Abstract
Information technology in government institutions can be called e-Gov, where e-Gov means electronic- government, where is a system that has implemented a digitalization system in activities. All processes that will be carried out from upstream to downstream can be done digitally. Indonesia continues to reform by issuing a policy to implement an electronic digital system in the central government, regional governments, and even all ministries/agencies. Therefore, the Ministry of Agrarian Affairs and Spatial Planning/National Land Agency created a Mobile-based Sentuh Tanahku Application. The results are expected to provide an assessment of the data and information that will be processed in the presentation of information in the Sentuh Tanahku Application.
Bahasa Abstract
Teknologi informasi di lembaga pemerintahan dapat disebut dengan e-Gov, dimana e-Gov memiliki arti sebagai electronic-government, dimana hal tersebut adalah sistem yang sudah menerapkan sistem digitalisasi dalam aktifitasnya. Segala proses yang akan dilakukan dari hulu sampai ke hilir dapat dilakukan secara digitaliasi. Indonesia terus melakukan pembaharuan dengan menerbitkan suatu kebijakan untuk menerapkan sistem digital elektronik di pemerintah pusat, pemerintah daerah, bahkan seluruh kementerian/lembaga. Oleh karena itu, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional membuat Aplikasi Sentuh Tanahku berbasis Mobile. Hasil yang diharapkan dapat memberikan penilaian terhadap data dan informasi yang akan diproses dalam penyajian informasi di Aplikasi Sentuh Tanahku.
References
Hubeis, Musa. 2012. Manajemen Kreativitas dan Inovasi dalam Bisnis. Penerbit PT. Hecca Mitra Utama. Jakarta. Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2012. Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall. Kotler dan Keller. 2014. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga. Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc Makmur dan Thahier, Rohana. 2015. Inovasi dan Kreativitas Manusia, Bandung: PT. Refika Aditama. Muhaam, Riki Satia & Melawati, Fitri.2019. Inovasi Pelayanan Publik dalam Mengahdapi Era Revolusi Industri 4.0 di Kota Bandung.Jurnal Administrasi Publik.Volume 1 Nomor 1. Nugraheni, Rona Yunita, dkk. 2021. Inovasi Pelayanan Pertanahan Pengecekan Sertifikat Online. Perspektif, Volume 10 Nomor 1: 47-56. Nuriyanto. 2014. Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Indonesia, Sudahkah Berlandaskan Konsep “Welfare State”?. Jurnal Konstitusi. Warsito, Herfina Tedjo. 2016. Implementasi Program E-Kios sebagai Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Informasi di Kelurahan Kebraon Kota Surabaya. Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik. Volume 4, Nomor 2, Mei – Agustus 2016. Wibowo, M.F. 2006. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: UPP STIM YKPN Pemerintah Indonesia. 2009. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5038. Sekretariat Negara. Jakarta Pemerintah Indonesia. 2009. Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik Masya Famely Ruhulessin. "Sentuh Tanahku, Aplikasi untuk Atasi Masalah Pertanahan" https://www.kompas.com/properti/read/2021/ 12/27/133000221/ sentuh-tanahku aplikasi - untuk-atasi-masalah-pertanahan?page=all. diakses pada 28 Maret 2022, pukul 23.00 WIB
Recommended Citation
Sa’adah, Ulvi Ratnaningsih; Murwaniyah, Murwaniyah; Pradana, Dimas Indra; Masutiah, Masutiah; Panggabean, Nurwinten; and Hamka, Hamka
(2022)
"APLIKASI SENTUH TANAHKU SEBAGAI INOVASI PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR WILAYAH BADAN PERTANAHAN NASIONAL PROVINSI D.K.I. JAKARTA,"
Jurnal Administrasi Bisnis Terapan: Vol. 5:
Iss.
1, Article 4.
DOI: 10.7454/jabt.v5i1.1037
Available at:
https://scholarhub.ui.ac.id/jabt/vol5/iss1/4
Included in
Accounting Commons, Business Administration, Management, and Operations Commons, Economic Theory Commons, Human Resources Management Commons