•  
  •  
 

Hubungan Karakteristik Ibu dengan Sikap Responsif Anak

Abstract

Sikap responsif seorang anak terhadap ibunya merupakan salah satu sikap yang akan terbentuk melalui pola pengasuhan. Pola asuh tidak terlepas dari karakterstik dalam diri orang tua, terlebih ibu. Karakteristik tersebut memberi warna dalam pola asuh yang diterapkan pada anak. Berdasarkan hal tersebut, studi ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara karakteristik ibu dengan sikap responsif pada anak. Studi ini menggunakan desain penelitian cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan metode online survey dan wawancara yang disertai observasi. Subjek studi sebanyak 88 responden. Sikap responsif anak dilihat dari reaksi yang kuat selama berinteraksi dengan ibu maupun bertutur atau berceloteh dengan ibu atau pengasuh. Sebagian besar responden berusia 18-35 tahun (64,8%), memiliki pendidikan yang rendah dan menengah (85,2%), dan tidak bekerja (84,1%). Hasil uji chi square dan regresi logistik sederhana menunjukkan hubungan yang bermakna secara statistik antara status pekerjaan ibu dengan sikap responsif anak, dimana anak dari ibu yang bekerja memiliki kemungkinan lebih besar untuk bersikap responsif, baik dilihat dari reaksi yang kuat selama interaksi (OR=3,9; 95% CI=0,998-15,013; p<0,05) maupun bertutur kata dalam 5 detik setelah perkataan ibu (OR=3,5; 95% CI=0,995-12,081; p<0,05). Pada penelitian ini, tidak terbukti adanya hubungan antara usia ibu (p=0.803) dan pendidikan ibu (p=0.066) dengan sikap responsif anak. Dari hasil studi ini, disarankan bagi ibu yang bekerja untuk mengatur waktu supaya tetap kondusif dalam mengasuh anak karena status ibu bekerja mempengaruhi sikap responsif anak.

References

1. Jonata WP. Upaya Wanita Karir Dalam Membimbing Anak.Skripsi. 2019; 2. Widadaningtyas L. Hubungan Pola Asuh Authoritative IbuBekerja Terhadap Emosi Anak Saat Belajar di Masa Belajardari Rumah di Kecamatan Patrang. 2021. 3. Nasucha A, Indriawati P, Nuraini T. Perbedaan KemandirianAnak Usia Pra Sekolah Ditinjau Dari Ibu Bekerja dan IbuRumah Tangga di Sekolah Alam Jabalussalam BalikpapanTahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Edueco. 2019;2(1):1–4. 4. Suharsono JT, Fitriyani A, Upoyo AS. Hubungan Pola AsuhOrang Tua Terhadap Kemampuan Sosialisasi Pada AnakPrasekolah di TK Pertiwi Purwokerto Utara. JurnalKeperawatan Soedirman. 2009;4(3):112–8. 5. Ariyanti A. Perbedaan Perkembangan Anak Balita Pada IbuBekerja dan Ibu Tidak Bekerja Penilaian MenggunakanMetode Denver II. 2010. 6. BPS. Persentase Tenaga Kerja Formal Menurut Jenis Kelamin(Persen), 2019-2021. bps.go.id. 2018. p. 2–3. 7. Day N. Hubungan Pola Asuh Orang Tua TerhadapKemampuan Sosialisasi Pada Anak Usia Prasekolah di TK AlHuda Karah Agung Surabaya. Universitas Merdeka; 2018. 8. Maryam S. Gambaran Tingkat Pendidikan dan Pola AsuhIbu pada Anak Usia Dini di Gampong Pante Gajah KecamatanMatang Glumpang Dua Kabupaten Bireuen. Gender EqualityInternational Journal of Child and Gender Study. 2017;3(2):67–76. 9. Anme T, Shinohara R, Sugisawa Y, Tong L, Tanaka E,Watanabe T, et al. Interaction Rating Scale (IRS) As anEvidence-Based Practical Index of Children’s Social Skills andParenting. Journal Epidemiology. 2010; 10. Depkes RI. Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi danIntervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) Anak.Departemen Kesehetan Republik Indonesia. DepKes RI,Jakarta dalam http://www. depkes. go. id/donwload. phpdiakses 10 Juni 2022 2016. 11. Azizah LN. Hubungan Karakteristik Ibu dengan PerilakuIbu dalam Memberikan Stimulasi Perkembangan Anak UsiaPrasekolah 3-6 Tahun di TK ABA 32 Malang. UniversitasBrawijaya. Malang; 2014. 70–76 p. 12. Soetjiningsih S, Moersintowarti T, Hariyono S. Buku AjarTumbuh Kembang Anak dan Remaja. Edisi; 2002. 13. Notoatmodjo S. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. 2003; 14. Liliweri A. Dasar-Dasar Komunikasi Antar Budaya. 2020; 15. Koentjaraningrat D. Kamus Antropologi Budaya. Jakarta:Progres; 2003. 16. FITRIYANI ANI. Karakteristik Pengetahuan dan Sikap IbuTerhadap Pemberian Stimulasi Pada Anak Usia Toddler (1-3Tahun) di Posyandu Desa Sokaraja Kulon KecamatanSokaraja Kabupaten Banyumas. Universitas MuhammadiyahPurwokerto; 2009. 17. Azizah NN. Gambaran Stimulasi Perkembangan Oleh IbuTerhadap Anak Usia Prasekolah di TKIT Cahaya AnandaDepok. Fak Ilmu Keperawatan PSIK, Universitas Indonesia.2012; 18. Anna Y. Working Mom & Kid. Jakarta Elex MediaKomputindo. 2007; 19. Safa M. Peran Ibu dalam Membentuk Kepribadian Anak (Analisis Pemikiran Zakiah Daradjat). UIN Raden Intan Lampung; 2017. 20. Purwanto MN. Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. 2019; 21. Putrianti FG. Kesuksesan Peran Ganda Wanita Karir Ditinjau dari Dukungan Suami, Optimisme, dan Strategi Coping. 2007;

This document is currently not available here.

Share

COinS