JURNAL KOMUNIKASI INDONESIA
Abstract
Interaksi antara auditor dan auditee yang baru pertama kali bertemu dapat memunculkan kecemasan dan ketidakpastian bagi kedua pihak. Penelitian ini mendeskripsikan pengelolaan kecemasan dan ketidakpastian yang dialami auditor dalam komunikasi antarbudaya yang dilakukannya dengan auditee, dengan menggunakan Teori Pengelolaan Kecemasan dan Ketidakpastian (Anxiety and Uncertainty Management – AUM) dari Gudykunst. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif interpretif dengan metode studi kasus, dan teknik pengumpulan data dengan wawancara. Kecemasan yang dialami oleh auditor terkait dengan rasa cemas dan khawatir karena belum memiliki informasi mengenai entitas dan auditee, dan perasaan tegang karena memeriksa auditee yang memiliki pengaruh atau relasi dengan pihak yang berkuasa/berpengaruh. Ketidakpastian yang dialami auditor terkait dengan sulitnya mendapat gambaran utuh mengenai kejadian yang telah lampau, kepercayaan terhadap keterangan auditee; dan tingkat kerja sama auditee dalam pemeriksaan.
References
Creswell, J. W. (2007). Qualitative Inquiry and Research Design. Second Edition. Thousand Oaks, CA: Sage Publication.
Dai, X., & Chen, G.M. (Ed). (2014). Intercultural Communication Competence: Conceptualization and Its Development in Cultural Contexts and Interactions. NE: Cambridge Scholars Publishing.
Darmastuti, R. (2013). Mindfulness dalam Komunikasi Antarbudaya. Yogyakarta: Buku Litera. Daymon, C. & Holloway, I. (2011). Qualitative Research Methods in Public Relations and Marketing Communications. Second Edition.. New York: Routledge.
Denzin, N. K. & Lincoln, Y. S. (2011). The SAGE Handbook of Qualitative Research. Fourth Edition. Thousand Oaks, CA: Sage Publication.
Duronto, P. M., Nishida, T., Nakayama, S. (2005). Uncertainty, Anxiety, and Avoidance in Communications with Strangers. International Journal of Intercultural Relation, 29 (5), 549-560.
Gudykunst, W. B. (Ed.) (2005). Theorizing About Intercultural Communication. Thousand Oaks, CA: Sage Publication.
Gudykunst, W. B. & Kim, Y. Y. (2003). Commnicating with Strangers: An Approach to Intercultural Communication. Fourth Edition. New York: McGraw-Hill.
Griffin, Em. (2006). Communication A First Look at Communication Theory. New York: McGraw-Hill.
Hennink, M., Hutter, I.. & Bailey, A. (2011). Qualitative Research Methods. Thousand Oaks, CA: Sage Publication.
Jandt, F. (1998). Intercultural Communication, an Introduction. Second Edition. Thousand Oaks, CA: Sage Publication.
Koestor, A. L. R. (1999). Kompetensi Komunikasi Antarbudaya (Studi Kasus pada Proses Adaptasi Peserta Training dari Indonesia di Adelaide Australia). Tesis. Universitas Indonesia.
Koester, J. & Lustig, M. W. (2015). Intercultural Communication Competences: Theory, Measurement, and Application. International Journal of Intercultural Relations, 48, 20-21.
Lestari, P., Hendariningrum, R., & Prayudi. (2011). Kompetensi Komunikasi Bisnis Lintas Budaya. Jurnal Ilmu Komunikasi, 9 (3), 139-249.
Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2009). Encyclopedia of Communication Theory. Thousand Oaks, CA: Sage Publication.
Martin, J. N. & Nakayama, T. K. (2003). Intercultural Communication in Contexts. Third Edition. New York: McGraw-Hill.
Ni, L. & Wang, Q. (2011). Anxiety and Uncertainty Management in an Intercultural Setting: The Impact on Organization- Public Relationships. Journal of Public Relations Research, 23 (3), 269-301.
Oetzel, J. G. (2009). Intercultural Communication: A Layered Approach. Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.
Poerwandari, K. (2001). Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia. Jakarta: LPSP3 UI.
Primasari, W. Pengelolaan Kecemasan dan Ketidakpastian Diri dalam Berkomunikasi Studi Kasus Mahasiswa Perantau UNISMA Bekasi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 12 (1), 26-38.
Samovar, L. A., Porter, R. E., & McDaniel, E. R. (1991). Communication Between Cultures. Boston, MA: Wardsworth.
----------------. (2010). Communication Between Cultures. Seventh Edition. Boston, MA: Wadrsworth.
Samovar, L. A., & Porter, R. E. (2003). Intercultural Communication: A Reader. Tenth Edition. Boston, MA: Wadsworth.
Samovar, L. A., Porter, R. E., & McDaniel, E. R. (2012). Intercultural Communication: A Reader. 13th Edition. Boston, MA: Wadsworth.
Sinicrope, N., Norris, J. & Watanabe, Y. (2007). Understanding and Assesing Intercultural Competence: A Summary of Theory, Research, and Practice (Technical Report for The Foreign Language Program Evaluation Paper). Second Language Studies, 26 (1), 1-58.
Solomon, D. & Theiss, J. (2013). Interpersonal Communication: Putting Theory into Practice. New York: Routledge.
Tamam, E. (2000). Intercultural Communication at Workplace: Difficulties as Voiced by Local and Expatriate Managers. Jurnal Komunikasi, 16, 85-97.
Tubbs, S. L. dan Sylvia, M. (2005). Human Communication: Konteks-Konteks Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
West, R, & Turner, L. H. (2010). Introducing Communication Theory: Analysis and Application, Forth Edition. New York: McGraw-Hill.
Wijaya, R. (2013). Anxiety Uncertainty Management Mahasiswi Inholland Program Studi Manajemen Bisnis Internasional. Jurnal E-Komunikasi, 1 (1), 1-10.
Wicaksono, I. E. (2016). Kompetensi Komunikasi Antarbudaya dalam Konteks Tempat Kerja. Tesis. Universitas Indonesia.
Recommended Citation
Diana, Afriyanti and Lukman, Eduard
(2018)
"Pengelolaan Kecemasan dan Ketidakpastian dalam Komunikasi Antarbudaya antara Auditor dan Auditee,"
JURNAL KOMUNIKASI INDONESIA: Vol. 7:
No.
1, Article 8.
DOI: 10.7454/jki.v7i1.9666
Available at:
https://scholarhub.ui.ac.id/jkmi/vol7/iss1/8
Included in
Gender, Race, Sexuality, and Ethnicity in Communication Commons, International and Intercultural Communication Commons, Social Influence and Political Communication Commons