"Influence of Scaling Up Nutrition Education towards Knowledge and Atti" by Rani Gartika Holivia Silalahi and Yesschi Anggraeni Tambunan
 

Abstract

Tingginya angka pernikahan pada usia remaja yang disertai dengan rendahnya pengetahuan tentang pola asuh merupakan salah satu pemicu terjadinya masalah gizi. Remaja merupakan orang tua masa depan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan 1.000 hari pertama kehidupan terhadap pengetahuan dan sikap mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Santa Elisabeth Medan tahun 2016. Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimental dengan desain one group pre- dan post test. Metode pengambilan sampel dengan metode purposive sampling sebanyak 115 mahasiswi tingkat III program studi Diploma III Kebidanan. Pendidikan dilakukan di kelas sebanyak 4 kali dalam 2 minggu dengan menggunakan metode mengajar dan diskusi. Penelitian ini menggunakan media visual (slides) dan modul. Pengaruh pendidikan terhadap pengetahuan dan sikap dianalisis dengan uji paired sample t-test (nilai p=0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1,7% mahasiswi memiliki pengetahuan baik dan 45,2% sikap tidak mendukung. Setelah Pendidikan kesehatan, terdapat 85,2% mahasiswi memiliki pengetahuan yang baik dan 100% mahasiswa memiliki sikap yang mendukung. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan antara pengetahuan dan sikap mahasiswi setelah diberikan pendidikan 1000 hari pertama kehidupan. Marriage at young age and lack of knowledge in parenting are among the causes of nutrition problem. The students in Santa Elisabeth Medan School of Health Sciences were found less knowledgable about it. This study aimed to analyze the influence of Scaling Up Nutrition (SUN) education towards knowledge and attitude of students at Santa Elisabeth Medan School of Health Sciences 2016. This study was quasi experimental with one group pre-test and post-test design. The population was students of the Santa Elisabeth Medan School of Health Sciences. Sampling was done by purposive sampling method, which consisted of 115 students at third level of Diploma III in Midwifery. Education class was conducted four times within two weeks by using lecture and discussion methods. This study used visual media (slides) and module. The influence of education towards students’ knowledge and attitude was analyzed by paired sample t-test (p value=0.05). The results showed that only 1.7% students had high knowledge and 45.2% students had unfavorable attitudes. After nutrition education, there were 85.2% students who had high knowledge and 100% students had favorable attitudes. In conclusion, there are significant differences between students’ knowledge and attitude after SUN education given.

References

1. Presiden Republik Indonesia. Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 72 Tahun 2015 tentang Sistem Kesehatan Nasional. 2015 [cited 2015 December 18]. Available from: www.hukumonline.com/pusatdata.

2. Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Republik Indonesia. Pedoman perencanaan Program Gerakan Nasional Sadar Gizi dalam rangka 1000 Hari Pertama Kehidupan. 2013 [cited 2015 December 18]. Available from http://www.bappe nas.go.id/files/5013/8848/0466/PEDOMAN_SUN_10_Sept_2013.pdf.

3. Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Republik Indonesia. Kerangka kebijakan gerakan nasional percepatan perbaikan gizi dalam rangka 1000 Hari Pertama Kehidupan (Gerakan 1000 HPK). 2013 [cited 2015 December 18]. Available from http://www.bappenas.go.id/files/7713/8848/0483/KERANGKA_KEBIJAKAN_- _10_Sept_2013.pdf.

4. Scaling Up Nutrition (SUN) Movement Strategy 2012-2015. September 2012 [cited 2015 December 22]. Available from https://scalingupnutrition.org/wp-content/uploads/2012/10/SUN-MOVEMENT-STRATEGY-ENG.pdf.

5. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Riset Kesehatan Dasar tahun 2013. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; 2013 [cited 2015 December 21]. Available from http://www.depkes.go.id/resources/download/general/Hasil%20Riskesdas%202013.

6. Bappenas Republik Indonesia. Peraturan Presiden No. 42 Tahun 2013. Gerakan Nasional Percepatan Perbaikan Gizi. 2013 [cited 2015 December 20]. Available from http://kgm.bappenas.go.id/document/datadokumen/43_DataDokumen.pdf.

7. World Bank. Naskah kebijakan kesehatan dan gizi sekolah. Oktober 2009 [cited 2015 December 20]. Available from: http://documents.worldbank.org/curated/en/343721468044658305/p df/519520REVISED01ief1INDO1Final1LoRes.pdf.

8. Notoatmodjo S. Promosi kesehatan teori dan aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta; 2010.

9. Mubarak WI, Khoirul CR, Supradi. Promosi kesehatan sebuah pengantar proses belajar mengajar dalam pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu; 2007.

10. Notoatmodjo S. Pendidikan dan perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2003.

11. Haryoko S. Efektivitas pemanfaatan media audio-visual sebagai alternatif optimalisasi model pembelajaran. Jurnal Edukasi Elektro. 2009; 5 (1): 1-10.

12. Daryanto. Media pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media; 2010.

13. Ikada DC. Tingkat penerimaan buku cerita bergambar sebagai media pendidikan gizi dan pengaruhnya terhadap pengetahuan gizi anak sekolah dasar. Bogor: Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor; 2010.

14. Syarkowi A. Peningkatan pengetahuan gizi masyarakat melalui pendidikan dan latihan. Forum Pendidikan. 2008; 27 (2).

15. Notosiswoyo M. Penggunaan VCD dan leaflet untuk peningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku siswa dalam pencegahan kecelakaan sepeda motor. Kesmas: Public Health National Journal. 2014; 8(8): 373 – 9.

16. Rahmawati I, Toto S, Ira, P. Pengaruh penyuluhan dengan metode audio visual terhadap peningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku ibu balita gizi kurang dan gizi buruk di Kabupaten Kotawaringin Barat Provinsi Kalimantan Tengah. Jurnal Gizi Klinik Indonesia. 2007; 4 (2): 69-77.

17. Hudayani F, Sartika RAD. Knowledge and behavior change of people living with HIV through nutrition education and counceling. Kesmas: National Public Health Journal. 2016; 10(3): 107 – 12.

18. Sherman J, Ellen M. Developing a nutrition and health education program for primary school in Zambia. Journal of Nutrition Education and Behavior. 2007; 39: 335342.

Plum Print visual indicator of research metrics
PlumX Metrics
  • Citations
    • Citation Indexes: 2
  • Usage
    • Downloads: 41
    • Abstract Views: 9
  • Captures
    • Readers: 16
see details

Share

COinS