Abstract
Dalam usaha pencapaian tujuan oleh lembaga yang bergerak di bidang jasa sewa kamar, manajemen pengelolaan jasa rumah kos tidak hanya menghadapi permasalahan pada tingkat hunian namun juga kesiapan menghadapi perubahan metode belajar yang menurunkan tingkat hunian. Untuk mempertahankan pelanggan maka pemilik kos harus melakukan strategi Pemasaran Jasa serta kualitas pelayanan sehingga terciptanya kepuasan dan loyalitas dari penghuni kamar kos terhadap layanan pengelola. Jika pengelola kos-kosan kehilangan penghuninya, maka kehilangan tidak hanya keuntungan dari transaksi yang telah terjadi, tetapi juga kemungkinan penjualan kamar kos di masa yang akan datang pun akan terancam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh bauran pemasaran jasa dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada usaha rumah kos di Panam Pekanbaru dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediator. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis dan sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari hasil penelitian secara empiris melalui penyebaran kuesioner kepada pelanggan rumah kos di Panam Pekanbaru yang dijadikan sampel, sampel dalam penelitian ini Service Marketing, Service Quality, Customer Satisfaction and Customer Loyalty berjumlah 140 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah SEM SMART-pls 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Bauran pemasaran jasa dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Bauran pemasaran jasa berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Kualitas pelayanan tidak berpengaruh secara terhadap loyalitas pelanggan. Bauran pemasaran jasa dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Pada penelitian ini membuktikan bahwa bauran pemasaran jasa dan kualitas pelayanan mampu meningkatkan kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan pelanggan rumah kos di Panam Pekanbaru
References
Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.
Azhar, M. E., Jufrizen J., Prayogi, M.A., and Sari M. (2019). The Role of Marketing Mix and Service Quality on Tourist Satisfaction and Loyalty at Samosir. Independent Journal of Management & Production 10(5):1662. doi: 10.14807/ijmp.v10i5.937.
Jawdat, J.K. (2019). Dimensions of Service Marketing Mix and its Effects on Customer Satisfaction: A Case Study of International Kurdistan Bank Erbil City-Iraq. Journal Test Engineering And Management. November-December 2019. ISSN: 0193-4120 Page No. 4846-4855.
Joudeh, J. M. M., and Ala’ O. D. (2018). Service Quality, Customer Satisfaction and Loyalty in an Internet Service Providers. International Journal of Business and Management 13(8):108. doi: 10.5539/ijbm.v13n8p108.
Kotler, P. (2018). Why Broadened Marketing Has Enriched Marketing. AMS Review.
Kotler, P, and Amstrong G. (2012). Marketing.
Kotler, P, and Armstrong G. (2018). Principles of Marketing 17th Global Edition.
Kotler, P, and Keller K.L. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi Kedua Belas Jilid 1.Penerbit: PT. Indeks. Jakarta.
Latan, H., & Ghozali I. (2015). Partial Least Squares Konsep , Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program Smart-PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Universitas Diponegoro.
Nuryadin, A., Mahfudnurnajamuddin, and Hasan S. Mapparenta. (2021). “The Effect of Marketing Mix, Service Quality and Trust on Customer Satisfaction and Loyalty at PT. Great Indonesian Milagros.” International Journal of Research and Review 8(2):127–41. doi: 10.52403/ijrr.20210221.
Othman, B. A., Harun A., Rashid W.N., Nazeer S., Kassim A.W.M., and Kadhim K.G. 2019. The Influences of Service Marketing Mix on Customer Loyalty towards Umrah Travel Agents: Evidence from Malaysia. Management Science Letters 9(6):865–76. doi: 10.5267/j.msl.2019.3.002.
Pereira, D., Giantari, N.G.K, and Sukaatmadja I.P.G. (2016). Pengaruh Service Quality Terhadap Satisfaction Dan Customer Loyalty Dadirah Di Dili Timor-Leste. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, ISSN: 2337-3067 5(2):455–88.
Souar, Y., Mahi K., and Ameur I. (2015). The Impact of Marketing Mix Elements on Customer Loyalty for an Algerian Telecommunication Company. Expert Journal of Marketing 3(1):1– 10.
Subagiyo, R., and Adlan M.A. (2017). Pengaruh Service Quality, Marketing Mix Dan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Customer Loyalty. Jurnal Ekonomi Modernisasi 13(1):1. doi: 10.21067/jem.v13i1.1567.
Sudjianto, E. Y., and Japarianto E. (2017). Pengaruh Perceived Service Quality Terhadap Customer Loyalty Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variable Intervening Di Hotel Kartika Graha Malang. Jurnal Manajemen Pemasaran. 11(2):54–60. doi: 10.9744/pemasaran.11.2.54-60.
Swastha, B., Irawan. (2014). Manajemen Pemasaran Modern.
Tjiptono, F., and Chandra G. (2004a). Service, Quality and Satisfaction. Yogyakarta; Journal of Business and Management Sciences.
Tjiptono, F., and Chandra G.. (2004b). Service, Quality Dan Satisfaction. Yogyakarta; Journal of Business and Management Sciences. doi: 10.12691/jbms-4-4-1.
Wadud, Muhammad. (2017). Bauran Pemasaran Jasa (3 Ps : People, Process & Physical Evidence) Bagi Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini 8(01):21–29.
Zeithaml & Bitner, (2004) dalam Riduwan (2013). Manajemen Pemasaran Internasional Jilid II Salemba Empat. PhD Proposal.
Zeithaml V; Berry L; Parasuraman A. (1998). SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. J Retailing.
Recommended Citation
Wibowo, Agustinus Hary; Alwie, Alvi Furwanti; and Putro, Tri Sukirno
(2023)
"PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA USAHA RUMAH KOS DI PANAM PEKANBARU DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR PEKANBARU,"
Jurnal Sosial Humaniora Terapan: Vol. 5:
Iss.
1, Article 2.
DOI: 10.7454/jsht.v5i1.1014
Available at:
https://scholarhub.ui.ac.id/jsht/vol5/iss1/2