"Gambaran Manejemen Capaian Target Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Non" by Virgiawan Agung and Angestika Wilandari
  •  
  •  
 

Abstract

Education and training for non-clinical employees in hospitals is an important element in improving employee competence and performance to support optimal health services. This study aims to provide an overview of the achievement of education and training targets for non-clinical employees in the financial unit of ABC Hospital. The research method used is a qualitative approach with data collection through interviews with non-clinical employees of the finance unit and secondary data analysis of training records in 2023. The results showed that the training achievements of non-clinical employees still did not meet the set target of 150 hours per year. The main factors causing employee non-participation in training include low socialization of training hour targets, limited access to supporting facilities such as internet networks and training rooms, and time constraints that collide with employee working hours. Recommendations for this study include increasing employee socialization and motivation, improving supporting facilities, and adjusting the training schedule to be more flexible with employee working hours. The implementation of these recommendations is expected to increase employee involvement in the training program so that the quality of service in the hospital is more optimal.

Bahasa Abstract

Pendidikan dan pelatihan bagi pegawai non-klinis di rumah sakit merupakan elemen penting dalam meningkatkan kompetensi dan kinerja pegawai guna menunjang pelayanan kesehatan yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran capaian target pendidikan dan pelatihan pegawai non-klinis di unit keuangan Rumah Sakit ABC. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara kepada pegawai non-klinis unit keuangan serta analisis data sekunder dari rekapan diklat tahun 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa capaian pelatihan pegawai non-klinis masih belum memenuhi target yang ditetapkan yaitu 150 jam per tahun. Faktor utama yang menyebabkan ketidakikutsertaan pegawai dalam diklat meliputi rendahnya sosialisasi mengenai target jam pelatihan, keterbatasan akses terhadap fasilitas pendukung seperti jaringan internet dan ruang pelatihan, serta adanya kendala waktu yang bertabrakan dengan jam kerja pegawai. Rekomendasi penelitian ini mencakup peningkatan sosialisasi dan motivasi pegawai, perbaikan fasilitas pendukung, serta penyesuaian jadwal diklat agar lebih fleksibel dengan jam kerja pegawai. Implementasi rekomendasi ini diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan pegawai dalam program diklat sehingga kualitas pelayanan di rumah sakit semakin optimal.

References

Agustina, E.A. (2022) ‘Faktor Penyebab Ketidaklengkapan Pengisian Dokumen Rekam Medis Rawat Inap di Rumah Sakit: Literature Review’, Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 10(1), p. 104. Available at: https://doi.org/10.33560/jmiki.v10i1.403.

Ahadya Silka Fajaranie and Khairi, A.N. (2022) ‘Pengamatan Cacat Kemasan Pada Produk Mie Kering Menggunakan Peta Kendali Dan Diagram Fishbone Di Perusahaan Produsen Mie Kering Semarang, Jawa Tengah’, Jurnal Pengolahan Pangan, 7(1), pp. 7–13. Available at: https://doi.org/10.31970/pangan.v7i1.69.

Alwi, F.A. et al. (2023) ‘Pengaruh Kompetensi Sdm Terhadap Kinerja Pegawai Rumah Sakit Umum Daerah H.M Djafar Harun Kolaka Utara’, Sinomika Journal | Volume, 2(1), pp. 95–102. Available at: https://doi.org/10.54443/sinomika.v2i1.865.

Annisa, D. (2022) ‘Jurnal Pendidikan dan Konseling’, Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(1980), pp. 1349–1358.

Fadli, M.R. (2021) ‘Memahami desain metode penelitian kualitatif’, Humanika, 21(1), pp. 33–54. Available at: https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075.

Gunawan, S. and Rahmawati, R. (2020) ‘Gambaran Proses Pelaksanaan Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan di Instalasi Diklat RSUD Cibinong Tahun 2020’, Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 9(02), pp. 109–120. Available at: https://doi.org/10.33221/jikm.v9i02.506.

Hasibuan, D. (2019) ‘Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan (Diklat) Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Di Rumah Sakit Umum Daerah Aek Kanopan Kabupaten Labuhanbatu Utara’, Jurnal Informatika, 7(2), pp. 68–75. Available at: https://doi.org/10.36987/informatika.v7i2.1337.

Henny Maria Ulfa (2019) ‘Hubungan Pendidikan Pelatihan, Keterampilan Dan Lingkungan Kerja Dengan Produktivitas Kerja Petugas Rekam Medis Di Rumah Sakit Kelas C Tahun 2017’, Menara Ilmu, XIII(2), pp. 102–114. Available at: http://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/1189.

Herpridjihan, S.B. and Utami, L.S.S. (2020) ‘Analisis Employee Relations melalui Training dalam Membangun Loyalitas Karyawan (Studi pada Karyawan Divisi Teknik PT. Pelita Air Service)’, Prologia, 4(2), p. 303. Available at: https://doi.org/10.24912/pr.v4i2.6513.

Ichsan, R.N. and Nasution, L. (2021) ‘SOSIALISASI PELATIHAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI PENDAHULUAN Pelatihan yang baik akan menghasilkan prestasi kerja yang baik pula sehingga menguntungkan perusahaan maupun karyawan , sebaliknya pelatihan yang buruk akan memberikan dampak merugikan bagi kar’, 5(1), pp. 48–53.

Kadir, E. and Adam Badwi (2023) ‘PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PEGAWAI RUMAH SAKITTAHUN 2021’, Journal of Engineering Research, 2(1).

Kurniawati, F.N.A. (2022) ‘Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi’, Academy of Education Journal, 13(1), pp. 1–13. Available at: https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765.

Marwah et al. (2023) ‘Pengaruh Diklat, Beban Kerja dan etos Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Non Medis Rumah Sakit Syafira Kota Pekanbaru’, XI(2), pp. 361–369.

Murniati, N. and Oktavia, R. (2022) ‘EFEKTIVITAS PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PEGAWAI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI RUMAH SAKIT ABC’, Jurnal Administrasi Bisnis, 2(3), pp. 412–423.

Nika Maya Agustina, Yodi Mahendradhata, L.P.P. 1 (2023) ‘Analisis Implementasi Kebijakan Standar Pelayanan Minimum Bidang Kesehatan Indikator Pelayanan Kesehatan Penderita Diabetes Melitus di Kabupaten Magelang’, Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia, 12(02), pp. 109–113.

Pasa, F. awi et al. (2022) ‘TINJAUAN KETEPATAN SUSUNAN PERAKITAN REKAMMEDIS RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT CITRA HARAPAN BEKASI’, Febriyan awi pasa, Wiwik Viatiningsih, Noor Yulia, Deasy Rosmala Dewi, 2(7), pp. 2901–2908.

Pengembangan, D.A.N. and Daya, S. (2023) ‘SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW ( SLR ): PELATIAHAN’, pp. 363–370.

Rohmani, N.U., Adriansyah, A.A. and Dewi, L. (2021) ‘Analisis Pelaporan Pencapaian Target Pelatihan Internal Pegawai : Studi Kasus di Rumah Sakit Umum Haji Surabaya’, MOTORIK Jurnal Ilmu Kesehatan, 16(2), pp. 45–49.

Setiawan, R. and Nabila, P.A. (2022) ‘Penggunaan Aplikasi Tiktok Dalam Pembentukan Konsep Diri Remaja Di Desa Pisangan Jaya, Kabupaten Tangerang’, PADARINGAN (Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi), 4(3), p. 122. Available at: https://doi.org/10.20527/pn.v4i3.5580.

Siregar, Y.S. et al. (2022) ‘Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Media Pembelajaran yang Menarik pada Masa Pandemi Covid 19 di SD Swasta HKBP 1 Padang Sidempuan’, Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, (2), pp. 69–75. Available at: https://doi.org/10.56972/jikm.v2i1.33.

Suryani, P., Cahyono, Y. and Utami, B.D. (2020) ‘Pengaruh Motivasi dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Produktivitas Kerja pada Karyawan Bagian Produksi di PT Tuntex Garment Indonesia’, Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(1), pp. 70–82. Available at: https://jiemar.org/index.php/jiemar/article/view/28.

Wahyu Mumpuni, A. (2023) ‘Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Motivasi Kerja Pegawai Nakes Pusat Mata Nasional Rumah Sakit Mata Cicendo’, Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi : EMBA, 1(2), pp. 97–107. Available at: https://doi.org/10.59820/emba.v1i2.44.

Wahyuningsih, S. (2019) ‘Pengaruh Pelatihan dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan’, Jurnal Warta Edisi, 60(April), pp. 91–96.

Widjaja, L., Dewi, D.R. and Indawati, L. (2022) ‘Tinjauan Kelengkapan Berkas Persyaratan Klaim Pasien Rawat Inap Covid-19 di Rumah Sakit Sumber Waras’, 1(2), pp. 240–249. Available at: https://doi.org/10.55123/sehatmas.v1i2.237.

Share

COinS