Abstract
Pandemi COVID-19 yang menyebar di Indonesia pada bulan Maret 2020 telah memberikan dampak signifikan pada industri pariwisata. Diketahui, jumlah kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara mengalami penurunan yang sangat drastis. Hal ini membuat banyak perusahaan yang bergerak di bidang jasa wisata harus melakukan inovasi, adaptasi dan kolaborasi agar dapat bertahan di tengah pandemi COVID-19, salah satunya adalah Tiket.com. Tiket.com merupakan perusahaan berbasis teknologi yang menyediakan layanan pemesanan, seperti tiket penerbangan, tiket kereta api, tiket atraksi wisata, hotel, sewa mobil dan sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi penanda (signifier) dan petanda (signified) iklan Tiket.com versi “Senyum Pariwisata Indonesia” serta memaknai denotasi dan konotasi didalamnya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi atau pengamatan secara langsung di lingkungan penelitian, dalam hal ini kantor Tiket.com. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis semiotika dengan berlandaskan pada teori Roland Barthes. Selanjutnya, hasil penelitian menunjukkan bahwa Tiket.com sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa berhasil melayani dan memenuhi kebutuhan konsumen dengan memperhatikan aspek dimensi kualitas layanan. Bagi peneliti selanjutnya, terdapat hal yang dapat diteliti lebih lanjut, seperti menggunakan metode kuantitatif untuk mengetahui seberapa besar pengaruh layanan iklan sebagai salah satu strategi pemasaran Tiket.com.
References
Aiolfi, S., Bellini, A., & Pellegrini, D. (2021). Data-driven digital advertising: Benefits and risks of online behavioral advertising. International Journal of Retail & Distribution Management, 49(7), 1089-1110. https://doi.org/10.1108/IJRDM-10-2020-0410
Belanche, D., Cenjor, I., & Pérez-Rueda, A. (2019). Instagram stories versus Facebook wall: An advertising effectiveness analysis. Spanish Journal of Marketing, 23(1), 69-94. https://doi.org/10.1108/SJME-09-2018-0042
Ciunova-Shuleska, A., Palamidovska, N., & Grishin, M. (2013). Maximizing the value of internet- based corporate travel reservation systems. Communications of the ACM, 44(11), 57-63. https://doi.org/10.1145/384150.384162
Fang, L., Lu, Z., & Dong, L. (2020). Differentiating service quality impact between the online and offline context: An empirical investigation of a corporate travel agency. International Hospitality Review, 35(1), 3-18. https://doi.org/10.1108/IHR-01-2020-0003
Hutahayan, B. (2019). Factors affecting the performance of Indonesian special food SMEs in entrepreneurial orientation in East Java. Asia Pacific Journal of Innovation and Entrepreneurship, 13(2), 231-246. https://doi.org/10.1108/APJIE-09-2018-0053
Kannan, P. K. (2017). Digital marketing: A framework, review, and research agenda. International Journal of Research in Marketing, 34(1), 22-45.https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2016.11.006
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2020). Laporan kinerja Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2020. https://s3-kemenparekraf.s3.ap-southeast- 1.amazonaws.com/LAKIN_Kemenparekraf_2020_UPDATE_UPLOAD_20082021_da6e523 2c6.pdf
Kerr, G. B., & Richards, J. I. (2020). Redefining advertising in research and practice. International Journal of Advertising, 40(2), 1-24. https://doi.org/10.1080/02650487.2020.1769407
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education. Kusuma, P. K. N., & Nurhayati, I. K. (2017). Analisis semiotika Roland Barthes pada ritual otonan di Bali. Jurnal Manajemen Komunikasi, 1(2), 195-217.
https://doi.org/10.24198/jmk.v1i2.10519
Lang, S., & Ivanov-Gongne, M. (2019). CSR communication in stakeholder networks: A semiotic perspective. Baltic Journal of Management, 14(3), 480-499. https://doi.org/10.1108/BJM-08- 2017-0262
Puteri, B. D. Y. (2017). Analisis semiotik pada iklan-iklan Aqua di media televisi. Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya, 4(1), 160-176. https://doi.org/10.26740/paramasastra.v4n1.p%p
Riwu, A., & Pujiati, T. (2018). Analisis semiotika Roland Barthes pada film 3 Dara (Kajian semiotika). DEIKSIS, 10(3), 212-223. http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v10i03.2809
Schwab, K. (2016). The fourth industrial revolution. Crown Business. Taylor, C. R., & Carlson, L. (2021). The future of advertising research: New directions and research
needs. Journal of Marketing Theory and Practice, 29(1), 51-62.
https://doi.org/10.1080/10696679.2020.1860681
Tjiptono, F. (2011). Service management: Mewujudkan layanan prima (2nd ed.). Andi. Tjiptono, F. (2017). Pemasaran jasa. Andi. Torres, E. N. (2014). Deconstructing service quality and customer satisfaction: Challenges and
directions for future research. Journal of Hospitality Marketing and Management, 23(6), 652-
677. https://doi.org/10.1080/19368623.2014.846839 UNWTO. (2020). Global and regional tourism performance: International tourism receipts.
https://www.unwto.org/global-and-regional-tourism-performance
Wedel, M., & Kannan, P. K. (2016). Marketing analytics for data-rich environments. Journal of Marketing, 80(6), 97-121. https://doi.org/10.1509/jm.15.0413
We Are Social. (2022). The global state of digital in October 2022. https://wearesocial.com/us/blog/2022/10/the-global-state-of-digital-in-october-2022/
WHO. (2020). Coronavirus disease (COVID-19). https://www.who.int/health- topics/coronavirus#tab=tab_1
Recommended Citation
Agustin, Amelia Herlia; Auliya, Anisatul; and Prianti, Diani Mustika
(2023)
"ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA KUALITAS LAYANAN IKLAN TIKET.COM VERSI SENYUM PARIWISATA INDONESIA,"
Jurnal Sosial Humaniora Terapan: Vol. 5:
Iss.
1, Article 8.
DOI: 10.7454/jsht.v5i1.1020
Available at:
https://scholarhub.ui.ac.id/jsht/vol5/iss1/8