Abstract
MSMEs play a crucial role in the Indonesian economy, and events such as bazaars can be a strategic means to increase their competitiveness, sales, and business sustainability. This study aims to analyze the impact of event implementation on the sustainable economy of MSME actors in Bandung City with a case study of the Event Bazar 101 Project. This study uses a qualitative descriptive method. Data were collected through observation and interviews of MSME actors who participated in the event and the event organizer's expert team. Findings show the Event Bazar 101 Project generated impacts on increased sales, networking, and MSME branding. This success was driven by MSME motivation, government support, technical preparations, and sponsorship
Bahasa Abstract
UMKM memiliki peran krusial dalam perekonomian Indonesia dan event seperti bazar dapat menjadi sarana strategis untuk meningkatkan daya saing, penjualan, serta keberlanjutan bisnis mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pelaksanaan event terhadap ekonomi berkelanjutan pelaku UMKM di Kota Bandung dengan studi kasus event bazar 101 Project. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara terhadap pelaku UMKM yang berpartisipasi dalam event dan tim ahli penyelenggara event. Hasilnya, event bazar 101 Project memberikan dampak terhadap peningkatan penjualan, networking, dan branding UMKM. Keberhasilan didukung motivasi UMKM, dukungan pemerintah, periapan teknis, dan sponsor.
References
Adam, R. P., Zainuddin, F., Husnah, & Asngadi. (2024). Analisis Dampak Pelaksanaan Kegiatan Event Terhadap Pendapatan Pelaku Usaha Di Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah Indonesia. Segmen Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 20(2), 69–96.
Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat. (2025, Januari 16). Banyaknya Usaha Mikro dan Kecil menurut Kabupaten/Kota (Unit), 2021-2023. https://jabar.bps.go.id/id/statistics-table/2/NzUyIzI=/banyaknya-usaha-mikro-dan-kecil-menurut-kabupaten-kota.html
Goldblatt, J. (2013). Special Events “Creating and Sustaining a New World For Celebration. New York: John Wiley and Sons.
Henderson, S. (2011). The development of competitive advantage through sustainable event managemen. Worldwide Hospitality and Tourism Theme, 3(3), 245–259.
Indonesia.go.id Portal Informasi Indonesia. (2024, September 4). UMKM Indonesia Makin Kuat: Program Level Up 2024 Siap Dorong Digitalisasi Bisnis. Https://Indonesia.Go.Id/Kategori/Editorial/8587/Umkm-Indonesia-Makin-Kuat-Program-Level-up-2024-Siap-Dorong-Digitalisasi-Bisnis.
Jackson, L. A. (2008). Residents’ perceptions of the impacts of special event tourism. Journal of Place Management and Development, 1(3), 240–255. https://doi.org/10.1108/17538330810911244
Jago, L. K., & Shaw, R. N. (1998). Special Events: A Conceptual and Definitional Framework. Festival Management and Event Tourism, 5(1), 21–32. https://doi.org/10.3727/106527098792186775
Kemenparekraf. (2024, Desember). Siaran Pers: Menpar: Penyelenggaraan Event Datangkan Dampak Ekonomi dan Naikkan Kunjungan Wisatawan. https://kemenpar.go.id/hasil-pencarian/siaran-pers-menpar-penyelenggaraan-event-datangkan-dampak-ekonomi-dan-naikkan-kunjungan-wisatawan
Kim, H. A., Choi, S. U., & Choi, W. (2022). Managerial Overconfidence and Firm Profitability. Asia-Pacific Journal of Accounting & Economics, 29, 129–135. https://doi.org/10.1080/16081625.2019.1673190
Monata, R. S. (2018). Perancangan Pop-Up Store Mon Studio. Lintas Ruang: Jurnal Pengetahuan Dan Perancangan Desain Interior, 6(1), 13–21.
Natoradjo, S. (2011). Event Organizing. Jakarta: PT GramediaPustaka Utama.
Noor, A. (2013). Manajemen Event, Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta.
Nugraha, R. R., & Noor, A. (2015). Perancangan Sustainable Event sebagai Strategi Meningkatkan Brand Awareness Museum Barli. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 6, 170–175.
Nusanfa, D. M., Firmansyah, A. D., Karomi, A. T. H., & Arifin, I. F. (2024). Analisis Dampak Adanya Jember Fashion Carnaval Terhadap UMKM Jember. Jurnal Pemikiran Dan Kajian Pendidikan, 8(7), 85–89.
Oklobdzija, S. (2015). The Role of Events in Tourism Development. Bizinfo Blace, 6(2), 83–97. https://doi.org/10.5937/bizinfo1502083o
Rahmatillah, J. Z., & Karsono, L. D. P. (2024). Event Internasional sebagai Sarana Marketing dan Branding UMKM (Studi pada UMKM Kopi Tjolo Kudus). Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 9(1), 1–15.
Rizkila, M., Sosianika, A., & Gunawan, A. I. (2021). Shopping Lifestyle Generasi Millenial dalam Trend Preloved Fashion. Prosiding The 12th Industrial Research Workshop and National Seminar, 1054–1060.
Rozi, F. (2022). Event Tourism sebagai Branding dan Strategi Pemulihan Ekonomi Masyarakat Kamal pada Masa Transisi Endemi Covid-19. Jurnal Komunikasi, 16(2), 197–209. https://doi.org/10.21107/ilkom.v15i2.18044
Soekapdjo, S., & Esther, A. M. (2019). Determinasi Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan Di Asean-3. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 16(2), 176–182.
Syahira, K. A., Siringoringo, N., Bulolo, E. H., & Simanjorang, F. (2023). Analisis Dampak Diadakannya Event F1h2o Bagi Masyarakat Kawasan Danau Toba, Balige. Neraca Manajemen, Ekonomi, 2(5), 1–10. https://doi.org/10.8734/mnmae.v1i2.359
Widyaratna, L., & Zainuri, A. (2023). Pengaruh Brand Image, Harga, Dan Fashion Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Preloved Di Thriftshop. Journal of Comprehensive Science, 2(4), 941–948.
Recommended Citation
Yoewawinata, Jihan Ros and Auliya, Anisatul
(2025)
"ANALISIS DAMPAK PELAKSANAAN EVENT DALAM MEWUJUDKAN EKONOMI BERKELANJUTAN PELAKU UMKM DI KOTA BANDUNG (STUDI KASUS EVENT BAZAR 101 PROJECT),"
Jurnal Administrasi Bisnis Terapan: Vol. 7:
Iss.
2, Article 3.
Available at:
https://scholarhub.ui.ac.id/jabt/vol7/iss2/3
Article
Included in
Business Administration, Management, and Operations Commons, Economic Theory Commons, Human Resources Management Commons



