•  
  •  
 

Abstract

In the era of rapid technological advancement, the implementation of digital innovation has become a key factor in enhancing employee productivity ef iciency. The development of information technology provides opportunities for companies to optimize the use of electronic-based applications, such as the PNM Digi Employee Application. Therefore, this research aims to respond to and address the demands of technological changes by redesigning the UI/UX using the Design Thinking method. In the Define stage, three main problems requiring new design solutions were identified. Testing was conducted with five respondents through usability testing, followed by usability assessment using the System Usability Scale technique. The evaluation results showed a score of 80.5, indicating that the redesign of the PNM Digi Employee application using the Design Thinking method was successful in providing ef ective solutions to the existing problems. This new design not only improves the application's appearance but also makes users comfortable in using it.

Bahasa Abstract

Dalam era kemajuan teknologi yang pesat, penerapan inovasi digital menjadi kunci utama dalam meningkatkan efisiensi produktivitas karyawan. Perkembangan teknologi informasi memberikan peluang bagi perusahaan untuk mengoptimalkan penggunaan aplikasi berbasis elektronik, seperti Aplikasi PNM Digi Karyawan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merespons dan menghadapi tuntutan perubahan teknologi dengan melakukan perancangan ulang UI/UX menggunakan metode Design Thinking. Pada tahap Define, di identifikasi 3 permasalahan utama yang memerlukan solusi desain baru. Pengujian dilakukan terhadap 5 responden melalui usability testing, diikuti penilaian usability menggunakan teknik System Usability Scale. Hasil penilaian menunjukkan nilai 80,5, menandakan bahwa perancangan ulang aplikasi PNM Digi Karyawan dengan metode Design Thinking cukup berhasil memberikan solusi yang efektif terhadap permasalahan yang ada. Desain baru ini tidak hanya meningkatkan tampilan aplikasi, tetapi juga membuat pengguna aplikasi tersebut nyaman dalam menggunakannya.

References

A. Dony and Sudawarman., Interaksi Manusia & Komputer. Andi Offset, 2007. Bank, C. & Cao, J. (2014). Web UI Design Best Practices. Mountain View: UXPin. Creswell, J.W. (2014). Penelitian Kualitatif & Desain Riset 3/E- : Memilih di Antara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Fariyanto, F., Suaidah, S., & Ulum, F. (2021). Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa Dengan Metode Ux Design Thinking (Studi Kasus: Kampung Kuripan). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(2), 52-60. Firdausi, F. A. (2021). Analisa dan Desain Kembali UI/UX Aplikasi Marketplace UMKM Digidesa Menggunakan Metode Design Thinking (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU). Gani, R. P., Puspita, I. A., & Tripiawan, W. (2021). Perancangan Ui/ux Design Pada Dashboard Monitoring Proyek Menggunakan Metode Design Thinking Untuk Penerapan Sistem Earned Value Management Pada Pt. Xyz. eProceedings of Engineering, 8(5). Puspitaningrum, D. N., Perdana, I., & Utama, N. I. (2023). REDESIGN UI/UX WEBSITE OPEN LIBRARY TELKOM UNIVERSITY BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN INFLUENCE DENGAN METODE DESIGN THINKING. Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika dan Komunikasi, 4(3), 1874-1886. Putra, A. D. (2020). Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Untuk Usaha Penjualan Helm. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 17-24. Rahmasari, E. A., & Yanuarsari, D. H. (2017). Kajian usability dalam konsep dasar user experience pada game †œabc kids-tracing and phonics†sebagai media edukasi universal untuk anak. Demandia: Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan, 49-71. Rayandi, M. D., Alam, P. F., & Akbar, M. D. (2021). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Untuk Optimalisasi Pengelolaan Bank Sampah Di Masyarakat Berbasis Web Application. eProceedings of Engineering, 8(6). Stone, D., Jarrett, C., Woodroffe, M., & Minocha, S. (2005). User interface design and evaluation. Elsevier. Sundt, A., & Davis, E. (2017). User personas as a shared lens for library UX. Weave: Journal of Library User Experience, 1(6). Supriyatna, A. (2019). Penerapan Usability Testing Untuk Pengukuran Tingkat Kebergunaan Web Media of Knowledge. Teknois: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Sains, 8(1), 1-16. DOI: https://doi.org/10.36350/jbs.v8i1.17 Wolniak, R. (2017). The Design Thinking method and its stages. Systemy Wspomagania w Inżynierii Produkcji, 6(6), 247-255.

Share

COinS