Abstract
The policies and tactics used by an insurance company to effectively handle and recover claims are referred to as the claim recovery process policy. Ensuring total operational stability, preserving customer satisfaction, and limiting financial losses all depend on this approach. The recovery process policy is covered in this study along with how it affects how well a corporation manages risk. A review of the literature and interviews with many employees are part of the research methodology. It was discovered that one of the insurance companies in Indonesia still needed to improve (digitize) its current policy regarding the recovery process. This included paying claims directly to customers before invoicing reinsurance companies, as well as improving collection techniques that reinsurance companies still deemed insufficient. There is a noticeable variation in strategy when comparing the policies of multiple businesses; claims are filed with the reinsurance company first and are then reimbursed to the clients. The study's findings demonstrate the necessity of enhancing and streamlining the insurance company's recovery procedure.
Bahasa Abstract
Penelitian ini membahas mengenai kebijakan recovery process pada PT Takaful Umum serta dampaknya terhadap efektivitas pengelolaan risiko perusahaan. Metode penelitian melibatkan studi literatur, wawancara dengan beberapa karyawan. Ditemukan bahwa kebijakan saat ini di PT Takaful Umum masih harus melakukan improvement (digitalisasi) terkait dengan proses recovery, termasuk didalamnya terkait pembayaran klaim langsung kepada nasabah sebelum penagihan kepada perusahaan reasuransi, serta metode penagihan yang masih dianggap kurang pada perusahaan reasuransi. Perbandingan dengan kebijakan beberapa perusahaan menunjukkan perbedaan pendekatan yang signifikan, di mana klaim akan diajukan kepada perusahaan reasuransi terlebih dahulu sebelum membayar klaim kepada nasabah. Hasil penelitian menyoroti kebutuhan untuk melakukan perbaikan dan peningkatan efisiensi dalam Recovery process PT Takaful Umum.
References
Hadi, N., Dewi, S., & Sonata, V. (2023). P Produk Asuransi Syariah di Indonesia: Prospek dan Tantangan: Produk Asuransi Syariah di Indonesia: Prospek dan Tantangan. Jurnal Manajemen, Ekonomi, Keuangan dan Akuntansi, 4(1), 016-025.
Ichsan, Nurul. (2014). Pengantar Asuransi Syariah. Jakarta: Gaung Persada Press.
Kamah, Muh Z. S. (2015). Aspek Hukum Pengalihan Tanggung Jawab Hukum Pada Perjanjian Asuransi. Legal Opinion, 3(6).
MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA. (2001). Fatwa DSN-21-DSNMUI-IV-2001-2001. Pedoman Umum Asuransi Syariah. Retrieved May 18, 2024, from https://putusan3.mahkamahagung.go.id/peraturan/detail/11eae9c9dafade408a1d313433323535.html
Nasir, P. H. M. P. D. A. (2019). Buku 4 Perasuransian Seri Literasi Keuangan Perguruan Tinggi (T. Segara (ed.); Buku 4). Otoritas Jasa Keuangan
Nopriansyah, W. (2024). Asuransi Syariah, Berkah Terakhir Yang Tak Terduga. Penerbit Andi.
Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (2016). POJK Nomor 72/POJK.05/2016. POJK tentang Kesehatan Keuangan Perusahaan Asuransi dan Perusahaan Reasuransi dengan prinsip syariah. https://www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/regulasi/asuransi/peraturan-ojk/Documents/Pages/POJK-tentang-Kesehatan-Keuangan-Perusahaan-Asuransi-dan-Perusahaan-Reasuransi-dengan-prinsip-syariah/SAL%20-%20POJK%20Kesehatan%20PAs%20PRs.pdf
Otoritas Jasa Keuangan. (2014). Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014 Tentang Perasuransian. https://ojk.go.id/id/kanal/iknb/regulasi/asuransi/undang-undang/pages/Undang-Undang-Nomor-40-Tahun-2014-Tentang-Perasuransian.aspx
Otoritas Jasa Keuangan. (2023). Roadmap Perasuransian Indonesia 2023-2027. Retrieved May 18, 2024, from https://ojk.go.id/id/regulasi/otoritas-jasa-keuangan/rancangan-regulasi/Documents/Draft%20Roadmap%20Pengembangan%20Perasuransian%20Indonesia.pdf
Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 53/PMK.010./2012
Otoritas Jasa Keuangan (2016) Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 69/POJK.05/2016 Tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Asuransi, Perusahaan Asuransi Syariah, Perusahaan Reasuransi, dan Perusahaan Reasuransi Syariah.
PT.Takaful Umum. (n.d.). SEJARAH PT TAKAFUL UMUM. Retrieved May 2, 2024, from https://www.takafulumum.co.id
PT.Takaful Umum. (n.d.). tentang kami. Retrieved May 18, 2024, from https://www.takafulumum.co.id/
Setiawan, S. B. (2020). Pengaruh Solvency Margin, Beban Klaim, Dan Risk Based Capital Terhadap Return On Equity Dengan Kepemilikan Manajerial Sebagai Variabel Moderasi. Jubisma, 2(1).
Recommended Citation
Yasmin, Aulia; Safitri, Karin Amelia; and Muslim, Fachri
(2024)
"The Effect of the Claim Recovery Process on Claim Payments in Insurance,"
Jurnal Administrasi Bisnis Terapan: Vol. 6:
Iss.
2, Article 2.
DOI: 10.7454/jabt.v6i2.1106
Available at:
https://scholarhub.ui.ac.id/jabt/vol6/iss2/2
Included in
Accounting Commons, Business Administration, Management, and Operations Commons, Economic Theory Commons, Human Resources Management Commons