•  
  •  
 

Jurnal Komunikasi Indonesia

Abstract

The social media is used by companies or organizations to carry out communication activities, such as publication, public relations, promotions, etc. The purpose of this study is to describe the management of Instagram @fhci.bumn by the Forum Human Capital Indonesia’s communication team. The management of such account was studied through The Circular Model of Some. This descriptive research applied a qualitative approach. This study used a non-probability sampling technique by considering the subjectivity of the informants related to the research. In this study, data collection methods were applied, such as in-depth interviews, observations, and documentation. This study concluded that: In accordance with the share stage, the communication team of the FHCI has a definite background and purpose from their Instagram; they have a target from Instagram which is human capital activists and job seekers; in building public trust they display company information on their profiles and collaborate with the Ministry of State-Owned Enterprises for their content. At the optimize stage, the communication team continued to monitor the conversation manually; content was created based on what was currently trending but still considered the audiences’ wishes; they opened discussion space for followers and maintained communication with followers. At the manage stage, media monitoring was carried out manually and only utilized the Instagram features, quick response and optimal real-time interaction because the communication team responded as soon as possible. In the engagement process, there were already brand influencers, namely Erick Thohir and Alexandra Askandar, and they had interactive content, crossword puzzles.

Media sosial digunakan oleh perusahaan atau organisasi untuk melakukan kegiatan komunikasi, seperti publikasi, hubungan masyarakat, promosi, dll. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan Instagram @fhci. BUMN oleh tim komunikasi Forum Human Capital Indonesia. Pengelolaan akun tersebut dikaji melalui The Circular Model of Some. Penelitian deskriptif ini menerapkan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan mempertimbangkan subjektivitas informan yang terkait dengan penelitian tersebut. Dalam penelitian ini diterapkan metode pengumpulan data, seperti wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: Sesuai dengan tahap share, tim komunikasi FHCI memiliki latar belakang dan tujuan yang pasti dari Instagram mereka; mereka memiliki target dari Instagram yaitu human capital activists dan job seeker; dalam membangun kepercayaan publik mereka menampilkan informasi perusahaan pada profil mereka dan berkolaborasi dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara untuk konten mereka. Pada tahap pengoptimalan, tim komunikasi terus memantau percakapan secara manual; konten dibuat berdasarkan apa yang saat ini sedang tren tetapi masih mempertimbangkan keinginan audiens; mereka membuka ruang diskusi bagi pengikut dan menjaga komunikasi dengan pengikut. Pada tahap manage, media monitoring dilakukan secara manual dan hanya memanfaatkan fitur Instagram, respon cepat dan interaksi real-time yang optimal karena tim komunikasi merespons sesegera mungkin. Dalam proses engagement, sudah ada brand influencer, yaitu Erick Thohir dan Alexandra Askandar, dan mereka memiliki konten interaktif, teka-teki silang.

References

Journal article

Anwar, Rully Khairul, & Rusmana, Agus. (2017). Komunikasi Digital Ber- bentuk Media Sosial dalam Meningkatkan Kompetensi Bagi Kepala, Pustakawan, dan Tenaga Pengelola Perpustakaan (Studi Kasus pada Sekolah/Madrasah di Desa Kayu Ambon, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat). Dharma- karya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat 6 (3), 204-208.

Asih, Wulan Mulya, Khoiruddin Muchtar, and Yusuf Zaenal Abidin. (2020). “Pengelolaan Digital Pr Dalam Mengemas Konten Dakwah Di Instagram @Masjidtrans.” Jurnal Riset Komunikasi 3(1):108–19. doi: 10.24329/jurkom.v3i1.87.

Cooper, P., and S. Tien. 2021. How to Create a Social Media Calen- dar: Tips and Template. Hootsuite. Retrieved May 31, 2022 from https://blog.hootsuite.com/how-tocreate-a-social-media-con- tent- calendar.%0D.

Creswell, J. W., and J. David Creswell. (2018). Research and Design Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. Los Angeles: SAGE.

Dailey, Patrick R. (2009). Social Media: Finding Its Way into Your Busi- ness Strategy and Culture. Burlington: Linkage.

Edgecomb, Carolyn. (2013). Build Trust Through Social Media in 5 Sim- ple Ways. Retrieved May 31, 2022 from https://www.impactplus. com/blog/build-trust-through-social-media-in-5-simple- ways.

Green, D. J. (2017). Instagram Marketing: The Guide Book for Using Photos on Instagram to Gain Millions of Followers Quickly and to Skyrocket your Business (Influencer and Social Media Mar- keting). CreateSpace Independent Publishing Platform.

Hair, J. F., Bush, R. P., & Ortinau, D. J. (2006). Marketing Research: With- in a Changing Information Environment. (Third Edit). New York: McGraw-Hill/Irwin.

Hajati, Rizky, Susie Perbawasari, and Hanny Hafiar. (2018). “Manajemen Aktivitas Media Sosial Akun Instagram @Indonesiabaik.Id.” MetaCommunication: Journal Of Communication Studies 3(2).

Halim, Ira Agustiana. (2015). Strategi Intergrated Social Media Network Game: Penggunaan Advergame dalam Membentuk Custom- er Brand Engagement. Jurnal Komunikasi 4 (2), 116-126. doi: 10.7454/jki.v4i2.8891.

Haryanto. (2016). “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Komu- nikasi Komunitas Pustakawan Homogen Dalam Rangka Pe- manfaatan Bersama Koleksi Antar Perguruan Tinggi.” Edulib 5(1):83–89. doi: 10.17509/edulib.v5i1.2305.

Hasan, Hasmiana. (2016). “Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Ketuntasanbelajar Ips Materi Perkembangan Teknologi Produk- si, Komunikasi, Dan Transportasi Pada Siswa Kelas Iv Sd Neg- eri 20 Banda Aceh.” Jurnal Pesona Dasar 3(4):22–33.

Kusnandar, Viva Budy. (2021). Pengguna Internet Indonesia Peringkat Ke-3 Terbanyak Di Asia. Retrieved from https://databoks.kata- data.co.id/datapublish/2021/10/14/pengguna-internet- indone- sia-peringkat-ke-3-terbanyak-di-asia.

Lincoln, Yvonna S., and Egon G. Guba. (1985). Effective Evaluation. San Francisco: Jossey-Bass Publishers.

Luttrell, Regina. (2019). Social : How to Engage, Share and Connect. Third Edit. Lanham: Rowman& Littlefield.

McQuail, Denis, and Mark Deuze. (2020). Mcquail’s Media & Mass Communication Theory. London: Sage Publications Ltd. Muchtar, Khoiruddin, and Aliyudin Aliyudin. (2019). “Public Relations Politik Partai Keadilan Sejahtera Dalam Pemilukada Jawa Barat.” Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi 3(1):61–78. doi: 10.15575/cjik.v3i1.5047.

Muharam, K. A., Studi, P., Komunikasi, I., & Yogyakarta, U. M. (2022). Pengelolaan Media Sosial KPU Kota Cilegon Sebagai Media Komunikasi : Studi Kasus KPU Kota Cilegon Banten Pilkada Tahun 2020. Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 108–124. https://doi.org/10.30596/interaksi.v6i1.8298

Rismawati, Eneng, Yusuf Zaenal Abidin, and Encep Dulwahab. (2020). “Pengelolaan Cyber Public Realations Dalam Membentuk Cor- porate Branding.” Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat 2(3):241–60. doi: 10.15575/reputation.v2i3.420.

Rosanti, Reza, Feliza Zubair, and Aat Ruchiat Nugraha. (2020). “Penge- lolaan Media Sosial Peace Generation Indonesia Dalam Men- gampanyekan Nilai-Nilai Perdamaian.” Jurnal Spektrum Komu- nikasi 8(1):58–77. doi: 10.37826/spektrum.v8i1.65.

Sekarwulan, Annisa, Novita, Hidayat Purwanto, and Dini Safitri. (2020). Peran Instagram @p2ptmkemenkesri Sebagai Media Kampa- nye Kesehatan. Communications 2 (1), 1–15. doi: 10.21009/ communications.2.1.1.

Subekti, P., Hafiar, H., & Bakti, I. (2020). Penggunaan Instagram oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah untuk mengopti- malkan destination branding Pangandaran. PRofesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 4(2), 174. https://doi. org/10.24198/prh.v4i2.23545

Syadhana, Jasmine Putri, Susie Perbawasari, and Hanny Hafiar. (2020). “Perencanaan Strategi Media Sosial Akun Instagram @ People- attiket Oleh PT. Global Tiket Network.” Jurnal Manajemen Ko- munikasi 5(1):36–59.

Share

COinS