•  
  •  
 

Abstract

Upaya organisasi meningkatkan produksi jasa pelayanan kesehatan melalui implementasi Quality Management System ISO 9001:2000 secara sistematis, menyeluruh dan sinambung seharusnya mampu menampilkan kinerja yang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai peran implementasi QMS ISO 9001:2000 terhadap kinerja Rumah Sakit Duren Sawit yang akan diukur melalui pendekatan kerangka strategis Balanced Scorecard serta identifikasi kesenjangan dalam organisasi untuk menganalisis kesiapan implementasi manajemen strategis Balanced Scorecard di Rumah Sakit Duren Sawit. Hasil penelitian menggambarkan bahwa melalui pemahaman dan implementasi yang QMS ISO 9001:2000 konsistensi, Rumah Sakit Duren Sawit mampu menghasilkan kinerja organisasi yang efektif dan efisien. serta berhasil menganalisis kesiapan Rumah Sakit Duren Sawit untuk mengimplementasikan manajemen strategis Balanced Scorecard melalui identifikasi kesenjangan dalam mengumpulkan sumber informasi untuk mengukur indikator-indikator hasil yang merupakan rambu-rambu bagi keberhasilan pencapaian sasaran strategis organisasi.

The organization effort to improve health care service production through implementation of Quality Management System ISO 9001:2000 in a systematic, comprehensively and continuously should results in effective and efficient performance. This study objective is to observe the role of Quality Management System ISO 9001:2000 implementation on performance of Duren Sawit Hospital measured by Balance Scorecard strategic frame approach to analyze the readiness of the hospital to implement Balance Scorecard strategic management. The study results show that through understanding and consistent implementation of QMS ISO 9001:2000 Duren Sawit Hospital can produce effective and efficient organization performance. This study also provide analysis on the readiness of Duren Sawit Hospital to implement Balance Scorecard strategic management and identify the gaps of sources of information to measure indicators to achieve organization strategic objectives.

References

  1. Aditama, Tjandra Yoga, 2002. Manajemen Administrasi Rumah Sakit, Universitas Indonesia, Jakarta : xiii + 371 hlm.
  2. Mulyadi, 2001. Alat Manajemen Kontemporer Untuk Pelipatganda Kinerja Keuangan Perusahaan Balanced Scorecard, Salemba Empat, Jakarta : xxx + 343 hlm.
  3. Azwar Azrul, 1988. Pengantar Administrasi Kesehatan, Edisi ketiga, Binarupa Aksara, Jakarta : xi + 351 hlm.
  4. Garsperz, Vincent, 2002. ISO 9001:2000 And Continual Quality Improvement, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta : vii + 189 hlm.
  5. Hadiwiardjo, 2000. Memasuki Pasar Internasional dengan ISO 9000 : Sistem Manajemen Mutu, Ghalia Indonesia, Jakarta.
  6. Tangkilisan, Hessel Nogi S., 2003. Manajemen Modern Untuk Sektor Publik, Strategic Management, Total Quality Management, Balanced Scorecard, Scenario Planning, Balairung & Co, Yogyakarta : viii + 233 hlm.
  7. Tunggal, Amin Widjaja, 1995. Kamus Akuntansi, Rineka Cipta, Jakarta : viii + 209 hlm.
  8. Suardi, Rudi, 2003. Sistem Manajemen Mutu ISO 9000:2000, Penerapannya Untuk Mencapai TQM, PPM, Jakarta : xi + 162 hlm.
  9. Garsperz, Vincent, 2003. Sistem Manajemen Kinerja Terintegrasi Balanced Scorecard Dengan Six Sigma Untuk Organisasi Bisnis dan Pemerintah, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta : viii + 324 hlm.
  10. Kaplan, Robert S., Norton, David P., 2000. Menerapkan Strategi Menjadi Aksi Balanced Scorecard, Erlangga, Jakarta : x + 276 hlm.
  11. Umar, Husein, 2003. Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa Ghalia Indonesia, Jakarta : x + 229 hlm.
  12. Moleong, Lexy J., 1991. Metodologi Penelitian Kualitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung : xvii + 253 hlm.
  13. Kresno, Sudarti, et all, 1998. Aplikasi Penelitian Kualitatif dalam Pemantauan dan Evaluasi Program Kesehatan, FKM, UI dan Pusat Data Kesehatan Departemen Kesehatan RI, Jakarta : ii + 63 hlm.
  14. Djahidin, Farid, 1985. Analisa Laporan Keuangan, Ghalia Indonesia, Jakarta : 176 hlm.
  15. Sadikin Iskandar, 2005. Bunga Rampai Kriteria Bisnis Malcolm Baldridge National Quality Award (MBNQA), Telkom Training Centre dan Wahana Kendali Mutu, Bandung :vi + 236 hlm.
  16. Wijono, Djoko, 1999. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan, Teori, Strategi dan Aplikasi, Volume 1, Airlangga University Press, Surabaya : xxxviii + 619 hlm.

Included in

Health Policy Commons

Share

COinS