode Genap 2012/2013 sampai dengan Gasal 2014/2015 dan dilanjutkan dengan melihat biodata mahasiswa dan hasil evaluasi akademik ditemukan bahwa mahasiswa perempuan secara proporsional lebih besar melakukan tindakan mencontek dibandingkan dengan laki-laki Demikian juga mahasiswa yang proses seleksinya melalui SIMAK-UI mempunyai proporsional yang lebih besar dibandingkan dengan mahasiwa yang proses seleksinya melalui PPKB.

Share

COinS