•  
  •  
 

Jurnal Komunikasi Indonesia

Authors

Angga Ariestya

Abstract

Situasi banjir informasi pada era media baru, membuat media online beramai-ramai mengejar traffic. Salah satu cara menarik audiens adalah dengan membuat bingkai-bingkai berita yang beragam untuk mendapatkan perhatian audiens. Bentuk bingkai berita yang cukup sering ada pada berita online di Indonesia adalah bingkai kata merakyat untuk mengkategorikan pemimpin politik yang ideal untuk rakyat saat ini. Bingkai berita dengan kata merakyat sesungguhnya adalah bingkai heuristik contoh-kategori yang telah ada penelitiannya di bidang psikologi. Premisnya bahwa contoh-kategori memiliki efek penilaian heuristik terhadap individu. Penilaian heuristik adalah penilaian yang berlangsung secara otomatis dan cepat dalam menilai suatu kalimat atau pesan yang telah dibingkai. Penelitian ini menjadi menarik ketika dibawa ke ranah komunikasi untuk melihat apakah bingkai berita pada berita online dengan contoh-kategori (misalnya kata-kata merakyat) memiliki efek penilaian heuristik individu. Karakteristik media online yang begitu cepat menyajikan berita dalam beraneka raga bingkai diprediksi memiliki dampak bagi individu. Apalagi dengan adanya media baru, pola audiens dalam mengonsumsi media telah bergeser dengan adanya unsur selektivitas dan interaktivitas. Metode penelitian yang digunakandalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen. Hasil penelitian eksperimen ini mengkonfirmasistudi Tversky & Kahneman (2002) mengenai penilaian heuristik.

The information flooding in this era of new media has intensified competition for traffic among online media. One of many ways to attract target audiences is to create diverse news frames. The fairly common form of news frame in online media in Indonesia is the “populist” word frame to categorize ideal political leader of the people. The news frame with the word “populist” is actually a sample-category heuristic frame that has existed in psychology. The premise is that the sample-category has an individual heuristic judgement effect. The heuristic judgement is an automatic and rapid assessment of framed sentence or message. Thisresearch becomes interesting when it is brought to the realm of communication to see if the news frames in the online media that use sample-category (e.g. populist words) generate individual heuristic judgement effects. The characteristics of online media that quickly present the news in various frames are predicted to have an impact on individuals. Especially with the new media, the audience’s pattern in consuming media has shifted with the element of selectivity and interactivity. The research method used in this research is quantitative experiment. The results of this experimental study confirm the study of Tversky & Kahneman (2002) on heuristic assessment.

Share

COinS