•  
  •  
 

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kesenangan, persepsi manfaat, dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap niat menggunakan aplikasi TikTok. Penelitian ini meng- gunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui kuesioner online dan di- tentukan dengan menggunakan metode non probability purposive sampling. Data didapatkan den- gan cara menyebar kuesioner secara online kepada 250 responden Muslim Generasi Z yang belum pernah menggunakan aplikasi TikTok. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi manfaat tidak berpengaruh terhadap niat menggunakan aplikasi TikTok, namun persepsi kesenangan konten TikTok berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan dan niat menggunakan aplikasi TikTok. Hasil temuan ini dapat digunakan sebagai referensi penelitian selanjutnya. Teori utama dalam penelitian ini meng- gunakan Technology Acceptance Model (TAM) yang digunakan untuk menjelaskan hubungan antara persepsi kesenangan, persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan dan niat menggunakan. Keterbatasan pada penelitian ini adalah variabel niat menggunakan aplikasi TikTok yang menun- jukkan bahwa skor R-Squarenya sebesar 0,488 atau 48,8% sehingga variabel tersebut masih belum dijelaskan dengan baik dan cukup oleh variabel antesedennya. Penelitian ini berkontribusi kepada literatur pada topik penggunaan media sosial dengan mempertimbangkan variabel persepsi kes- enangan, persepsi manfaat dan kemudahan dalam mempengaruhi niat menggunakan TikTok.

Bahasa Abstract

Persepsi Kesenangan, Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Niat menggunakan, Aplikasi TikTok

Share

COinS