Abstract
Public Relations activities are needed by companies in improving the company's image. One of the important strategies that can be used in a business company in order to achieve the main goal of increasing sales is to use the Marketing Public Relations strategy. With the Marketing Public Relations strategy, the company gets the desired image. In this study, we will look at the Marketing Public Relations strategy carried out by PT Barakah Medika Nusantara to improve the company's image. The purpose of this research is to get an overview in the implementation of the Marketing Public Relations strategy to improve the company's image in the eyes of its audience and the results of this research can be used as a reference or useful input for companies in compiling and making decisions on a marketing program. This research is a qualitative descriptive study. Data collection techniques by conducting interviews with the company's Public Relations and nurses from five partner hospitals, observations such as searching for information through the website or requesting data from the company, and documentation. The data used are data obtained from the results of these interviews. The Marketing Public Relations strategy carried out by PT Barakah Medika Nusantara as a whole can be felt and liked by partners. However, the use of publications that are not optimal to make them more acquainted with and give a positive assessment of the company, makes image enhancement also not optimal.
Bahasa Abstract
Aktivitas Public Relations sangat dibutuhkan oleh perusahaan dalam meningkatkan citra perusahaan. Salah satu strategi penting yang dapat digunakan dalam suatu perusahaan bisnis agar tercapainya tujuan utama berupa peningkatan penjualan yaitu dengan menggunakan strategi Marketing Public Relations. Dengan adanya strategi Marketing Public Relations, perusahaan mendapatkan citra yang diinginkan. Pada penelitian ini, kita akan melihat strategi Marketing Public Relations yang dilakukan oleh PT Barakah Medika Nusantara untuk meningkatkan citra perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah supaya mendapatkan gambaran dalam pelaksanaan strategi Marketing Public Relations untuk meningkatkan citra perusahaan di mata khalayaknya dan hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan atau masukan yang bermanfaat untuk para perusahaan dalam menyusun dan membuat keputusan atas suatu program pemasaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara kepada Public Relations perusahaan dan perawat dari lima rumah sakit rekanan, observasi seperti mencari informasi melalui website atau meminta data dari perusahaan, serta dokumentasi. Data yang digunakan adalah data yang diperoleh dari hasil wawancara tersebut. Strategi Marketing Public Relations yang dilakukan oleh PT Barakah Medika Nusantara secara keseluruhan dapat dirasakan dan disukai oleh rekanan. Namun penggunaan publikasi yang tidak maksimal untuk membuat mereka semakin mengenal dan memberikan penilaian positif terhadap perusahaan, membuat peningkatan citra juga tidak maksimal.
References
Ahmad, K. A. (2015). Pemanfaatan media sosial bagi pengembangan pemasaran UMKM (Studi deskriptif kualitatif pada distro di Kota Surakarta). DutaCom. https://ojs.udb.ac.id/index.php/dutacom/article/view/537
Ali, D. S. F. (2017). Marketing public relations, diantara penjualan dan pencitraan. Deepublish.
Astuti, E. P., & Lestari, S. P. (2021). Strategi public relations dalam membangun citra LPI Assalam Gedawang Semarang. Jurnal Egaliter, 5(9). http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/egr/article/view/1827
Barakah. (2022). Profil Barakah Medika. Barakah Medika Nusantara. http://www.barakahmedika.com/read/barakah/1/tentang-barakah-medika/Batoebara, M. U., & Zebua, D. (2021). Peran public relations dalam meningkatkan citra positif Hotel Santika Premiere Dyandra Medan. Network Media, 4(2), 20–39. https://doi.org/10.46576/JNM.V4I2.1403
Choesrani, D. Z. (2020). Kegiatan public relations dalam meningkatkan citra Hotel Salak The Heritage Bogor. Jurnal British, 1(1), 14–22. https://doi.org/10.51170/JB.V1I1.127
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five traditions. SAGE. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=DLbBDQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=qualitative+inquiry+creswell&ots=hr76aMRPw&sig=bcjfpg415JRwebE3356eW1R7r0A&redir_esc=y#v=onepage&q=qualitative%20inquiry%20creswell&f=false
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum. https://journal.uny.ac.id/index.php/humanika/article/view/38075/pdf_1
Fahruddin, A. (2019, December 20). Gagal diakui. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/www.achirsamawa.com/5dfc7dd6097f361e8f20dd12/gagal-diakui?page=all#section2
Graha Ismaya. (2019). Graha Ismaya - PT. Barakah Medika Nusantara (as Graha... | Facebook. https://m.facebook.com/ptgrahaismaya/posts/pt-barakah-medika-nusantara-as-graha-ismaya-distributor-and-graha-ismaya-partici/482001952359576/?zero_e=3&zero_et=1657631972&_rdc=2&_rdr
Idc. (2020). IDC bersinergi dengan PT Barakah Medika Nusantara menyalurkan APD untuk tenaga medis RSUD Pasar Rebo. https://www.infaqdakwahcenter.com/m/daily/854/idc-bersinergi-dengan-pt-barakah-medika-nusantara-menyalurkan-apd-untuk-tenaga-medis-rsud-pasar-rebo/
Jenty, F., & Setyanto, Y. (2019). Pemanfaatan event sebagai upaya public relations dalam membangun reputasi perusahaan (Studi pada PT. XYZ sebagai pendukung kegiatan Asian Games 2018). Prologia, 2(2), 320–326. https://doi.org/10.24912/PR.V2I2.3593
Jkki. (2019). 94 persen alat kesehatan Indonesia masih impor. Jaringan Kebijakan Kesehatan Indonesia. https://kebijakankesehatanindonesia.net/25-berita/berita/2692-94-persen-alat-kesehatan-indonesia-masih-impor
Junaid, I. (2016). Analisis data kualitatif dalam penelitian pariwisata. Kepariwisataan, 10, 59–74.
Kemenkes. (2018). Hasil utama RISKESDAS 2018. https://kesmas.kemkes.go.id/assets/upload/dir_519d41d8cd98f00/files/Hasil-riskesdas-2018_1274.pdf
Kemenperin. (2021). Kemenperin: Industri farmasi dan alat kesehatan dipacu terapkan industri 4.0. Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. https://kemenperin.go.id/artikel/22478/Industri-Farmasi-dan-Alat-Kesehatan-Dipacu-Terapkan-Industri-4.0—
Kriyantono, R. (2016). Teknik praktis riset komunikasi. Kencana. https://books.google.co.id/books?id=gI9ADwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=gI9ADwAAQBAJ&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwish6y64_XnAhUZVH0KHZL-AaUQ6AEIKDAA#v=onepage&q&f=false
Maryati, M., Darna, N., & Muhidin, A. (2020). Pengaruh citra perusahaan dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen (Studi pada PD Sumber Rezeki Singaparna). Business Management and Entrepreneurship Journal, 2(2). https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/bmej/article/view/2475
Mujianto, H. (2019). Peranan strategi public relations terhadap citra perusahaan (Studi kasus pada Hotel Grand Koppo Bandung). Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, 4(2), 65–74. https://doi.org/10.10358/JK.V4I2.486
Norbaiti, N., & Nastiti, R. (2021). Mempertahankan citra perusahaan dengan meningkatkan marketing public relations dan service quality. At-Tadbir: Jurnal Ilmiah Manajemen, 5(2), 148–159. https://doi.org/10.31602/ATD.V5I2.4556
Nurfitriani, A., & Suhartini, T. (2018). Strategi marketing public relations PT. Pos Indonesia. J-IKA, 5(1), 66–70. https://doi.org/10.31294/KOM.V5I1.3657
Pemkab Sukabumi. (2019). Portal resmi Sukabumi Kabupaten: PT. Barokah Medika Nusantara presentasikan alat cuci darah pada Bupati Sukabumi. https://sukabumikab.go.id/web/b/2874.asp
Pernefri. (2018). 11th report of Indonesian renal registry. https://www.indonesianrenalregistry.org/data/IRR%202018.pdf
Rahmawati, S. A., Setianti, Y., & Lukman, S. (2019). Strategi marketing public relations Checo Café Resto. KOMUNIKATIF: Jurnal Ilmiah Komunikasi, 8(1), 1–22. https://doi.org/10.33508/JK.V8I1.1981
Rifa’i, A. (2017). Peran bank pembiayaan rakyat syariah dalam mengimplementasikan keuangan inklusif melalui pembiayaan UMKM. HUMAN FALAH: Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis Islam. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/humanfalah/article/view/1011/1024
Rokom. (2021, September 17). Kemenkes tingkatkan layanan kesehatan gigi dan mulut yang aman dari penularan COVID-19. SehatNegeriku. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20210912/3338465/kemenkes-tingkatkan-layanan-kesehatan-gigi-dan-mulut-yang-aman-dari-penularan-covid-19/
Rosyadi, M. I. (2018). Analisis strategi marketing public relations PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dalam meningkatkan pengguna kartu Brizzi. Komunikator, 10(1), 1–9. https://doi.org/10.18196/JKM.101001
Salma, A. N. (2018). Pengaruh sponsorship dalam meningkatkan brand awareness (Studi pada sponsorship Garuda Indonesia terhadap Liverpool FC sebagai global official airline partner). INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 2(1), 1. https://doi.org/10
Recommended Citation
Yuliana, Selvi and Manalu, Margareta
(2022)
"ANALISIS STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS UNTUK MENINGKATKAT CITRA PT BARAKAH MEDIKA NUSANTARA,"
Jurnal Administrasi Bisnis Terapan: Vol. 5:
Iss.
1, Article 8.
DOI: 10.7454/jabt.v5i1.1041
Available at:
https://scholarhub.ui.ac.id/jabt/vol5/iss1/8
Included in
Accounting Commons, Business Administration, Management, and Operations Commons, Economic Theory Commons, Human Resources Management Commons