•  
  •  
 

Jurnal Administrasi Bisnis Terapan (JABT)

Abstract

The seven basic elements of the marketing mix (product, price, promotion, place, people, process and physical evidence) have an important role in the marketing strategy of hospital services to achieve patient satisfaction and loyalty. This study aims to determine the level of patient satisfaction and loyalty to the marketing mix, especially in executive outpatient services at ABC Hospital in 2023 using a quantitative descriptive approach. The research instrument was a survey questionnaire with a sample of 84 respondents. The results show the level of patient satisfaction in the marketing mix product elements 63.8%, price 71%, place 64.3%, promotion 59%, people 70.6%, process 48%, physical evidence 67.4%. The biggest dissatisfied elements are promotion 32% and process 31.3%. Patient loyalty of 69.6%.

Bahasa Abstract

Tujuh Elemen dasar bauran pemasaran (product, price, promotion, place, people, process, dan physical evidence) memiliki peranan penting dalam strategi pemasaran jasa rumah sakit demi tercapainya kepuasan dan loyalitas pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan dan loyalitas pasien terhadap bauran pemasaran khususnya pada pelayanan rawat jalan eksekutif di RS ABC pada tahun 2023 dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian berupa kuesioner survei dengan sampel 84 responden. Hasil menunjukkan tingkat kepuasan pasien pada bauran pemasaran elemen product 63,8%, price 71%, place 64,3%, promotion 59%, people 70,6%, process 48%, physical evidence 67,4%. Elemen tidak puas terbesar adalah promotion 32% dan process 31,3%. Loyalitas pasien sebesar 69,6%.

References

Andita, V., Hermawat, W., & Hartati, N. S. (2019). Perngaruh Jumlah Pelayanan Rawat Jalan, Rawat IGD dan Rawat Inap terhadap Tingkat Pendapatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cideres Kabupaten Majalengka. Jurnal Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cirebon, 14(2), 370-378.

Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS. Guepedia.

Dewi, S. K., & Sudaryanto, A. (2020). Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Pencegahan Demam Berdarah. (pp. 73-79). Surakarta: Prosiding Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ekawati, S. S., & Andriani, H. (2022). Strategi Bauran Pemasaran Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Yadika Pondok Bambu pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Medika Hutama, 3(2), 2073-2083.

Gultom, D. K., Arif, M., & Fahmi, M. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 171-180.

Hakim, R. A., Mustika, I., & Yuliani, W. (2021). Validitas dan Reliabilitas Angket Motivasi Berprestasi. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 4(4), 263-268.

Indrasari, D. M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 11 Tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan Pelayanan Rawat Jalan Eksekutif di Rumah Sakit.

Mokoagow, S. M., Samsualam, & Haeruddin. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Jalan. JournalofMuslim Community Health (JMCH), 4(1), 165-180.

Musfar, T. F. (2020). Manajemen Pemasaran Bauran Pemasaran sebagai Materi Pokok dalam Manajemen Pemasaran (1 ed.). Bandung: Media Sains Indonesia.

Oktarianita, Febriawati, H., & Kurniawan, D. (2020). Hubungan Strategi Bauran Pemasaran dengan Loyalitas Pasien Rawat Jalan di Rsud Dr. M. Yunus Provinsi Bengkulu. Jurnal Ilmiah Avicenna, 15(3), 158-224.

Permatasari, C., Sari, R. E., Mecarisce, A. A., Solida, A., & Wardiah, R. (2022). Hubungan Persepsi Bauran Pemasaran Dengan Loyalitas Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Kambang Jambi Tahun 2022. Manuju: Malahayati Nursing Journal, 4(11), 2925-2936.

Rahmawati, A. Y., Hartono, & Hidayat, M. S. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran 7P (Product, Price, Place, Promotion, Process, Physical Evidence, dan People) terhadap Kepuasan Pasien. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, dan Akuntansi (JISMA), 1(3), 149-158.

Sari, M. N. (2023). Analisis Strategi Marketing Pada Bisnis Rumah Sakit Untuk meningkatkan Kepuasan Pelanggan. BISENTER: Jurnal Bisnis Digital dan Enterpreneur, 1(1), 17-23.

Sasongko, S. R. (2021). Faktor-faktor Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan (Literatur Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan (JIMT), 3(1), 104-114.

Shofwatunida, & Nurmawaty, D. (2022). Analisis Penerapan Strategi Bauran Pemasaran 7P untuk Peningkatan Kunjungan Rawat Jalan dimasa Pandemi Covid-19 di Klinik Griya Husada Bekasi Tahun 2021. Jurnal Kesehatan Tambusai, 3(1), 336-349.

Siripipatthanakul, S., & Chana, P. (2021). Service Marketing Mix (7Ps) and Patient Satisfaction in Clinics: A Riview Article. Journal of Trend in Scientific Research and Development, 5(5), 842-850.

Wijaya, S., & Adriansyah, A. A. (2020). Efektivitas Pelaksanaan Marketing Mix 9P Terhadap Kepuasan Pelayanan Klinik Rawat Jalan Rumah Sakit Jemursari Surabaya. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS. Dr. Soetomo, 6(1), 28-42.

Zulfa, I., & Hariyani, T. (2022). Implementation of the 7P Marketing Mix in Increasing Sales Volume of Powerful SMES in Kediri Regency During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Multidisiplin Madani (MUDIMA), 2(1), 229-314.

Share

COinS