•  
  •  
 

Abstract

Penelitian ini menjelaskan mengapa motivasi individu untuk memiliki asuransi yang berkaitan dengan kerugian yang dapat disebabkan oleh kebencanaan masih rendah. Penelitian ini mengem- bangkan Teori Motivasi Proteksi (TMP) dalam konteks perlindungan asuransi terhadap potensi keru- gian yang disebabkan oleh terjadinya bencana alam. Penelitian ini memilih bencana banjir dan dilakukan di area DKI Jakarta. Populasi dari penelitian adalah warga DKI Jakarta yang tinggal di daerah rawan banjir. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan metode sampel tidak acak, yakni sampel snow-ball, sebanyak 323 orang responden. Motivasi individu untuk membeli polis premi asuransi bencana bisa dijelaskan dengan menggunakan kerangka TMP, dimana tinggi rendah- nya motivasi dipengaruhi oleh tingkat persepsi mengenai risiko. Hasil penelitian ini mempunyai implikasi baik akademis (teoritis) ataupun praktis. Secara akademis, penelitian ini membuktikan bahwa TMP bisa dipergunakan untuk menjelaskan motivasi individu/orang untuk membeli produk asuransi yang terkait dengan risiko kerugian atas bencana banjir. Secara praktis, hasil penelitian ini bisa dipergunakan sebagai dasar referensi para pelaku usaha maupun regulator dan asosiasi ter- kait di sektor industri perasuransian umum nasional dalam pembuatan strategi untuk meningkatkan pemahaman manfaat kebutuhan hingga minat orang untuk memiliki produk asuransi terkait potensi risiko kerugian bencana.

Bahasa Abstract

Risiko, Persepsi Risiko, Manajemen Risiko, Asuransi Banjir/Properti, Teori Motivasi Proteksi (TMP), Persuasi Komunikasi

Share

COinS