•  
  •  
 

Jurnal Sosial Humaniora Terapan

Abstract

Dalam usaha pencapaian tujuan oleh lembaga yang bergerak di bidang jasa sewa kamar, manajemen pengelolaan jasa rumah kos tidak hanya menghadapi permasalahan pada tingkat hunian namun juga kesiapan menghadapi perubahan metode belajar yang menurunkan tingkat hunian. Untuk mempertahankan pelanggan maka pemilik kos harus melakukan strategi Pemasaran Jasa serta kualitas pelayanan sehingga terciptanya kepuasan dan loyalitas dari penghuni kamar kos terhadap layanan pengelola. Jika pengelola kos-kosan kehilangan penghuninya, maka kehilangan tidak hanya keuntungan dari transaksi yang telah terjadi, tetapi juga kemungkinan penjualan kamar kos di masa yang akan datang pun akan terancam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh bauran pemasaran jasa dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada usaha rumah kos di Panam Pekanbaru dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediator. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis dan sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari hasil penelitian secara empiris melalui penyebaran kuesioner kepada pelanggan rumah kos di Panam Pekanbaru yang dijadikan sampel, sampel dalam penelitian ini Service Marketing, Service Quality, Customer Satisfaction and Customer Loyalty berjumlah 140 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah SEM SMART-pls 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Bauran pemasaran jasa dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Bauran pemasaran jasa berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Kualitas pelayanan tidak berpengaruh secara terhadap loyalitas pelanggan. Bauran pemasaran jasa dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Pada penelitian ini membuktikan bahwa bauran pemasaran jasa dan kualitas pelayanan mampu meningkatkan kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan pelanggan rumah kos di Panam Pekanbaru

References

Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. 2017. Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran. Azhar, M. E., Jufrizen J., Prayogi, M.A., and Sari M. (2019). The Role of Marketing Mix and Service Quality on Tourist Satisfaction and Loyalty at Samosir. Independent Journal of Management & Production 10(5):1662. doi: 10.14807/ijmp.v10i5.937. Griffin, J. (2003). Customer Loyality : Menumbuhkan Dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Hair, J. F., Christian M. R., and Sarstedt M. (2012). “The Better Approach to Structural Equation Modeling?” Long Range Planning. Herawati, A., Pradhanawati A., and Dewi R. (2013). “Pengaruh Bauran Pemasaran Ritel Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Alfamart Di Kecamatan Tembalang Semarang.” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip 2(2):103274. Hurriyati, R. (2015). Bauran Pemasaran Dan Loyalitas KonsumenNo Title. Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumen. Jawdat J. K. (2019). Dimensions of Service Marketing Mix and Its Effects on Customer Satisfaction. Https://Scholar.Googleusercontent.Com/Scholar?Q=cache:TNOxDBCFqUYJ:Scholar.Google.Com/+service+marketing+mix+&hl=en&as_sdt=0,5 81(December):4846–55. Joudeh, J. M. M., and Ala’ O. D. (2018). Service Quality, Customer Satisfaction and Loyalty in an Internet Service Providers. International Journal of Business and Management 13(8):108. doi: 10.5539/ijbm.v13n8p108. Kotler, P. (2018). Why Broadened Marketing Has Enriched Marketing. AMS Review. Kotler, P, and Amstrong G. (2012). Marketing. Kotler, P, and Armstrong G. (2018). Principles of Marketing 17th Global Edition. Kotler, P, and Keller K.L. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi Kedua Belas Jilid 1.Penerbit: PT. Indeks. Jakarta. Latan, H., and Ghozali I. (2015). Partial Least Saquares Konsep , Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris :Universitas Diponegoro.” Universitas Diponegoro. Lupiyoadi, R. (2014). Dinamika Bisnis Jasa Dan Pentingnya Pemasaran Jasa. Akademik. Mariska, Z., and M. Shihab. (2016). Pengaruh Dimensi Service Quality Terhadap Kepuasan Tamu Hotel Dan Dampaknya Terhadap Behaviour Intention (Studi Kasus Pada Hotel Aston Kuningan Suites-Jakarta). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya 14(2):217–34. doi: 10.29259/jmbs.v14i2.4004. Ngo, M. V., and Nguyen H.H. (2016). The Relationship between Service Quality, Customer Satisfaction and Customer Loyalty: An Investigation in Vietnamese Retail Banking Sector. Journal of Competitiveness 8(2):103–16. doi: 10.7441/joc.2016.02.08. Noviana, B.I. (2013). Pengaruh Service Marketing Mix Terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Amaris Surabaya Brigita Inggrid Noviana Mahasiswa Program Manajemen Perhotelan, Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen Petra.” 2013 (2013):472–82. Nuryadin, A., Mahfudnurnajamuddin, and Hasan S. Mapparenta. (2021). “The Effect of Marketing Mix, Service Quality and Trust on Customer Satisfaction and Loyalty at PT. Great Indonesian Milagros.” International Journal of Research and Review 8(2):127–41. doi: 10.52403/ijrr.20210221. Ofosu-Boateng, I., and Acquaye P. (2020). Effects of Service Quality and Customer Satisfaction on Customers’ Loyalty in the Hospitality Industry of Ghana. European Journal of Business and Management Research 5(5):1–9. doi: 10.24018/ejbmr.2020.5.5.538. Oliver, R. L. (2011). Customer Satisfaction Research. in The Handbook of Marketing Research. Othman, B. A., Harun A., Rashid W.N., Nazeer S., Kassim A.W.M., and Kadhim K.G. 2019. The Influences of Service Marketing Mix on Customer Loyalty towards Umrah Travel Agents: Evidence from Malaysia. Management Science Letters 9(6):865–76. doi: 10.5267/j.msl.2019.3.002. P. Ginting, B. Sembiring D. Gultom. (2014). “Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.” Manajemen Dan Bisnis 14(01):21–33. Pereira, D., Giantari, N.G.K, and Sukaatmadja I.P.G. (2016). Pengaruh Service Quality Terhadap Satisfaction Dan Customer Loyalty Dadirah Di Dili Timor-Leste. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, ISSN: 2337-3067 5(2):455–88. Puung F.K., Fudholi A., Dharmmesta B.S. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Pada Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Di Salon Dan Spa. Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi 4(2):105–10. doi: 10.22146/jmpf.274 Rumiyati, R., and Syafarudin A. (2021). The Influence of Service Quality, Marketing Mix, on Bank Customer Satisfaction in the Era Covid-19. Ilomata International Journal of Tax and Accounting 2(1):84–96. doi: 10.52728/ijtc.v2i1.206. Setianingsih, A. (2018). Hubungan Bauran Pemasaran Dan Layanan Pelanggan Dengan Loyalitas Pasien. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat 7(01):51–62. doi: 10.33221/jikm.v7i01.52. Soendoro, H. (2015). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Hotel Swiss Belinn Ska Di Di Kota Pekanbaru. Faculty of Economic Riau University 4 No 1:1–14. Souar, Y., Mahi K., and Ameur I. (2015). The Impact of Marketing Mix Elements on Customer Loyalty for an Algerian Telecommunication Company. Expert Journal of Marketing 3(1):1–10. Subagiyo, R., and Adlan M.A. (2017). Pengaruh Service Quality, Marketing Mix Dan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Customer Loyalty. Jurnal Ekonomi Modernisasi 13(1):1. doi: 10.21067/jem.v13i1.1567. Sudjianto, E. Y., and Japarianto E. (2017). Pengaruh Perceived Service Quality Terhadap Customer Loyalty Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variable Intervening Di Hotel Kartika Graha Malang. Jurnal Manajemen Pemasaran 11(2):54–60. doi: 10.9744/pemasaran.11.2.54-60. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian. Sugiyono. Swastha, B., Irawan. (2014). Manajemen Pemasaran Modern. Tjiptono, and Fandy. (2015). Strategi Pemasaran. Tjiptono, F., and Chandra G. (2004a). Service, Quality Dan Satisfaction. Yogyakarta; Jurnal of Business and Management Sciences. Tjiptono, F., and Chandra G.. (2004b). Service, Quality Dan Satisfaction. Yogyakarta; Jurnal of Business and Management Sciences. doi: 10.12691/jbms-4-4-1. Wadud, Muhammad. (2017). Bauran Pemasaran Jasa (3 Ps : People, Process & Physical Evidence) Bagi Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini 8(01):21–29. Widjaja, A. (2008). Dasar Dasar Customer Relationship Management. Harvarindo, Jakarta. Wiyono, Gendro. (2011). Merancang Penelitian Bisnis Dengan Alat Analisis SPSS 17.0 & SmartPLS 2.0. Zeithaml & Bitner, (2004) dalam, and Riduwan 20). 2013. Manajemen Pemasaran Internasional Jilid II Salemba Empat.”PhD Proposal. Zeithaml V; Berry L; Parasuraman A. (1998). SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. J Retailing.

Share

COinS