•  
  •  
 

Abstract

Copywriter merupakan salah satu peran yang penting dalam perusahaan periklanan. Copywriter berperan untuk merancang konsep komunikasi iklan dan seluruh eksekusi berbasis tulisan sesuai dengan kebutuhan klien. Termasuk ketika sebuah produk ingin membangun awareness dari produk yang baru diluncurkan. Tulisan ini membahas peran copywriter pada agensi Isobar Indonesia dalam menjawab kebutuhan Sarimi untuk membangun awareness dari produk Sarimi Puass Mi Goreng Rasa Fried Chicken. Secara berkelanjutan, tujuan pemasaran yang diharapkan adalah meningkatkan penjualan produk Sarimi Puass. Dalam kampanye periklanan ini, media yang digunakan adalah Instagram resmi Sarimi @sarimi_id. Strategi pemasaran dan Copywriting disesuaikan dengan karakteristik target audiens kampanye Sarimi Puass yaitu masyarakat sub-urban pekerja keras, yang dikenal dengan istilah Domestic Juggler. Metode yang digunakan dalam menyusun Copywriting didasarkan pada konten pilar untuk menyampaikan pesan iklan kepada audiens, yakni 1) konten informatif yang menitikberatkan pesan pada keunggulan Unique Selling Point (USP) dan 2) konten hiburan interaktif yang berfungsi untuk menghibur dan berinteraksi agar dapat meningkatkan engagement. Hasilnya, kampanye Sarimi Puass dapat berjalan dengan baik sesuai dengan perencanaan editorial plan, evaluasi internal, hingga evaluasi kebutuhan klien dan media sosial.

References

Aaker, D. (2014). Aaker on Branding, 20 Principles That Drive Success. Morgan James Publishing. Barreda, A. A., Bilgihan, A., Nusair, K., & Okumus, F. (2015). Generating Brand Awareness in Online Social Network. Computers in Human Behavior, 600-609. Bright, A. C. (2017). Social Media Strategy: Marketing and Advertising in the Consumer Revolution. Journalism & Mass Communication Educator, 113-115. Cashman, J. (2014). The Big Book of Digital Marketing. Digital Firefly Marketing. Doctoroff, T. (2014). Why Traditional Media Isn't Dying -- And Four Other Myths of the Digital Era Dispelled. Retrieved from Huffington Post: http://www.huffingtonpost.com/tom-doctoroff/why-traditional-media-isn_b_6098320.html Eastin, M., Daugherty, T., & Burns, N. (2010). Handbook of Research on Digital Media and Advertising. IGI Global. Geskey, R. D. (2015). Media Planning & Buying in the 21st Century, Integrating Traditional & Digital Media. 2020: Marketing Communications LLC. Helix Personas. (2020). Helix Personas. Retrieved from Helix Personas: http://helixpersonas.co.id/browse/indonesian-achievers/personas/402-domestic-jugglers/overview Kalyanam, K., & Mcintyre, S. (2002). The E-Marketing Mix. Journal of the Academy of Marketing Science, 30(4), 487-499. Katz, H. (2016). The Media Handbook, A Complete Guide to Advertising Media Selection, Planning, Research, and Buying. New York: Routledge. Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Principles of Marketing. Essex: Pearson. McClung, R. (2016). The History, Application, and Worth of Copywriting. Retrieved from Course Hero: https://www.coursehero.com/file/107139872/McClung-The-HistoryApplication-and-Worth-of-Copywritingdocx/ Mona, N., Priyandhini, B., & Hermansyah, J. (2022). Digital Campaign Strategy to Increase Brand Awareness for Darlie Indonesia's New Product. Retrieved from https://www.mdpi.com/2504-3900/83/1/24 Quinn, C. (n.d.). Social Media Strategy Wheels. Retrieved from Enable Marketing: https://www.enablemarketing.ie/wp-content/uploads/Social-Media-Strategy-Wheel.pdf Rahmat, J. (2005). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Rainmaker Digital, LLC. (2016). Copywriting 101, How to Craft Compelling Copy. Retrieved from Copyblogger: www.copyblogger.com Rodgers, S., & Thorson, E. (2012). Advertising Theory. Hoboken: Taylor & Francis. Straubhaar, J., LaRose, R., & Davenpo, L. (2012). Media Now 7th Edition. Boston MA: Wadsworth. Sugiyama, K., & Andree, T. (2011). The Dentsu Way: Secrets of Cross Switch Marketing from the World's Most Innovative Advertising Agency. New York: McGraw Hill Professional. Sukirno, F. S., & Harianto, S. (2017). Pergeseran Gaya Hidup Masyarakat Sub Urban Area di Kota Mojokerto. Paradigma, 5(1), 1-10. Tritama, H. B., & Tarigan, R. E. (2016). The Effect of Social Media to The Brand Awareness of A Product of A Company. Communication and Information Technology Journal , 9-14. Varadarajan, Y. (2002). Marketing Strategy and The Internet: An Organizing Framework. Journal of the Academy of Marketing Science, 30(4), 296-312. Weber, P., & Schweiger, W. (2017). Content Effects: Advertising and Marketing. In P. Roessler , International Encyclopedia of Media Effects. NJ: Wiley-Blackwell. Weick, K. E. (1979). The Social Psychology of Organizing. McGraw-Hill.

Share

COinS