Abstract
Customer loyalty is believed to have a strong influence on the success of the business.
Therefore, the study of customer loyalty is still done by many parties. Nevertheless,
there are still many researchers who have difficulty understanding the concept. This
paper contains the synthesis of several important posts about loyalty, specifically
about the meaning of the concept of loyalty, loyalty relationship with customer
satisfaction, the factors that make loyalty, the results to be obtained by the loyalty,
the strategy to gain the loyality, and the concept of loyalty measurement. Disclosure
of information and the presence of various brands of products on the market make
it increasingly difficult to maintain consumer loyalty to the brand. Consumers have
some reason to remain loyal to a brand. Meaning of loyalty is not limited to the
relationship between consumers and brands, but it needs to be expanded on the
aspects of social relations, particularly in the form of friendship/relationship. Consumer
loyalty can only be obtained through consumer engagement in multibonding namely:
consumers with the brand, consumer products, consumer communities, consumers
with consumers, and consumers with the company. Consumer engagement with the
brand will increase indvidual fortitude to the product or brand. Courage consumers
will be stronger if the product/brand satisfaction consistently and continuously for
long time. This condition will result in action loyalty. When the loyalty action supported
by the social environment, the consumer will have the highest level of loyalty is the
ultimate loyalty. Found 5 requirement to build the ultimate loyalty: perceived high
value product, can be used as a unique lifestyle, not shared by many people, the
benefits of the product increases with the social group, the number of segments
especially favorable for the development of the ultimate loyalty. In this case, the
company needs to measure the level of consumer loyalty to establish the right strategy
for the achievement of ultimate loyalty.
Bahasa Abstract
Loyalitas pelanggan diyakini memiliki pengaruh yang kuat terhadap kesuksesan bisnis.
Karena itu, kajian terhadap loyalitas pelanggan ini masih terus dilakukan banyak pihak.
Walaupun demikian, masih banyak para peneliti yang mengalami kesulitan memahami
konsep tersebut. Tulisan ini memuat sintesa dari beberapa tulisan penting menganai
loyalitas, secara khusus tentang arti konsep loyalitas, hubungan loyalitas dengan
kepuasan pelanggan, faktor–faktor yang membentuk loyalitas, hasil yang akan
diperoleh dengan adanya loyalitas, strategi untuk mencapatkan loyalitas, dan konsep
pengukuran loyalitas. Keterbukaan informasi dan kehadiran berbagai merek produk
di pasar membuat konsumen semakin sulit untuk mempertahankan loyalitasnya pada
sebuah merek. Konsumen memiliki alasan tertentu untuk tetap loyal pada sebuah
merek. Pemaknaan atas loyalitas tidak hanya terbatas pada hubungan antara konsumen
dengan merek, tetapi perlu diperluas pada aspek hubungan sosial, khususnya dalam
bentuk hubungan pertemanan/relationship. Loyalitas konsumen hanya dapat diperoleh
melalui keterikatan konsumen dalam multibonding yaitu: konsumen dengan merek,
konsumen dengan produk, konsumen dengan komunitas, konsumen dengan
konsumen, dan konsumen dengan perusahaan. Keterikatan konsumen terhadap
merek akan meningkatkan keteguhan hati (indvidual fortitude) terhadap produk atau
merek. Keteguhan hati konsumen akan kuat jika produk/merek tersebut memberikan
kepuasan secara konsisten dan terus-menerus. Kondisi ini akan menghasilkan action
loyalty. Bila action loyalty didukung oleh lingkungan sosial, maka konsumen akan
memiliki tingkat loyalitas yang tertinggi yaitu ultimate loyalty. Ditemukan 5 syarat
untuk membangun ultimate loyalty: produk dirasa bernilai tinggi, dapat digunakan
sebagai gaya hidup yang unik, tidak dimiliki oleh banyak orang, manfaat produk
meningkat dengan adanya kelompok sosial, jumlah segmen khusus menguntungkan
untuk pengembangan loyalitas tertinggi (ultimate loyalty). Dalam hal ini, perusahaan
perlu mengukur tingkat loyalitas konsumennya untuk menetapkan strategi yang tepat
bagi pencapaian ultimate loyalty.
Recommended Citation
Heruwasto, Ignatius
(2013)
"LOYALITAS PELANGGAN DAN HUBUNGAN DENGAN KEPUASAN: Typologi, Strategi, Pengukuran, Penelitian Mendatang,"
Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia: Vol. 41:
Iss.
1, Article 4.
Available at:
https://scholarhub.ui.ac.id/jmui/vol41/iss1/4