•  
  •  
 

Abstract

Abstract

Watsons is a health and beauty stores which in service to consumers, so service must be considered and taken into account for consumer convenience. The purpose of this study is to see how optimal the service at Watsons bendungan hillir branch, watsons convenience stores use a single channel-single phase queuing system.The Single Channel-Single Phase queue model is very appropriate to use because buyers can be served well and get optimal time. This can be seen from the number of individuals or buyers waiting in the queue (Lq) with a value of 0.001. The average number of buyers in the system (L) with a value of 3%, the probability of no buyers in an empty server is 96%.

Bahasa Abstract

Watsons adalah toko kesehatan dan kecantikan yang didalamnya terdapat pelayanan terhadap konsumen, maka pelayanan harus diperhatikan dan diperhitungkan untuk kenyamanan konsumen. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat seberapa optimal pelayanan pada Watsons cabang bendungan hillir. Toko watsons menggunakan system antrian single channel-single phase. Pada model antrian Single Channel-Single Phase sangat tepat digunakan karena pembeli sudah dapat dilayani dengan baik dan mendapatkan waktu yang optimal. Hal ini terlihat dari banyaknya individual atau pembeli yang menunggu dalam antrian (Lq) dengan nilai 0.001. jumlah rata-rata pembeli yang ada dalam system (L) dengan nilai 3%, Probabilitas tidak adanya pembeli dalam server yang kosong 96%.

References

Daftar Pustaka

[1] [R. Listiyani, L. Linawati, dan L.R Sasongko,”Analisis Proses Produksi Menggunakan Teori Antrian Secara Analitik dan Simulasi,”J. Rekayasa Sist. Ind., Vol. 8 No.1, pp. 9- 18, 2019

[2] Magfirah, M.A. Pasigai, dan M.N Abdi, “Analisis Penerapan Sistem Antrian pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero)TBK. Kantor Cabang Pembantu Unit Pallangga Kabupaten Gowo, “journal Profitab fak. Ekonomi dan bisnis, Vol. 3, No.2, pp. 31-47, 2019

[3] M. Imron Mas’ud, Rachamd Agung, Asat Dudin, dan Kholiq, “Pengukuran Tingkat Pelayanan Kasir Dengan Pendekatan Teori Antrian Pada Rumah Makan BKS,” Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, Elektro dan Komputer, Vol. 1, No. 2, 2021

[4] L.I Nurmalitasari dan M. Fauzan, “Analisis system antrian model multi channel single phase pada teller bank Mandiri Sleman,”Jurnal Kajian dan terapan Matematika, Vol. 8,

No. 2, pp.129-137, 2002

[5] S.Shanmugasundaram dan P. Umarani “Queuning Theory Applied in Day To Day Life Ijser Queuing Theory Applied in Our Day To Day Life, “International Journal Of Scientific & Engineering Research, Vol. 6, No. 4, pp. 533-541, 2015.

[6] D.A Ramdani, W. Wahyudin dan D.N. Rinaldi, “Model system Antrian Menggunakan Pola Single channel-single phase Dengan Promodel Pada Antrian Alfamart Unsika”.Tekmapro: Jurnal of Industrial Enggineering and Manajemen, Vol.16 No. 1, pp 13-24,2021

[7] M. Aidi,”Analisis Optimlisasi Pelayanan Konsumen Berdasarkan Teori antrian PadaKaltimgps.com di Samarinda,”Ejournal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol. 2, No.3, pp. 346-357, 2014

[8] M.Y Ramadhan, D. Herwanto dan L.Akhriyani, “Analisis Ukuran Kinerja Sistem Pelayanan Pada Antrian Alfamidi Jalan HS. Ronggo Waluyo Karawang,”Jurnal NOE,

Vol.4 No.1, pp. 35-44, 2021

[9] Dimas Darma Kusuma, Wahyudin, dan Ahmad Anshari, “Analisis Teori dan Optimalisasi Pelayanan Pada Alfamart Perum Cekong Menggunakan Model Single Channel-Single Phase”. Jurnal Sermabi Engineering, Vo. VIII, No. 2, 2023

[10] Dr. Eka Purwanda, SE., M.Si dan Prof. Dr. Moh. Mukhsin, SE., MM, “Mata Kuliah Manajemen Operasi Pertemuan IV, Desain Operasi Jasa,” pp. 2,2023

Share

COinS