Abstract
This research combines two important concepts, namely customer relationships (consumer relationships) and consumer loyalty. This research focuses on the customer relationship process at cellular providers IM3, Three, Esia, and Flexi, which are cellular providers that have superior products. Apart from cellular providers IM3, Three, Esia, and Flexi also have many competitors who are ready to compete to win consumers. .The reason underlying this research topic is that every provider, in retaining its consumers or customers, must have good relationships with customers at the same time as consumers so that they can increase and maintain customer loyalty. The aim of this research is to determine the influence of customer relationships (consumer relations) on customer loyalty to cellular providers which will be developed into a marketing strategy. Specifically, this research examines consumer relationships with products, consumer relationships with brands, and consumer relationships with consumers. Apart from that, this research also wants to see the relationship between third party consumer relations and customer loyalty, which consists of individual fortitude and social bonding. The research was conducted on students of the Institute of Social Sciences and Political Sciences in Jakarta who used cellular providers IM3, Three, Esia and Flexi with the number of respondents used in this research sample being 100 respondents. The research method used in this research is a survey method with a descriptive research type, with a quantitative approach. The research results show that customer relationships have a positive influence on individual resilience, customer and consumer relationships have a positive influence on social ties, and customer relationships also have a positive influence on IM3, Three, Esia, and Flexi customer loyalty.
Bahasa Abstract
Penelitian ini menggabungkan dua konsep penting yaitu hubungan pelanggan (hubungan konsumen) dan loyalitas konsumen. Penelitian ini berfokus pada proses hubungan pelanggan pada penyedia selular IM3, Three, Esia, dan Flexi yang merupakan penyedia selular yang memiliki keunggulan produk. Selain penyedia seluler IM3, Three, Esia, dan Flexi juga memiliki banyak kompetitor yang siap bersaing untuk memenangkan konsumen . .Alasan yang mendasari topik penelitian ini adalah bahwa setiap penyedia dalam mempertahankan konsumen atau pelanggannya, harus memiliki hubunganyang baikdengan para pelanggan pada saat yang sama dengan konsumen sehingga dapat meningkatkan dan mempertahankari loyalitas pelanggan. Tujua, dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hubungan pelanggan (hubundan konsumen) terhadap loyalitas pelanggan pada penyedia selularyang akan dikembangkan menjadi strategi pemasaran. Khususnya penelitian ini mengkaji tentang hubungan konsumen dengan produk, hubungan konsumen dengan merek, dan hubungan konsumen dengan konsumen. Selain itu, penelitian ini juga ingin melihat kaitan pihak ketiga hubungan konsumen tersebut terhadap loyalitas pelanggan yang terdiri dari individual fortitude dan social bonding. Penelitian dilakukan terhadap mahasiswa dan mahasiswi lnstitut llmu Sosial llmu PolitikJakartayang menggunakan penyedia seluler IM3, Three, Esia, dan Flexi dengan jumlah responden yang digunakan dalam sampel penelitian ini sebanyak 100 responden. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan jenis penelitian deskriptif, dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan pelanggan mempunyai pengaruh positif terhadap ketabahan individu, hubungan pelanggan dan konsumen mempunyai pengaruh positif terhadap ikatan sosial, dan hubungan pelanggan juga mempunyai pengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan IM3, Three, Esia, dan Flexi.
Recommended Citation
Heruwasto, Ignatius
(2011)
"Customer Relationship (Hubungan Konsumen) Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan IM3, THREE, ESIA, dan FLEXI,"
Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia: Vol. 41:
Iss.
1, Article 1.
Available at:
https://scholarhub.ui.ac.id/jmui/vol41/iss1/1