Abstract
The purpose of this study was to determine the application of PT XYZ's bank loan policy based on PSAK 71: Financial Instruments. Bank loans are one of the solutions to provide funding to support the operational of company. PT XYZ, in carrying out its business, applied for a bank loan to Bank X. The results of this study found that there was a discrepancy in the records made by PT XYZ so that in this case an adjustment was made to the error in the recording so that the recognition, measurement, presentation and disclosure of bank loans made by PT XYZ have already in accordance with the applicable accounting standards in Indonesia, namely PSAK 71: Financial Instruments.
Bahasa Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui penerapan kebijakan pinjaman bank pada PT XYZ berdasarkan PSAK 71: Instrumen Keuangan. Pinjaman bank merupakan salah satu solusi untuk menyediakan pendanaan bagi operasional perusahaan, meningkatkan saldo kas dan setara kas pada sebuah perusahaan. PT XYZ, dalam menjalankan bisnisnya, mengajukan pinjaman bank kepada Bank X. Hasil penelitian ini adalah ditemukan adanya ketidaksesuaian pencatatan yang dilakukan oleh PT XYZ sehingga dalam hal ini dilakukan jurnal penyesuaian atas kesalahan pencatatan tersebut sehingga pengakuan, pengukuran, penyajian, dan pengungkapan pinjaman bank yang dilakukan oleh PT XYZ sudah sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku di Indonesia, yaitu PSAK 71: Instrumen Keuangan.
References
Andita, V., Hermawat, W., & Hartati, N. S. (2019). Pengaruh jumlah pelayanan rawat jalan, rawat IGD dan rawat inap terhadap tingkat pendapatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cideres Kabupaten Majalengka. Jurnal Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cirebon, 14(2), 370-378.
Darma, B. (2021). Statistika penelitian menggunakan SPSS. Guepedia.
Dewi, S. K., & Sudaryanto, A. (2020). Validitas dan reliabilitas kuesioner pengetahuan, sikap dan perilaku pencegahan demam berdarah. In Prosiding Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta (pp. 73-79). Surakarta, Indonesia.
Ekawati, S. S., & Andriani, H. (2022). Strategi bauran pemasaran pelayanan kesehatan Rumah Sakit Yadika Pondok Bambu pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Medika Hutama, 3(2), 2073-2083.
Gultom, D. K., Arif, M., & Fahmi, M. (2020). Determinasi kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepercayaan. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 171-180.
Hakim, R. A., Mustika, I., & Yuliani, W. (2021). Validitas dan reliabilitas angket motivasi berprestasi. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 4(4), 263-268.
Indrasari, D. M. (2019). Pemasaran & kepuasan pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 11 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Rawat Jalan Eksekutif di Rumah Sakit.
Mokoagow, S. M., Samsualam, & Haeruddin. (2023). Pengaruh bauran pemasaran terhadap minat kunjungan ulang pasien rawat jalan. Journal of Muslim Community Health (JMCH), 4(1), 165-180.
Musfar, T. F. (2020). Manajemen pemasaran: Bauran pemasaran sebagai materi pokok dalam manajemen pemasaran(1st ed.). Bandung: Media Sains Indonesia.
Oktarianita, Febriawati, H., & Kurniawan, D. (2020). Hubungan strategi bauran pemasaran dengan loyalitas pasien rawat jalan di RSUD Dr. M. Yunus Provinsi Bengkulu. Jurnal Ilmiah Avicenna, 15(3), 158-224.
Permatasari, C., Sari, R. E., Mecarisce, A. A., Solida, A., & Wardiah, R. (2022). Hubungan persepsi bauran pemasaran dengan loyalitas pasien rawat jalan di Rumah Sakit Umum Kambang Jambi tahun 2022. Manuju: Malahayati Nursing Journal, 4(11), 2925-2936.
Rahmawati, A. Y., Hartono, & Hidayat, M. S. (2022). Pengaruh bauran pemasaran 7P (Product, Price, Place, Promotion, Process, Physical Evidence, dan People) terhadap kepuasan pasien. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, dan Akuntansi (JISMA), 1(3), 149-158.
Sari, M. N. (2023). Analisis strategi marketing pada bisnis rumah sakit untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. BISENTER: Jurnal Bisnis Digital dan Enterpreneur, 1(1), 17-23.
Sasongko, S. R. (2021). Faktor-faktor kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan (Literatur Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan (JIMT), 3(1), 104-114.
Shofwatunida, & Nurmawaty, D. (2022). Analisis penerapan strategi bauran pemasaran 7P untuk peningkatan kunjungan rawat jalan dimasa pandemi Covid-19 di Klinik Griya Husada Bekasi tahun 2021. Jurnal Kesehatan Tambusai, 3(1), 336-349.
Siripipatthanakul, S., & Chana, P. (2021). Service marketing mix (7Ps) and patient satisfaction in clinics: A review article. Journal of Trend in Scientific Research and Development, 5(5), 842-850.
Wijaya, S., & Adriansyah, A. A. (2020). Efektivitas pelaksanaan marketing mix 9P terhadap kepuasan pelayanan klinik rawat jalan Rumah Sakit Jemursari Surabaya. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS. Dr. Soetomo, 6(1), 28-42.
Zulfa, I., & Hariyani, T. (2022). Implementation of the 7P marketing mix in increasing sales volume of powerful SMEs in Kediri Regency during the Covid-19 pandemic. Jurnal Multidisiplin Madani (MUDIMA), 2(1), 229-314.
Recommended Citation
Mayangguna, Cleora and Mutiha, Arthaingan H.
(2023)
"ANALISIS PINJAMAN BANK PADA PT XYZ,"
Jurnal Administrasi Bisnis Terapan: Vol. 5:
Iss.
2, Article 3.
DOI: 10.7454/jabt.v5i2.1077
Available at:
https://scholarhub.ui.ac.id/jabt/vol5/iss2/3