•  
  •  
 

Abstract

This research aims to determine the influence of digital marketing and brand image on purchasing decisions of Shopee e-commerce consumers in Cilegon City. This type of research is quantitative with a sample size of 100 respondents. The data collection technique used was a questionnaire. The data analysis method in this research is multiple linear regression analysis using SPSS software. The research results show that the digital marketing variable has a significant effect on purchasing decisions with a t-count value of 2.613 > t-table 1.985, and a significance value of 0.010 < 0.05. The brand image variable does not have a significant effect on purchasing decisions with a t-value of 0.794 < t-table 1.985, and a significance value of 0.429 > 0.05. Furthermore, digital marketing and brand image simultaneously influence purchasing decisions by 7.3%, while the other 92.7% are influenced by other variables outside this research.

Bahasa Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital marketing dan brand image terhadap keputusan pembelian konsumen e-commerce Shopee di Kota Cilegon. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel digital marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t-hitung 2,613 > t-tabel 1,660, dan nilai signifikansi sebesar 0,010 < 0,05. Variabel brand image tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t-hitung 0,794 < t-tabel 1,660, dan nilai signifikansi 0,429 > 0,05. Selanjutnya, digital marketing dan brand image berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian sebesar 7,3%, sedangkan 92,7% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.

References

Ahdiat, A. 2023. Tren Pengunjung E-Commerce Kuartal III 2023 Shopee Kian Melesat. From https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/10/11/tren-pengunjung-e-commerce-kuartal-iii-2023-shopee-kian-melesat

Andrian. 2019. Digital Marketing dan Ragam Produk pada Minat Beli Konsumen Toko Online Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Angkatan 2016). Ekspektra: Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. 3, No. 1.

Aryani, M. 2021. Analisis Digital Marketing pada Hotel Kila di Kabupaten Lombok Barat Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Visionary (VIS), Vol. 6, No. 1.

Batu, R.L., dkk. 2019. Pengaruh Digital Marketing Terhadap Online Purchase Decision pada Platform Belanja Online Shopee. Jurnal Ekonomi & Bisnis, Vol. 18, No. 2.

Devi, A.C., & Uus M.F. 2023. Analisis Keputusan Pembelian Produk E- Commerce Shopee di Kalangan Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan Karawang. Journal of Student Research (JSR), Vol. 1, No. 5.

Dewi, N.P.S., & I, W.S. 2022. Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Shopee. Jurnal Widya Amrita, Vol. 2, No. 2.

Hubbina, R., dkk. 2023. Pengaruh Digital Marketing, Desain Produk, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Distro Kedai Oblong Jambi). Journal of Student Research, Vol. 1, No. 5.

Laily, N,M., & Vivin, M.E. 2023. Pengaruh Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee dengan Rating Penjualan Toko Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Lentera Bisnis, Vol. 12, No. 1.

Listania & Ahmad, Z. 2023. Pengaruh Digital Marketing dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di Toko BEAU Jatibening Bekasi. Jurnal Manajemen Bisnis, Vol. 2, No. 1.

Maghfiroh, F,M., dkk. 2023. Transformasi Ekonomi Digital: Connection Integration E-Commerce dan S-Commerce dalam Upaya Perkembangan Ekonomi Berkelanjutan. Proceedings of Islamic Economics, Business, and Philanthropy, Vol. 2, No. 1.

Munir, S.A. 2023. Pengaruh Brand Image dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pemilihan Layanan E-commerce. Jurnal Ilmiah M-Progress, Vol. 13, No. 1.

Pramesti, I.A.C., & Gede, B.R. 2019. Peran Brand Image Memediasi Pengaruh Word of Mouth (WOM) Terhadap Niat Beli Konsumen. E-Jurnal Manajemen, Vol. 8, No. 1.

Putra, I.G.B.S., & Ni, L.A.A. 2023. Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Harga, dan Life Style Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Widya Amrita, Vol. 3, No. 2.

Putri, S.I., dkk. 2022. Faktor Penentu Minat Beli Konsumen Melalui E-Commerce Berbasis Marketplace. Jurnal Ilmiah Poli Bisnis, Vol. 14, No. 1.

Ramadhan, W.D., dkk. 2023. Pengaruh Word of Mouth, Digital Marketing, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee. Jurnal Bina Manajemen, Vol. 11, No. 2.

Romadon, A.S., dkk. 2023. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Shopee. SOLUSI : Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, Vol. 21, No. 3.

Wijaya, S., & Agus, K. 2022. Pengaruh Diskon, Promosi, Digital Marketing, Brand Image, dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi Shopee Kota Tangerang. Prosiding: Ekonomi dan Bisnis, Vol. 2, No. 2.

Share

COinS