•  
  •  
 

Abstract

The trend of installing braces as an accessory is of course influenced by many things, with the main goal being to tidy up the teeth and gums. PT Rupa Aestetika Teknologi Aktual (RATA) has been one of the players in the dental and beauty industry since 2019. By using the clear aligner method, RATA has become a dental brand that aligns teeth without braces. In compiling and implementing a marketing work program, RATA implements a marketing public relations strategy. The purpose of this study is to analyze marketing public relations activities and get an overview of the activities implemented to enhance the RATA brand image. This study uses a qualitative descriptive method, with data collection techniques through interviews with the company and also company patients/ consumers, observations such as searching for information through websites, requesting data from company management, and documentation. The results of this study RATA apply the PENCILS strategy in marketing public relations activities. Activities that influence RATA's brand image are Publications, Community Involvement, Inform or Image, Lobbying and Negotiation, and News. Overall the marketing public relations strategy activities carried out by the RATA marketing team are appropriate and can be known and felt by patients. However, the implementation has not run optimally. The RATA brand image can increase significantly, if Event and CSR activities are carried out optimally.

Bahasa Abstract

Tren pemasangan kawat gigi/behel sebagai aksesoris tentu dipengaruhi banyak hal, dengan tujuan utamanya adalah merapikan tatanan gigi dan gusi. PT Rupa Aestetika Teknologi Aktual (RATA) merupakan salah satu pemainnya di bidang dental dan industri kecantikan, sejak tahun 2019. Dengan menggunakan metode clear aligner menjadikan RATA sebagai merek dental yang meratakan gigi tanpa behel. Dalam menyusun dan menerapkan program kerja marketing, RATA menerapkan strategi marketing public relations. Tujuan penelitian ini adalah, untuk menganalisis aktivitas marketing public relations dan mendapatkan gambaran dalam pelaksanaan kegiatan yang diterapkan untuk meningkatkan citra merek RATA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan pihak perusahaan dan juga pasien-pasien atau konsumen RATA, observasi seperti mencari informasi melalui website, meminta data dari manajemen perusahaan, serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini RATA menerapkan strategi PENCILS dalam aktivitas marketing public relations. Aktivitas yang berpengaruh pada citra merek RATA adalah Publications, Community Involvement, Inform or Image, Lobbying and Negotiation, dan News. Secara keseluruhan aktivitas strategi marketing public relations yang dilakukan oleh tim marketing RATA sudah sesuai dan dapat diketahui serta dirasakan oleh para pasien. Namun pada implementasinya belum berjalan maksimal. Citra merek RATA dapat meningkat secara signifikan, jika kegiatan Event dan CSR dilakukan secara maksimal.

References

Abdillah, F. (2017). Efektivitas marketing public relation dalam membangun citra merek perusahaan jasa telekomunikasi. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 1(1), 1–9. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ec odemica/article/view/1565

Ali, S., Rose Alinda, A., Syed Norris, H., Marlia, P., Siti Hamisah, T., Cotet, G. B., … Othman, A. (2018). Assessment procedure for the soft skills requested by Industry 4.0. قثقثقثقث ), 2 ( ثثثث ث , ثثثثثث . https://doi.org/10.1051/matecconf/20171210 7005

Almira, S. K., & Suharyanti. (2013). IMPLEMENTASI STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM PENGELOLAAN CITRA MEREK. (ISSN : 2087-8850), 57–71

Ardelia, I., & Sukendro, G. G. (2019). Komunikasi Interaktif Nikon Ambassador Dalam Mempertahankan Citra Merek (Studi Kasus Akun Media Sosial Instagram @Sukiminthio). Prologia, 3(2), 365. https://doi.org/10.24912/pr.v3i2.6360 Ardianto, E. (2016). Handbook of Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Arifin, E., & Fachrodji, A. (2015). Pengaruh persepsi kualitas produk, citra merek dan promosi terhadap minat beli konsumen ban Achilles di Jakarta Selatan. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 5(1)

Atmaja, S., & Ruliana, P. (2017). STRATEGIPROMOSIHOTEL MELALUIWISATASYARIAH DALAMMENINGKATKANKUALITASPE LAYANANJASA. Jurnal Komunikasi, SSN2548-37

Baitulmaal Muamalat. (2021). RATA.ID BERBAGI KEBAIKAN RAMADHAN MELALUI BMM DAN BENIBAIK.COM. Retrieved from Baitulmaal Muamalat website: http://bmm.or.id/news/read/379/rata id-berbagi-kebahagian-ramadhan-melalui bmm-dan-benihbaik-com

Beautynesia. (2022, July 12). Makin Percaya Diri, di Rata.id Bisa Kembalikan Senyum Cerahmu Beauties! Retrieved from https://www.beautynesia.id/wellness/makin percaya-diri-di-rataid-bisa-kembalikan senyum-cerahmu-beauties/b-258604/2

BPOM RI. (2015). Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2015 Tentang Persyaratan Teknis Kosmetika, Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2015. Jakarta

Bungin, B. (2013). Metode Penelitian Sosial dan Ekonomi (Edisi Pert). Jakarta: Prenada Media Group

Christiyaningsih. (2019). Perawatan Estetik Gigi Makin Digemari Masyarakat. Retrieved from REPUBLIKA.CO.ID website: https://www.republika.co.id/berita/pqpgwd45 9/perawatan-estetik-gigi-makin-digemari masyarakat

Daud, R. F., & Khairunnisa, K. (2020). Peran Marketing Public Relations (MPR) Dalam Membangun Brand Image Warunk Upnormal Di bandung. Komunikasiana: Journal of …, 2, 110–122. Retrieved from http://ejournal.uin suska.ac.id/index.php/komunikasiana/article/ view/11331 Gassing, Syarifuddin S., & S. (2016). Public Relations. In Public Relations. Yogyakarta: ANDI

Greener, T. (2011). Practical PR. Jakarta: PT Gramedia Widia Sarana Indonesia. hellosehat. (2021). 12 Jenis Perawatan Gigi Melalui Prosedur Medis. Retrieved from hellosehat website: hellosehat.com/gigi mulut/perawatan-gigi/perawatan-gigiprosedur-medis/

Jefkins, F. (2015). Public Relations. In Public Relations Ed.5 (5th ed.). Jakarta: Erlangga. Junaidi. (2016). ANALISIS DATA KUALITATIF DALAM PENELITIAN PARIWISATA. Kepariwisataan, 10, 59–74

Keller., & Kotler, P. (2012). Strategic Brand Management: Building Measurement and Managing Brand Equity. New Jersey: Pearson Education Internasional. Kemenperin. (2019). Kemenperin Optimistis Pertumbuhan Industri Kosmetik Sentuh 9 Persen. Retrieved from Kemenperin.go.id website: https://kemenperin.go.id/artikel/20557/Keme nperin-Optimistis-Pertumbuhan-Industri Kosmetik-Sentuh-9-Persen

Leo Hedi Daryanto, Leonardo Budi Hasiholan, A. S. (2019). Daryanto, L. H., dan Hasiholan, L. B. The Influence Of Marketing Mix On The Decision To Purchase Martabak “Setiabudi”Pak Man Semarang. Journal of Management, Vol 5 Nomo

Liputan6. (2019, September). Solusi Merapikan Gigi dengan Teknologi Clear Aligner. Retrieved from Liputan6 website: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4064 199/solusi-merapikan-gigi-dengan-teknologi clear-aligner Mandagi, Kalangi, Mukuan, & D, S, S. (2018). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Android di Gerai IT Center Manado Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 6 (4)

Mendrika, G. S. (2017). Pengaruh Brand Image Terhadap Minat Beli Ulang Oriflame. Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Monavia, A. R. (2021a). Industri Kosmetik Tumbuh 5,59 Persen, Ini Merek Perawatan Tubuh Terlaris pada Agustus 2021. Retrieved from databoks.katadata.co.id website: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/20 21/10/05/industri-kosmetik-tumbuh-559 persen-ini-merek-perawatan-tubuh-terlaris pada-agustus-2021

Monavia, A. R. (2021b). Pertumbuhan Pasar Kosmetik Global Terkontraksi 8% pada 2020 Pertumbuhan Pasar Kosmetik Global (2014 2020). Retrieved from databoks.katadata.co.id website: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/20 21/08/05/pertumbuhan-pasar-kosmetik global-terkontraksi-8-pada-2020

Mukarom, Zaenal and Laksana, M. W. (2015). Manajemen Public Relation (Panduan Efektif Pengelolaan Hubungan Masyarakat). Bandung: Pustaka Setia

Musa Hubeis, Lindawati Kartika, and R. M. D. (2012). Komunikasi profesional : perangkat pengembangan diri (1st ed.; H. Baihaqi, Ed.). Bogor: Bogor : IPB Press, 2012 © 2012. Mustofa, Z. (2017). Pandangan Ulama Nu Ponorogo Terhadap Hukum Dan Jasa Pemasangan Behel. Program Studi Ekonomi Syari ’ Ah Jurusan Syari ’ Ah Dan Ekonomi Islam

Nurcaya, A. I. (2022). PROSPEK INDUSTRI KOSMETIK KIAN CANTIK. Retrieved from Bisnis Indonesia website: https://bisnisindonesia.id/article/prospek industri-kosmetik-kian-cantik

Poerwandari, E. K. (2007). Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia. Depok: LPSP3 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2007

Rataid. (2021). Rata Onboarding. In Company Profile Onboarding Employee. Jakarta. Ruslan, R. (2016). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers

Sangadji, M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen, Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: CV, Andi Offset

Sefudin, A. (2014). REDEFINISI BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) “4P” KE “4C” (Studi Kasus Pada Universitas Indraprasta PGRI)

Journal of Applied Business and Economics, Volume 1 N. Setiawan, I. (2019). Aktivitas Marketing Public Relations dalam Mempertahankan Minat Pendengar Radio 99ers 100FM Bandung

Setyanti, C. A. (2015). Fenomena Kawat Gigi, dari Kebutuhan Jadi Sekadar Aksesori. Retrieved from CNN Indonesia website: https://www.cnnindonesia.com/gaya hidup/20151214153410-255 98138/fenomena-kawat-gigi-dari-kebutuhan jadi-sekadar-aksesori

SindoNews. (2018). 10 Perawatan Tubuh dan Wajah yang Paling Sering Dilakukan. Retrieved from Koran Sindo website: https://lifestyle.sindonews.com/berita/127492 3/186/10-perawatan-tubuh-dan-wajah-yang paling-sering-dilakukan

Straus, A., & Corbin, J. (2013). Dasar-dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Suherman, K. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods PT. Expand Berlian Mulia di Semaran. Jurnal Komunikasi, 8(1), 83–98.

Tresna Wiwitan, & Yulianita, N. (2017). Strategi Marketing Public Relations Perguruan Tinggi Islam Swasta: Peluang dan Tantangan di Era MEA. Vol 10

Wiraditi, R. B., & Sudibyo, A. G. (2020). Strategi Marketing Public Relations Dalam Meningkatkan Brand Image PT . Brodo Ganesha Indonesia. Journal of Creative Communication, 2(1), 51–72

Yenny Yusra. (2019). Startup “Rata” Masuki Pasar Healthtech, Sediakan Solusi Estetika Gigi. Retrieved from DailySocial website: https://dailysocial.id/post/rata-healthtech solusi-estetika-gigi

Yovela & Krisnawati. (2009). Penatalaksanaan Kasus Protrusif Gigi Anterior Atas dengan Kelainan Periodontal pada Pasien Dewasa. Indonesia Journal of Dentistry, 16 (1):25-.

Share

COinS