•  
  •  
 

Abstract

A company or organization requires the use of Marketing Public Relations to stimulate sales. Marketing Public Relations is designed to stimulate purchases and provide satisfaction to consumers through the communication of reliable product or service information and through impressions that relate the company and its products according to consumers' needs, wants, concerns, and interests. The purpose of this study is to obtain an overview of the implementation of the Marketing Public Relations strategy to attract public attention to product excellence. This research methodology uses a qualitative descriptiveresearch method. The data collection method used was interviews with the company's Sales Superintendent, observations such as seeking information through the company's official social media, and a literature study. The results of this study indicate that the Pull Strategy Marketing Public Relations PT. Gramedia Asri Media is considered to have been carried out optimally and to provide maximum results for the company, especially on the sales side.

Keywords: Pull Strategy, Public Relations, Marketing Public Relations Strategy, PT. Gramedia Asri Media

Bahasa Abstract

Suatu perusahaan atau organisasi membutuhkan penggunaan Marketing Public Relations guna menstimulasi penjualan. Marketing Public Relations dirancang tidak hanya untuk merangsang pembelian tetapi juga untuk memberikan kepuasan kepada konsumen melalui komunikasi mengenai informasi produk atau layanan yang dapat dipercaya dan melalui kesan- kesan yang menghubungkan perusahaan dan produknya sesuai dengan kebutuhan, keinginan, perhatian dan kepentingan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran dalam pelaksanaan strategi Marketing Public Relationsuntuk menarik perhatian publik terhadap keunggulan produk. Metodologi penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara kepada Sales Superintendent perusahaan, observasi seperti mencari informasi melalui media sosial resmi milik perusahaan, serta studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pull Strategy Marketing Public Relations PT. Gramedia Asri Media dirasa telah dilakukan secara optimaldan memberikan hasil yang cukup maksimal terhadap perusahaan terutama pada sisi penjualan.

Kata Kunci: Pull Strategy, Hubungan Masyarakat, Strategi Marketing Public Relations, PT. Gramedia Asri Media

References

Abdillah, F. (2017). In Efektivitas Marketing Public Relation dalam Membangun Citra Merek Perusahaan Jasa Telekomunikasi. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis.

Andi, W. (2002). In Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Darmadi, D., Anton, W. W., & Hendrawan, S. (2003). In Inovasi Pasar Dengan Iklan yang Efektif: : Strategi, Program dan Teknik Pengukuran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Dijk, V. (2013). In The Culture of Connectivity: Critical History of Social Media. UK: Oxford University Press.

Dilenschneider, R. L. (2010). The AMA HANDBOOK of Public Relations. AMACOM.

Effendy, U. O. (1992). In H. M. Komunikasi".

Bandung: Remaja Rosdakarya.

Goldblatt, J. (2013). In Special Events.

NewYork: Prentice-Hall Published. Harris, T. L. (1991). In The Marketer's

Guide to Public Relations in the 21stCentury. New York: John.

Iriantara, Y. (2004). In Community RelationsKonsep dan Aplikasinya. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Kasali, R. (1994). In Manajemen Public Relations: Konsep Dan Aplikasinya Di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Kotler, & Keller. (2009). In Manajemen Pemasaran. PT Indologi.

Kotler, P. d. (2018). In Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks.

Kriyantono, R. (2010). In Teknik praktis riset komunikasi: disertai contoh praktis riset. Jakarta: Kencana.

Madjukie, R. (2018). In Pengaruh Promosi dan Kualitas layanan terhadap kepuasaan konsumen. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nasrullah, R. (2016). In Media Sosial:Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi.

Rosady Ruslan, S. M. (2010). In Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ruslan Rosady, S. M. (2010). In In Kiat dan Strategi Public Relations. Jakarta: Raja Grafindo.

Ruslan, R. (2002). In Kiat dan Strategi Public Relations. Jakarta: Raja Grafindo.

Stanton, W. J. (2012). In Prinsip pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Suhandang, K. (2004). In P. d. Public Relations Perusahaan: Kajian. Bandung: Nuansa.

Swastha, & Irawan. (1999). In Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty

Share

COinS