•  
  •  
 

Abstract

This study aims to examine the relationship between financial capacity and awareness on financial product for low-income households in Jabodetabek and Surakarta by conducting survey on 1,520 household respondents. The survey results show that saving account and credit for vehicle owner- ship are the two most popular financial products known by the respondents. In addition, the cross- tabulation and chi-square analysis find that Jabodetabek’s respondents, who ever have and are using financial product, mostly have stronger financial capacity. On the other hand, respondents who never have and are not using financial product are those who have weaker financial condition. Moreover, respondents in both regions, who never own and are not having credit for vehicle ownership, mostly have relatively weaker financial capacity. The results indicate that financial capacity is associated with awareness on financial product.

Bahasa Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kapasitas keuangan dan kesadaran atas produk keuangan pada rumah tangga berpenghasilan rendah di Jabodetabek dan Surakarta dengan melaksanakan survei kepada 1.520 responden rumah tangga. Hasil survei menunjukkan bahwa rek- ening tabungan dan kredit kepemilikan kendaraan adalah dua produk keuangan yang paling dikenal oleh responden. Lebih lanjut, hasil tabulasi silang dan analisis Chi-Square menemukan bahwa pada responden Jabodetabek, responden yang pernah memiliki dan sedang menggunakan produk keuan- gan lebih banyak berasal dari responden yang kapasitas keuangannya lebih kuat, sedangkan re- sponden yang tidak pernah memiliki dan tidak sedang menggunakan produk keuangan lebih banyak berasal dari responden yang keuangannya lebih lemah. Lebih lanjut, baik di Jabodetabek maupun Surakarta diperoleh hasil bahwa responden yang tidak pernah memiliki dan tidak sedang meng- gunakan produk keuangan kredit kepemilikan kendaraan lebih banyak berasal dari responden yang kapasitas keuangannya relatif lebih lemah. Hasil ini mengindikasikan bahwa kapasitas keuangan diasosiasikan dengan kesadaran atas produk keuangan.

Share

COinS